Berapa Modal Buka Usaha Barbershop Untuk Pemula?

Modal Buka Usaha Barbershop – Apakah anda tertarik pada dunia entrepreneurship dan ingin memiliki usaha pangkas rambut sendiri? Atau apakah anda ingin tahu jumlah modal awal membuka usaha potong rambut atau barbershop? Sebelum memulai usaha barbershop, silahkan baca artikel kami di bawah ini. Kita akan bahas jumlah modal yang harus disediakan untuk membuka usaha barbershop. Sebelum membuka usaha barbershop, anda harus memiliki dana yang cukup.

Berapa modal buka usaha barbershop? Untuk bisa memulai usaha pangkas rambut atau barbershop, anda harus memiliki modal Rp. 9. 000.000, Modal tersebut digunakan untuk persiapan dan setting tempat Rp 5.000.000, 2 set kursi pangkas 2 set Rp. 2.000.000 dll. Anda juga harus menyiapkan biaya operasional lainnya.

Modal Buka Usaha Barbershop

Modal buka usaha barbershop

Ada banyak bisnis yang bila ditekuni dengan serius bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Salah satu bisnis jasa yang tidak akan pernah sepi adalah jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara terus menerus. Barbershop adalah salah satu bisnis jasa yang selalu ramai dikunjungi oleh konsumen. Berikut adalah rincian modal awal untuk membuka usaha barbershop:

XM
Nama barangHargaTotal
Persiapan dan setting tempatRp. 5.000.000 
Kursi pangkas 2 buahRp. 2.000.000 
Peralatan pangkas lengkapRp. 2.000.000 
Jumlah semua Rp 9.000.000

Angka di atas adalah perkiraan untuk membuat barbershop dengan kategori sedang dan dengan catatan tanah maupun bangunan adalah milik anda sendiri. Bila harus menyewa, anda harus mengeluarkan modal lagi. Biaya sewa tempat biasanya tergantung dari lokasi dan besarnya tempat yang disewa. Selanjutnya anda juga harus menyiapkan biaya operasional seperti:

  • Gaji karyawan Rp 2.000.000
  • Biaya air dan listrik Rp 400.000
  • Biaya lain lain Rp 300.000
  • Total biaya operasional dalam sebulan adalah Rp. 2.700.000

Lokasi Strategis Usaha Barbershop

Salah satu jenis usaha yang tak pernah sepi pengunjung adalah barbershop atau pangkas rambut. Tuntutan sosial mengharuskan seseorang untuk selalu tampil rapi dengan model rambut terkini. Hal ini membuat setiap orang harus datang ke barbershop secara rutin. Untuk membuka usaha barbershop, anda harus memilih lokasi yang strategis.

Dimana lokasi strategis untuk membuka usaha barbershop? Lokasi strategis untuk membuka usaha barbershop adalah di ruko, mall, pasar dan di pinggir jalan utama. Lokasi-lokasi tersebut selalu ramai dengan orang yang berlalu lalang dan bisa diakses orang dengan mudah. Namun menyewa tempat usaha di lokasi yang strategis memerlukan modal yang lumayan besar.

Jika modal anda terbatas, anda bisa membuka usaha barbershop di perkampungan padat penduduk atau bahkan di garasi rumah anda. Banyak pengusaha sukses yang memulai usahanya dari rumah. Sama seperti usaha jasa lainnya, barbershop harus dikelola secara profesional. Jika pelanggan puas dengan hasil pangkas anda, mereka akan kembali meskipun lokasi pangkas rambut anda kurang strategis.

Baca Juga : Modal Buka Usaha Salon

Hanya saja perlu diketahui, dalam bisnis barbershop lokasi dan kualitas layanan berpengaruh terhadap harga jasa yang diberikan. Harga layanan barbershop di sebuah mall, dengan AC dan fasilitas pendukung lainnya tentu lebih mahal jika dibanding dengan barbershop sederhana di lokasi yang kurang strategis.

Selama orang masih perlu memotong rambutnya, usaha barbershop tidak pernah akan mati dan sama seperti jenis usaha lain, membuka bisnis barbershop memerlukan keberanian. Anda tidak usah ragu dengan banyaknya barbershop yang sudah ada. Setiap barbershop biasanya sudah memiliki pasangannya sendiri-sendiri. Dengan pelayanan dan hasil pangkas yang baik, anda juga bisa dengan mudah memiliki pelanggan yang loyal.