Menelusuri Indonesia Dengan Wisata Taman Mini Indonesia Indah

0
277

Pada tahun 1971 Ibu negara di masa itu, Ibu Siti Hartinah alias ibu Tien Soeharto mencetuskan sebuah ide untuk menghadirkan sebuah taman wisata yang menggambarkan Indonesia secara keseluruhan. Dan dari ide inilah lahir Taman Mini Indonesia Indah yang diresmikan pada tahun 1975.

Taman Mini Indonesia Indah ini kemudian banyak disingkat menjadi TMII dengan lambang tokoh berkarakter menyerupai Hanoman yang diberi nama Anjani Putra. Taman Mini Indonesia Indah ini pada awalnya berkonsep sebagai cerminan dari seluruh Indonesia. Dilengkapi dengan sebuah danau beserta pulau-pulau buatan yang berbentuk menyerupai bentangan kepulauan Indonesia. Kemudian di sekeliling danau berdiri 26 anjungan dari propinsi di Indonesia pada masa itu.

Baca juga : Wisata pantai parangtritis

Pada perkembangannya taman wisata ini lahir menjadi sebuah wahana wisata lengkap dimana wisatawan menemukan sarana edukasi mengenai segala hal terkait budaya dari 33 propinsi di Indonesia. Karena kini di lokasi wisata ini sudah berdiri beberapa anjungan tambahan seiring bertambahnya jumlah propinsi di Indonesia. Sementara itu terdapat pula museum Timor Timur sebagai representasi keberadaan propinsi yang sukses memisahkan diri di masa lalu.

Tak hanya anjungan dari 33 propinsi, Anda juga bisa menjumpai beberapa museum yang akan memberikan rangkaian informasi lengkap mengenai dunia pengetahuan dan teknologi. Sebut saja museum keprajuritan yang menggambarkan perjalanan perjuangan Indonesia, museum perangko, museum serangga sampai museum migas, museum energi, museum Purna Bhakti Pertiwi yang lebih sebagai cerminan Indonesia dari masa ke masa sampai museum transportasi dan masih banyak lagi.

Tak hanya rentetan museum yang jumlah totalnya mencapai 16 buah, tetapi juga rangkaian taman yang tak hanya sarat dengan keindahan panoramanya tetapi juga sarat pengetahuan. Mulai dari taman burung, taman bunga, taman tionghoa, taman anggrek, taman apotik hidup, taman kaktus dan masih banyak lagi taman lainnya.

Juga terdapat sebuah wahana taman akuarium air tawar yang memberikan Anda deretan informasi mengenai ragam hewan air tawar yang hidup di seluruh perairan tawar dunia dan Indonesia. Sampai saat ini akuarium air tawar di Taman Mini memiliki koleksi ikan air tawar terlengkap di Indonesia.

Tak hanya akuarium saja yang tak boleh Anda lewatkan. Anda juga harus menikmati pesona danau buatan dimana Anda bisa melihatnya langsung dari atas dengan menggunakan kereta gantung. Kemudian berrekreasi di area Istana anak yang memiliki beragam wahana yang cocok untuk anak-anak.

Satu hal lagi yang tak boleh luput Anda masukan dalam daftar adalah teater IMAX Keong Mas. Teater dengan layar raksasa ini memiliki bangunan unik yang membuatnya tampak mencolok dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah. Dengan teknologi sound system modern, Anda bisa menikmati beragam film edukasi dan film box office dengan tampilan layar raksasa beresolusi besar.

Masih belum puas juga? Tentu saja Anda bisa akhiri perjalanan sarat edukasi ini dengan menikmati kesegaran bermain air di Water park Snowbay TMII. Taman air modern dengan fasilitas berteknologi tinggi menjadi salah satu sudut wisata yang paling ramai dikunjungi.

Di lokasi ini juga berdiri sebuah gedung pertunjukan dengan standar pertunjukan modern, Teater tanah Airku. Di gedung ini sudah tersedia beragam teknologi canggih pendukung acara pertunjukan lengkap dengan sistem suara modern yang berteknologi tinggi dan pengelolaan professional.

Masih banyak wahana dan fasilitas wisata lain yang menjadikan TMII ini tak ubahnya surga wisata dengan konsep edukasi dan hiburan sekaligus. Bahkan di lokasi ini berdiri beberapa rumah ibadah aktif dari berbagai agama dan kepercayaan yang besar di Indonesia.

Menelusuri Indonesia Dengan Wisata Taman Mini Indonesia Indah
Menelusuri Indonesia Dengan Wisata Taman Mini Indonesia Indah

Bagaimana bisa ada begitu banyak wahana tersedia dalam Taman Mini Indonesia Indah ini? Tentu saja karena kawasan wisata ini berada di salah satu perbukitan di kawasan Jakarta Timur seluas area 150 hektar. Itu sebabnya tak cukup satu hari bagi Anda untuk bisa menelusuri seluruh kawasan wisata ini. Tak heran beberapa pengunjung memilih untuk menginap di desa wisata atau di graha remaja yang merupakan kawasan penginapan bagi pengunjung dengan sederet fasilitas lengkap.

Bahkan Anda juga tak perlu khawatir soal urusan perut, karena di Taman wisata ini juga tersedia beberapa restoran, rumah makan, kantin sampai pasar tiban murah meriah yang mnejual aneka hidangan nusantara dan internasional.

Kurang apa Taman Mini Indonesia Indah sebagai destinasi wisata super lengkap? Inilah Indonesia mini dimana Anda bisa menikmati seluruh Indonesia berikut budaya dan perkembangannya dari masa ke masa di dalam satu kawasan.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.cntravelre.com

taman mini indonesia indah, permodalan taman mini indonesia indah

LEAVE A REPLY