Rahasia Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan

0
273

Manfaat dan khasiat daun binahong – Tak banyak yang mengenal daun binahong dan khasiat di dalamnya. Padahal tanaman rambat satu ini rupanya memiliki ragam khasiat dan kandungan senyawa yang baik sebagai bahan pengobatan herbal. Untuk itulah kami akan mencoba mengulas manfaat dan khasiat daun binahong pada kesempatan ini.

Rahasia Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan
Rahasia Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Daun binahong sekilas memiliki bentuk menyerupai hati dan itu pula sebabnya di negara barat daun binahong justru dikenal dengan nama heartleaf. Meski di beberapa daerah lain tanaman ini juga dikenal dengan nama Madevine.

Tanaman ini tumbuh merambat seperti halnya tanaman sirih, dengan warna hijau yang lebih segar dan daun yang tampak lebih lembut. Surai daun yang tidak terlalu jelas sebagaimana daun sirih dan batang kemerahan. Biasanya tanaman ini menjadi penghias pergola, gapura, pagar atau sekedar aksen taman vertikal yang belakangan sedang trend.

Selain sebagai salah satu tanaman hias favorit, manfaat dan khasiat daun binahong ini rupanya juga kaya dengan senyawa berkhasiat yang baik untuk pengobatan tradisional. Meski namanya tak sepopuler daun sirih, ada beberapa khasiatnya yang menyerupai daun sirih. Terutama sifat anti oksidan, anti radang dan anti biotic alami.

Itu sebabnya daun binahong yang merupakan bagian yang paling banyak mengandung khasiat anti radang dan anti biotic alami tersebut sering kali digunakan sebagai bahan herbal pengobatan mulai dari luka, bekas terbakar sampai jerawat.

Menariknya, manfaat dan khasiat daun binahong sebagai anti radang dan anti oksidan juga bisa bekerja pada bagian dalam kulit. Tak heran bila daun binahong juga baik untuk mengobatan lebam, reumatik, luka sendi termasuk asam urat dan masalah terkilir.

Untuk mengobati luka baik itu luka dalam atau luka dibawah kulit, Anda hanya perlu menghaluskan daun binahong menjadi tumbukan halus. Lalu borehkan pada area yang terkena luka. Dan balut dengan perban untuk menahan ramuan ini supaya tidak bergerak. Diamkan selama beberapa jam dan ganti secara teratur setidaknya 3 – 5 kali sehari.

Sifat anti oksidan pada daun binahong juga membantu Anda meredakan nyeri sekaligus menyerap toksin pada luka. Bahkan di beberapa daerah dikatakan tumbukan serupa bisa menjadi pertolongan pertama luka bekas gigitan binatang berbisa.

Anda bisa tambahkan ramuan 5 lembar daun binahon segar dengan 3 gelas air yang Anda masak sampai tersisa 2 gelas. Lalu bagi dalam 3 porsi untuk Anda minum 3 kali sehari secara rutin. Lakukan selama setidaknya 3 – 5 hari untuk menunjukan hasil optimal. Kadang pada kasus berat Anda bisa menambahkan hari. Tambahkan madu untuk menetralisir rasa getir khasnya.

Meminum larutan daun binahong ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka berat, patah tulang, masalah sendi dan asam urat akut, sampai masalah kulit seperti gatal-gatal serta eksim hingga luka gangrene.

Ada keunikan untuk membantu proses regenerasi sel pada kulit dan jaringan otot halus pada luka sehingga luka tak hanya lekas sembuh tetapi lekas pulih menjadi sedia kala. Para pakar herbal juga menyakini adanya efek positif penggunaan larutan ini secara berkala selama penyembuhan luka bisa mengurangi resiko munculnya keloid.

Tak hanya luka pada area kulit. Sifat anti radangnya juga bisa bekerja efektif ketika Anda mengalami radang di dalam organ dalam, seperti radang ginjal, infeksi saluran kencing, radang usus, radang lambung sampai radang di area pernafasan.

Yang Anda perlukan adalah meminum larutan daun binahong tadi secara rutin sebagaimana kami jelaskan di atas. Anda akan mendapatkan manfaat dan khasiat daun binahong dengan cepat dan radang Anda akan teratasi.

Sebaiknya hindari pemberian larutan daun binahong ini berdekatan dengan obat-obatan lain yang diresepkan dokter. Karena sifatnya yang menyerap toksin, kadang daun binahong akan menyerap kandungan dalam obat medis dan bisa mengurangi khasiat dari obat yang Anda asup. Beri jeda 1 – 2 jam untuk efek aman dari kedua sistem pengobatan ini.

Baca juga : Manfaat kulit manggis

Meminum larutan daun binahong secara berkala setiap 3 hari sekali 1 gelas juga baik untuk membantu Anda meningkatkan imunitas. Akan baik untuk membantu Anda menjaga kesehatan Anda ketika musim panca roba.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun binahong yang bisa kami bagikan untuk Anda. Daun rambat sederhana yang bisa dengan mudah Anda temukan di rumah-rumah sebagai tanaman hias yang cantik. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.makanansehat123.blogspot.com

LEAVE A REPLY