10 Tips Belanja Online Aman, Agar Tidak Tertipu, Wajib Baca !!!

0
122

Tips belanja online – Sebuah penelitian  yang dilakukan oleh Forrester melaporkan bahwa pada hari-hari menjelang liburan, konsumen yang berbelanja online cenderung meningkat dari hari biasanya.

Yang menikmati untung tidak hanya pemilik toko online, tapi juga “penjahat digital” Karena semakin banyak transaksi, semakin besar kemungkinan mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Bagaimana cara menghindari modus para penjahat ini? Berikut adalah 10 tips belanja online untuk melakukan pembelian barang secara online:

1. Teliti situs web tempat Anda berbelanja
Tips belanja online yang pertama ini harus dilakukan jika Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang tidak Anda kenal. Periksa nomor telepon dan kontak yang lain yang di sediakan penjual, seperti BBM, Whatsapp, Chat, Email Dan lainya

Jika tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo lalu masukkan nama website. Cari review dari pelanggan mereka. Jika ada yang tidak beres, anda bisa tinggalkan situs itu, cari situs yang lain yang lebih kredibel.

2. Bacalah dengan hati-hati kebijakan situs web tersebut terhadap data pribadi Anda
Jangan sampai di polis ada poin yang menyebutkan bahwa pengelola website bisa memberikan data pribadi ke pihak lain.

Baca juga Kebijakan Pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak dapat dilihat secara fisik, harus ada garansi jika barang yang dikirim rusak, Anda bisa mengirimkan barang yang rusak itu kembali dan tentu saja harus diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali.

Juga periksa siapa yang membayar biaya pengembalian barang tersebut.

3. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk dengan seksama.
Tips belanja online yang ke tiga. Anda harus waspada terhadap  barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang sangat besar.

4. Jangan mudah tergoda barang murah
Jangan terburu-buru jatuh cinta dengan tawaran barang dengan harga murah yang berasal dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya pekerjaan spammer.

Tapi hati-hati, spammer juga bisa merayu. Dia mengirim e-mail yang sepertinya berasal dari perusahaan yang bagus. Solusinya, kunjungi langsung website toko online tersebut dengan mengetik nama domain tersebut di browser atau melalui google search engine. Jangan melalui e-mail atau jendela pop-up, karena akan beresiko mengarah ke link palsu.

5. Carilah pertanda bahwa website tersebut aman
Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di status bar (status bar) dari browser.  Atau memiliki protocol https://

Saat Anda diminta untuk menginputdata  dan informasi registrasi nomor kartu kredit, lihat alamat situs atau domain webnya. Jika alamat situs web protokolnya  berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’. Ini berarti informasi pembayaran dienkripsi, lebih aman.

6. Amankan PC anda
Paling tidak PC anda pasti punya antivirus. Lebih baik lagi jika Anda memiliki anti spyware dan firewall. Ingat, perangkat lunak keamanan harus diperbarui secara berkala agar PC Anda terlindungi dari ancaman terbaru. Nah, cukup mengatur proses update secara otomatis.

7. Pertimbangkan cara pembayarannya
Tips belanja online yang ke tujuh. Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda memiliki bukti kuat bahwa Anda telah melakukan transaksi jika barang tidak dikirim atau barang tidak sesuai dengan yang dipesan.

Tapi, karena marak pencurian nomor kartu kredit, pembayaran menggunakan sistem seperti PayPal, Internet banking, atau COD bisa dipertimbangkan.

8. Cek harga total
Tips belanja online ke delapan. Harga barang, ditambah biaya packing, plus ongkos kirim, jika ada diskon. Bandingkan total harga toko online yang satu dengan toko online yang lain.

9. Simpan bukti transaksi
Termasuk deskripsi produk dan harga, bukti transaksi digital, serta salinan e-mail antara Anda dan penjual.

10. Matikan PC anda setelah bertransaksi
Jika PC dinyalakan, bisa jadi ada “penjahat” yang telah menanamkan malware, mengendalikan PC dan melakukan transaksi.

Cara sukses jualan online tanpa modal

Semoga 10 Tips belanja online aman tersebut bisa meminimalisir resiko belanja online anda, semoga bermanfaat. Artikel ini dilansir dari kompas.com

LEAVE A REPLY