Asuransi Perjalanan Tahunan Allianz yang Lebih Menguntungkan

Buat yang sering traveling atau melakukan kunjungan bisnis sebaiknya mulai memanfaatkan asuransi perjalanan tahunan Allianz. Asuransi perjalanan tahunan (annual) sangat berguna bagi mereka yang memiliki frekuensi berpergian sangat tinggi.

Adanya terobosan ini memudahkan seseorang untuk mendapatkan perlindungan selama perjalanannya. Jadi tidak perlu repot mendaftar asuransi setiap akan pergi. Cukup sekali beli untuk dipakai sepanjang tahun.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari asuransi perjalanan tahunan Allianz, apalagi untuk penumpang pesawat terbang. Melihat kemungkinan delay atau cancel flight yang cukup besar, asuransi ini akan menutupi ketidaknyamanan tersebut.

XM

Sebab tidak ada maskapai yang 100% ontime. Menurut catatan Kementerian Perhubungan, pada Semester 1-2018 hanya sekitar 78% penerbangan yang ontime, sisanya dikategorikan delay.

Asuransi Perjalanan Tahunan Allianz

Perbedaan Asuransi Single Trip dan Asuransi Perjalanan Tahunan Allianz

Dengan adanya kemungkinan resiko-resiko buruk terjadi, maka asuransi perjalanan memang diperlukan. Sebelum membahas lebih jauh tentang asuransi perjalanan tahunan Allianz, perlu diketahui dulu kalau ada dua jenis asuransi perjalanan Allianz, yaitu asuransi tahunan dan single trip. Perbedaan keduanya terletak pada periode berlaku polis dan biaya preminya.

Asuransi perjalanan tahunan cocok untuk seseorang yang frekuensi perjalanan lebih dari tiga kali dalam setahun. Untuk yang single trip sesuai dengan namanya, yaitu hanya untuk satu kali perjalanan saja.

Oleh sebab itu, masa berlaku asuransi tahunan adalah selama dua belas bulan sejak kesepakatan, sedangkan single trip masa berlakunya habis begitu satu perjalanan seseorang selesai.

Dari segi biaya, asuransi perjalanan tahunan Allianz jelas lebih hemat buat yang sering traveling. Sebab jika diakumulasi (untuk perjalanan lebih dari tiga kali), nilainya lebih kecil dibandingkan membeli untuk setiap perjalanan.

Belum lagi nilai manfaat yang tak kalah menariknya untuk beberapa resiko, seperti penundaan atau pembatalan perjalanan, santunan kecelakaan, keterlambatan bagasi, dan sebagainya.

Ada berbagai macam paket asuransi Allianz, baik yang single trip maupun tahunan (annual). Namun pilihan yang bertipe tahunan lebih beragam, yaitu domestik, superior, deluxe, dan premier. Sedangkan untuk perjalanan internasional ke Eropa dan Pasifik (termasuk wilayah Schengen), perlu memperhatikan syarat dan ketentuannya karena bersifat khusus.

Alasan Harus Memanfaatkan Asuransi Perjalanan Tahunan Allianz

Berdasarkan penjelasan di atas dapat dipahami kalau asuransi perjalanan tahunan ini cocok buat mereka yang intensitas perjalanannya cukup tinggi. Selain itu, disinggung juga sekilas alasan mengapa harus mengambil asuransi perjalanan tipe annual dibandingkan yang single trip. Supaya lebih jelas, berikut adalah pembahasan lebih lanjut tentang pentingnya asuransi perjalanan tahunan ini:

  1. Lebih Simpel dan Tidak Repot

Orang yang senang jalan-jalan biasanya setiap tahun sudah memiliki agenda atau rencana destinasi. Bulan ini mau ke mana, dengan siapa, berapa lama, dan melakukan apa. Kalau sudah menyusun rencana seperti ini, lebih baik langsung membeli asuransi perjalanan tahunan. Sebab perencanaan perjalanan bisa lebih simpel dan tidak repot.

Seseorang tidak perlu menambahkan asuransi lagi setiap membeli tiket. Ini justru beresiko kelupaan karena begitu excited akan perjalanannya nanti. Belum lagi resiko perjalanan dibatalkan karena alasan pribadi. Perlu konfirmasi dan mengurus beberapa hal agar asuransi yang telah dibeli tetap bisa digunakan selanjutnya.

  1. Periode Polis Lebih Panjang

Saat membahas perbedaan asuransi single trip dan asuransi perjalanan tahunan Allianz di atas disebutkan juga tentang masa berlakunya. Periode polis asuransi perjalanan tahunan adalah dua belas bulan terhitung sejak aplikasi dikonfirmasi. Maka, tidak perlu khawatir akan melakukan perjalanan kapan pun. Selama masih dalam periode dua bulan tersebut, perjalanan akan dilindungi.

Namun satu hal yang perlu diingat, meski secara otomatis perjalanan dalam satu tahun dilindungi, seseorang harus memperhatikan lamanya perjalanan. Satu perjalanan dibatasi durasinya, yaitu maksimal 90 hari. Jadi pastikan setiap perjalanan tidak melebihi jumlah hari tersebut agar tetap bisa menikmati manfaat proteksinya.

  1. Jaminan Proteksi Bagi yang Sering Berpergian

Orang-orang yang sering berpergian memiliki resiko lebih besar, salah satunya adalah resiko kecelakaan yang menyebabkan kehilangan nyawa atau kecacatan tetap. Meski lembaga Aviation Safety Network (ASN) mencatat pada tahun 2019 terjadi penurunan kecelakaan pesawat sebanyak 50%, bukan berarti beberapa tahun mendatang perjalan menjadi aman dan zero accident.

Asuransi perjalanan tetap diperlukan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tak terduga. Maka asuransi perjalanan tahunan ini bermanfaat bagi mereka yang sering berpergian meninggalkan keluarga atau pergi bersama keluarga. Perlindungan selalu menyertai mereka dalam perjalanan sehingga semuanya bisa berjalan dengan aman dan nyaman.

  1. Perlindungan Ketidaknyamanan Selama Perjalanan

Resiko buruk tidak hanya berupa kecelakaan saja. Kemungkinan ini bisa juga berupa ketidaknyamanan yang merugikan secara materi maupun non-materi, misalnya keterlambatan atau penundaan penerbangan, bagasi rusak atau hilang, dokumen yang hilang, dan masih banyak lagi.

Dengan memiliki asuransi perjalanan Allianz ini, maka seseorang mendapatkan manfaat ketidaknyamanan sebagai berikut:

  • Penggantian biaya apabila terjadi perubahan perjalanan akibat delay atau cancel flight dan alasan khusus lainnya.
  • Bantuan biaya untuk kerusakan atau kehilangan bagasi.
  • Santunan ketidaknyamanan karena keterlambatan kedatangan bagasi.
  • Penggantian biaya untuk mengurus kehilangan dokumen selama perjalanan.
  • Bantuan biaya medis rawat inap di rumah sakit akibat sakit yang bersifat urgent atau kecelakaan dengan metode cashless.
  • Bantuan evakuasi darurat dan pemulangan jenazah.
  1. Fleksibel Untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Asuransi ini tidak hanya berlaku untuk perjalanan domestik saja. Buat yang suka traveling mengunjungi negara-negara lain bisa memanfaatkannya juga. Justru jangan sampai lupa menambahkan asuransi untuk perjalanan internasional. Jika terjadi sesuatu tidak akan bingung apalagi khawatir kekurangan biaya.

Jaringan Allianz yang mengglobal membuat seseorang dapat merasakan manfaat proteksinya dengan mudah. Ditambah dengan nilai pertanggungannya pun sudah disesuaikan dengan perjalanan internasional sehingga pasti tidak akan merugi. Namun perlu diingat kembali bahwa untuk wilayah Schengen terdapat syarat dan ketentuan tertentu.

Masih ragu menambahkan asuransi perjalanan tahunan Allianz untuk rencana berpergian selanjutnya? Lebih baik proteksi sedini mungkin dan jangan tunggu hal buruk terjadi. Kalau sudah terlanjur, kerugian finansial bisa saja lebih besar dari yang diduga. Baik anak-anak atau pun dewasa, semuanya butuh perlindungan yang sempurna dalam setiap perjalanan.

Referensi: