Memanjakan Jiwa Petualangan Di Pulau Derawan Berau

Pulau Derawan Berau mungkin tak banyak dikenal para pecinta traveler kecuali mereka yang mencintai dunia petualangan demikian dalam. Pasalnya lokasinya memang tak mudah dijangkau, perlu cukup banyak upaya untuk bisa tiba di salah surga tersembunyi terbaik milik Indonesia. Tapi perjalanan Anda tak akan bisa Anda sesali karena akan bermuara pada sebuah pulau molek yang menggugus dengan beberaa pulau lain yang tak kalah membius Anda.

Baca Juga: Wisata pulau sempu malang

Pulau cantik ini berada di kawasan Berau, Kalimantan Timur. Untuk bisa mencapai pulau ini Anda harus menempuh perjalanan yang relatif panjang menuju kota Balikpapan. Kemudian dilanjutkan perjalanan udara menuju kota Tarakan dengan kapal perintis.

Dari bandara Tarakan, Anda bisa langsung menuju kawasan pulau dengan perjalanan laut dari pelabuhan Tengkayu, Tarakan Kaltim. Butuh waktu perjalanan sekitar 2 jam untuk bisa mencapai kawasan dermaga kayu kecil yang dibuat khusus di tepian pulau Derawan Berau ini.

Dan akhirnya Anda akan menginjakan kaki di tanah Derawan, surga tersembunyi di balik lautan Kalimantan Timur. Pulau ini akan menyapa Anda dengan pasir putih lembutnya yang berpendar cantik diterpa sinar matahari. Deburan ombaknya yang jinak dalam warna biru kehijauan sebagaimana lautan dangkal yang kaya biota laut. Dan tentu saja kemolekan vegetasinya yang membuat pulau ini tak ayal bagaikan lukisan.

Pulau ini merupakan salah satu surga terbaik bagi Anda pecinta dunia bahari. Bahkan pulau Derawan Berau dan gugusan pulau di sekitarnya adalah kawasan taman laut terbaik kedua setelah Raja Ampat. Tak heran kalau kawasan ini juga kerap dikunjungi oleh mereka, wisatawan manca yang menggilai dunia traveling petualangan.

Pulau ini juga menyuguhkan landscape cantik lengkap dengan kawasan unik berupa padang pasir yang terendam air laut sekitar semata kaki di kala surut, biasanya disebut gusung pasir. Anda bisa bermain di area berpasir halus ini. Bahkan Anda tak tersentuh oleh ombak ketika bermain air di sini. Sebagian pasir muncul dari permukaan air sehingga bisa memberi Anda ruang untuk duduk ketika lelah. Tapi dijamin keseruan di area padang pasir unik ini akan membuat Anda lupa akan rasa lelah.

Anda juga berinteraksi dengan beragam biota khas ala taman laut Derawan. Mulai dari penyu khas Kalimantan sampai aneka ikan hias cantik yang menghiasi seluruh kawasan perairan. Bahkan Anda bisa saja beruntung melihat langsung penyu bertelur di pasir kala malam hari atau memberi makan aneka ikan hias dan penyu di kala siang. Anda juga bisa menyambangi sebuah penakaran khusus penyu di pulau Sangalaki.

Pulau ini masih satu gugusan dengan pulau Derawan. Dengan panorama daratan yang tak kalah mempesona. Dan tentu saja surga bawah laut yang akan memanjakan mata Anda. Masih banyak lagi spot-spot menawan lain di bawah laut yang konon diyakini sebagai salah satu yang terlengkap di dunia. Salah satu yang terkenal adalah Coral Garden yang berada tak jauh dari pulau Derawan.

Anda juga bisa singgah ke pulau lain di sekitar Derawan seperti pulau Kakaban yang ditengahnya terdapat danau unik yang konon hanya terdapat dua di dunia, dimana air tawar menyatu dengan air laut yang merembes melalui pori-pori tanah dan menjadikan ekosistem dalam danau tergolong unik. Anda akan menikmati berenang di air payau unik dengan ditemani ragam biota unik termasuk ubur-ubur legendaries khas danau Kakaban.

Juga terdapat pulau-pulau cantik lain di sekeliling pulau Derawan yang akan memanjakan Anda dengan panorama di atas dan di bawah laut yang sama membiusnya. Bahkan kawasan pantainya terasa sangat virgin, jauh dari hiruk pikuk urusan komersial dan yang ada justru nuansa tenang dan damai khas. Inilah yang akan Anda nikmati dari pulau molek yang memang belum banyak dikunjungi kecuali oleh pecinta petualangan.

Jangan khawatir, meski terkesan perawan, pulau cantik ini tetap menjanjikan fasilitas yang memadai. Mulai dari restoran dengan kualitas hidangan tinggi sampai warung makan sederhana. Mulai dari penginapan dan homestay berharga tak lebih dari 200 ribu permalam sampai cottage terapung luxury bernilai lebih dari 1 juta permalam.

Memanjakan Jiwa Petualangan Di Pulau Derawan Berau
Memanjakan Jiwa Petualangan Di Pulau Derawan Berau

Kalau Anda merasa khawatir kalau liburan Anda yang sudah jauh-jauh Anda jalankan kacau karena Anda tak tau medan, Anda bisa juga menjajal sistem paket yang banyak isediakan oleh para traveler senior. Ini akan membantu Anda menghemat biaya dan tentu membantu Anda menjalankan liburan pulau Derawan Berau dengan lebih terencana.-Tim Siap Bisnis-

Sumber Gambar: www.lokasiwisata.info

Pencarian Terkait :

pulau derawan berau