Ini Dia Peluang Usaha Makanan Dan Minuman, Donat Café Yang Memikat Kaum Muda

0
910
Ini Dia Peluang Usaha Makanan Dan Minuman, Donat Café Yang Memikat Kaum Muda
Ini Dia Peluang Usaha Makanan Dan Minuman, Donat Café Yang Memikat Kaum Muda

Ketika kami memiliki kesempatan untuk berkunjung ke kota Malang, kami sempat singgah pada sebuah café unik yang mungkin cocok untuk kami ulas, sekedar sebagai sumber baru inspirasi bagi Anda menemukan ide peluang usaha makanan dan minuman.

Keunikan dari café tersebut adalah karena café tersebut 100% hanya menghidangkan menu donat dengan segala kreasinya serta aneka minuman. Meski café itu menyediakan menu minuman andalan smoothie aneka rasa yang tak kalah menggugah selera konsumen.

Menariknya café tersebut tidak hanya menyuguhkan donat dengan aneka topping rasa manis seperti selama ini Anda kenal seperti topping cream dan cokelat padat aneka warna. Karena donat pada café ini juga memiliki aneka rasa asin dan pedas dengan bahan-bahan macam ayam cincang, daging cincang, smoked beef, keju, paprika dan aneka bumbu seperti bawang, oregano dan sebagainya.

Bahkan ada beberapa toping unik yang segaja dihadirkan dalam sajian dengan resep-resep khusus. Sehingga total tersedia 24 macam topping yang siap menggoda selera Anda. Dan inilah ide unik dari peluang usaha makanan dan minuman café donat tersebut, karena donat yang mereka sajikan tidak sekedar donat biasa.

Café ini juga menghidangkan aneka minuman sebagai teman makan donat. Tetapi sebagai andalan, café ini menyajikan menu minuman smoothies yakni sejenis minuman jus yang mencampur aneka buah, susu dan kadang sayuran. Meski terkesan aneh, jangan Anda bayangkan smoothies ini akan terasa aneh di lidah Anda. Justru smoothies dari café ini sangat populer dan menjadi favorit para pengunjung café.

Café ini selain terkenal karena menyuguhkan menu yang unik, mereka juga cukup memperhatikan kesehatan. Sebagaimana mereka menyajikan smoothies sebagai menu andalan yang memang terkenal sebagai minuman sehat, mereka juga menggunakan bahan baku kentang untuk produk donat mereka. Dengan bahan baku kentang, maka donat buatan café ini relatif lebih sehat dan rendah glikemik serta rendah kolesterol.

Bila Anda bertandang ke lokasi café ini, Anda memang akan dibuat kagum dengan bagaimana ramainya café ini disambangi oleh anak-anak muda usia SMA. Tidak ada yang salah dengan kondisi terebut mengingat café ini memang berada di kawasan yang diapit beberapa sekolah kelas menengah sekaligus.

Tapi mengingat donat hanya dibandrol harga sebuah donat hanya di kisaran Rp 2000 – Rp 5000 dengan ukuran donat yang sedang cukup besar usaha donat ini memang tidak salah bila café ini diserbu kalangan muda. Apalagi desain interior café yang memang sengat terasa jiwa mudanya, makin membuat mereka betah berlama-lama di sana.

Kami sempat bertemu langsung dengan pemiliknya dan mendapat sedikit waktu untuk berbicara selintas. Menurut Hadi Iryawan sang pemilik sekaligus pengelola donat café, modal awal dari usahanya ini sekitar 30 jutaan dan itu sudah termasuk biaya pembuatan interior. Kebetulan Hadi memiliki rekan yang biasa merias interior dan eksterior hunian dengan menawan tapi dalam harga super murah.

Kini setelah usaha donat cafenya ini berjalan sekitar 2 tahun, donat café sudah mampu menorehkan hasil yang memuaskan. Dalah satu hari tak kurang dari 300 porsi donat sukses dijualnya. Donat café ini juga sukses membukukan omset relatif besar sekitar 15 juta sehari atau sama dengan sekitar 450 juta satu bulannya. Angka ini sudah termasuk keuntungan sebesar 30 % yang sukses dikantongi oleh Hadi sang pemilik café.

Hadi yang memulai bisnis ini ketika baru saja merampungka kuliahnya itu, sempat berbagi sedikit tips yang mengangkat bisnisnya menjadi demikian sukses. Menurutnya rahasia besarnya terletak pada 3 hal, pertama pada rasa dan kualitas sajiannya, kemudian pada pemilihan lokasi yang tepat dan ketiga pada konsep pelayanan. Karena memang fokus pada pasar anak muda, maka sejak awal Hadi mengupayakan supaya café miliknya ini cukup dekat dengan dunia remaja dan selalu mengangkat nuansa ABG.

Siapa sangka usaha donat bisa mengantarkan Hadi Iryawan mencapai kesuksesannya, cukup dengan menangkap peluang usaha makanan dan minuman dengan tepat. Bagaimana menurut Anda, mungkinkah ide usaha ini juga Anda adaptasi dalam bisnis Anda? -Tim Siap Bisnis-

LEAVE A REPLY