Memaksimalkan Promosi Usaha Kuliner di Instagram  

Promosi Usaha Kuliner – Instagram terbukti merupakan salah satu media sosial yang bisa digunakan sebagai media promosi yang menguntungkan. Tidak hanya gratis, media sosial ini menjadi salah satu pilihan warganet untuk mencari hiburan.

Memaksimalkan Promosi Usaha Kuliner di Instagram

Karena memungkinkan pengguna untuk memposting konten yang menarik seperti gambar atau video, Instagram bisa lebih dimaksimalkan untuk menarik perhatian konsumen. Lalu apa sajakah langkah atau upaya yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan promosi usaha kuliner di Instagram? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Manfaatkan Instagram for Business

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan promosi usaha kuliner di Instagram adalah dengan memanfaatkan fitur Instagram for Business. Fitur ini memiliki banyak tool atau alat yang dapat bermanfaat untuk promosi produk anda.

XM

Tool tersebut seperti analisa hasil postingan anda seperti berapa yang sudah melihat postingan anda, berapa umur mereka atau jenis kelamin pengunjung postingan anda.

Selain itu, yang tak kalah penting yang bisa digunakan untuk memaksimalkan promosi usaha kuliner di Instagram adalah dengan promosi berbayar. Ya, dengan promosi berbayar anda bisa menayangkan postingan anda di layar pengguna Instagram tanpa pengecualian.

Tayangan tersebut juga lebih difokuskan untuk target pasar anda seperti usia tertentu, kota tertentu atau bahkan jenis kelamin pengguna sehingga kemungkinan konsumen untuk tertarik dengan produk anda lebih besar.

Meskipun fitur untuk promosi usaha kuliner di Instagram ini berbayar, namun biayanya jauh lebih murah daripada anda harus mencetak banner, flyer dan iklan lainnya.

2. Pastikan Konten Gambar atau Video Yang Terbaik

Salah satu upaya untuk memaksimalkan promosi usaha kuliner di Instagram selanjutnya adalah dengan memastikan konten berupa gambar atau video yang akan anda upload memiliki kualitas yang terbaik.

Mengapa demikian? Alasannya adalah postingan anda tersebut akan dilihat oleh konsumen anda nanti dan akan lebih luas jika anda menggunakan fitur di poin pertama diatas, apabila kualitas gambar atau video anda kurang baik maka hal tersebut malah bisa menjadi promosi negatif untuk produk anda.

Pastikan gambar atau video produk makanan anda juga diambil saat produk anda segar dan memiliki penampilan yang terbaik. Tentu saja tujuannya agar konsumen mendapatkan ekpetasi atau harapan terbaik untuk produk yang akan konsumen anda dapatkan.

3. Manfaatkan Caption Promotif

Yang selanjutnya bisa anda maksimalkan untuk memanfaatkan promosi usaha kuliner di Instagram adalah dengan memanfaatkan caption atau tulisan promotif dari postingan konten anda.

Caption atau tulisan pada postingan ini akan memperkuat konten gambar atau video yang anda unggah agar konsumen semakin tertarik dengan produk anda. Oleh karena itulah pahami benar-benar bagaimana cara penulisan caption atau penjelasan dari postingan anda agar konsumen lebih mengenal produk anda.

Selain menggunakan caption sebagai penjelasan dari produk anda, anda juga bisa memanfaatkan caption sebagai ajakan atau upaya mendapatkan perhatian dari konsumen.

Hal lainnya yang juga bisa anda tambahkan adalah dengan memberi informasi bonus atau potongan harga yang dianggap promotif. Jangan lupa juga berikan informasi bagaimana cara pemesanan dari produk anda sehingga promosi usaha kuliner di Instagram bisa mendapatkan hasil yang tepat.

4. Jangan Malas Menanggapi Respon Konsumen

Pembeli adalah raja, baik anda membuka usaha di dunia nyata maupun maya ungkapan tersebut memang benar adanya. Oleh karena itulah, salah satu upaya untuk memaksimalkan promosi usaha kuliner di Instagram adalah dengan selalu memberikan tanggapan positif untuk konsumen anda. Hal ini dimanfaatkan tidak hanya untuk calon konsumen saja namun juga konsumen yang harapannya bisa menjadi pelanggan anda nantinya.

Apalagi produk yang anda jual merupakan produk makanan sehingga selalu ada kemungkinan konsumen akan memesan produk anda lagi. Jangan lupa untuk memberikan ucapan terimakasih atas pesanan konsumen, dan jangan lupa juga untuk memanfaatkan feedback atau tanggapan dari konsumen untuk produk anda, baik dalam meningkatkan pelayanan anda maupun juga bisa menjadi hal bisa dipromosikan seperti kepuasan konsumen atas produk anda.

Itulah 4 hal yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan promosi usaha kuliner di Instagram anda. Semoga masukan dan tips ini bermanfaat untuk anda.