Potensi Taman Bacaan Sebagai Usaha Dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Usaha dengan modal kecil untuk mahasiswa – Minat baca dikalangan anak muda sebenarnya terbilang tinggi. Harus diakui, kebanyakan memang masih tersegmentasi pada buku-buku komik, novel fiksi dan beberapa novel non fiksi.

Tetapi tingginya minat baca ini jelas bisa menjadi sebuah lahan usaha menarik untuk Anda garap lebih lanjut, terutama kalau Anda sendiri adalah bagian dari kalangan anak muda. Oleh karenanya kali ini kami akan mengangkat potensi ini sebagai usaha dengan modal kecil untuk mahasiswa.

“Mahasiswa merupakan salah satu pangsa pasar terbesar dari mereka yang berbisnis dalam dunia buku. Hanya saja tidak selamanya mereka tertarik membeli sekalipun minat baca mereka besar”

Harga yang tinggi adalah salah satu alasan, selain kebanyakan dari mereka adalah petualang buku yang cenderung membaca satu buku satu kali dan mencari bacaan lain setelahnya. Akan sangat percuma kalau mereka membeli sebuah buku bila akhirnya hanya untuk mereka baca sekali.

Itulah awal mula kenapa kemudian ide usaha taman bacaan muncul. Ide ini semacam wahana bagi para kalangan muda untuk bisa menikmati hobi membaca mereka dengan cara yang lebih murah.

Mereka bisa menyewa segala jenis buku sesuai selera bacaan mereka, berganti judul sepanjang waktu tanpa harus menguras dalam-dalam dompet mereka.

Dan kami juga menilai peluang usaha taman bacaan ini sangat tepat sebagai pilihan usaha dengan modal kecil untuk mahasiswa karena dengan menyandang status mahasiswa Anda bisa dengan lebih mudah melakukan pemasaran sederhana untuk menarik minat rekan-rekan Anda sendiri untuk menyewa buku dari taman bacaan Anda, juga termasuk menemukan ide-ide menarik koleksi buku apa yang sekiranya akan menarik minat pelanggan.

Karena Anda adalah bagian dari pasar potensial Anda sendiri. Anda tau dengan pasti trend bacaan rekan-rekan seumur Anda, apa yang menarik minat mereka dan koleksi buku macam apa yang sesuai untuk Anda sediakan.

Menariknya lagi, bisnis ini bisa Anda mulai dengan modal relatif ringan. Apalagi semenjak beberapa pelaku usaha buku bekas bertebaran di kota-kota besar. Mereka hanya mengenakan biaya sekitar 3- 7 jutaan untuk koleksi komik jepang lawas dan novel-novel besar best seller.

Jangan salah justru banyak buku-buku lawas macam inilah yang banyak dicari pelanggan karena faktor kualitas komik klasik yang seolah tak lekang oleh waktu.

Permodalan yang rendah diakui oleh Alifah yang menjalankan sebuah taman bacaan di kawasan Condong Catur Yogyakarta. Di awal tahun 2011, Alifah mengambil alih sebuah taman bacaan dengan modal hanya sekitar 15 juta.

Dari modal ini, Alifah sudah mendapat tak kurang dari 4000 koleksi buku dari jenis komik Jepang, komik Amerika, komik lokal, novel fiksi dan nonfiksi baik lokal maupun non lokal serta berbagai buku bacaan lain dalam bidang bisnis, personality dan lain sebagainya.

Ditambah dengan biaya untuk sewa ruang usaha di kawasan padat mahasiswa seharga 6 juta dengan ruang usaha sekitar 5 x 7 meter dan biaya display penataan buku yang khusus dia buat demi memuat koleksi bukunya yang ribuan ini sebesar 2 juta.

“Hanya bermodal awal sekitar 27 juta saja, Alifah sudah siap menjalankan bisnis taman bacaan di kawasan kampus yang merupakan area terbaik dalam membuka sebuah usaha taman bacaan karena artinya Anda mendekatkan diri dengan pasar potensial Anda”

Menurut Alifah, dengan koleksinya yang terbilang lengkap, Alifah bisa mendapatkan sekitar 800 penyewaan buku tiap minggunya dengan jumlah permintaan terbanyak pada akhir pekan.

Biasanya tiap buku dihargai dengan nilai sewa berbeda tergantung harga beli, ketebalan dan tinggi rendahnya minat pasar terhadap buku tersebut.

Pendapatan rata-rata dari sewa buku yang dijalankannya setiap minggu bisa mencapai angka 3 jutaan atau sama dengan kisaran 12 jutaan tiap bulan.

Dari angka ini margin yang diperoleh Alifah tergolong tinggi bisa mencapai angka 55%. Karena biaya terbesar dalam menjalankan usaha taman bacaan ini hanya terletak pada biaya penggajian karyawan dan biaya perawatan buku.

Alifah juga mengalokasikan sebagian omsetnya untuk pembelian koleksi baru bilamana terdapat koleksi buku yang sudah rusak, hilang atau ada koleksi buku baru yang perlu ditambahkan.

Ini artinya usaha dengan modal kecil untuk mahasiswa satu ini bisa segera balik modal dalam tempo tak sampai 4 bulan. Jelas sebuah peluang usaha yang menarik untuk dijalankan mahasiswa bukan?Apalagi bisnis satu ini bisa Anda jalankan tanpa harus meninggalkan kewajiban Anda kuliah. -Tim Siap Bisnis-

Pencarian Terkait :

bisnis taman bacaan, Bisnis taman baca, potensi terhadap permintaan produk buku komic, usaha bacaan, usaha taman baca