Pantai Bandealit, Pantai Perawan Dibalik Hutan Lindung Meru Betiri

0
397

Tak banyak memang yang kenal akan pantai Bandealit. Bahkan bila Anda berhasil menjejakan kaki di pantai ini, bisa jadi Anda hanya berteman kawanan Rusa dan bebeapa ekor kepiting yang bermain di tepian pantai. Sepi dan senyap, dengan berbingkai hutan lindung di seluruh penjuru mata dan deburan ombak laut selatan yang menyihir. Inilah pesona dari pantai Bandealit.

Pantai Bandealit, Pantai Perawan Dibalik Hutan Lindung Meru Betiri
Pantai Bandealit, Pantai Perawan Dibalik Hutan Lindung Meru Betiri

Pantai ini berada tersembunyi di balik hutan lindung Meru Betiri. Salah satu hutan lindung besar di kawasan Jawa Timur, tepatnya di kawasan Jember jawa Timur. Tak mudah mencapai lokasi pantai ini, Anda harus siapkan nyali dan fisik tentunya untuk menempuh perjalanan berat sekitar 3 jam menyeruak hutan lindung yang lebat. Bila Anda beruntung bisa jadi Anda akan dihadang aneka binatang liar bahkan mungkin macan tutul.

Baca juga : Wisata pantai jogan

Meski beberapa petugas penjaga mengatakan macam tutul sudah jarang sekali muncul dan mereka cenderung lebih suka hidup menjauh dari lalu lalang orang. Jadi tak pernah terlihat jejaknya di kawasan jalur kendaraan dalam trek hutan.

Untuk bisa mencapai lokasi Anda perlu menempuh jalur panjang dari kota Jember menuju tempurejo kemudian dilanjutkan menuju kawasan Andongrejo. Dari sana tak jauh Anda akan menemukan kawasan Meru Betiri.

Pejalanan ini akan memakan waktu setidaknya 3 sampai 3,5 jam. Dan Anda perlu menggunakan jenis kendaraan jip khusus dengan ground clearance yang membuat Anda mudah menghadapi jalur off road alias makadam begitu memasuki jalur di dalam hutan lindung Meru Betiri.

Jalur ini tak hanya menantang, tetapi juga bisa menjadi sangat berbahaya. Beberapa jalur menurun dan menanjak curam sementara sepenuhnya jalan kasar berbatu. Beberapa kawasan berpasir sehingga kerap menjebak kendaraan di dalamnya. Beberapa jembatan bisa menjadi sangat menantang karena hanya terbuat dari kayu lapuk dengan aliran sungai dibawahnya yang cukup deras. Bahkan ada beberapa titik di kawasan ini dikenal sebagai kawasan keramat oleh masyakarat setempat.

Tetapi jangan kira perjalanan ini akan sepenuhnya menyiksa Anda. Panorama hutan lindung akan mempesona Anda. Rimbunnya pepohonan yang berpadu dengan aneka perdu dan tanaman berbunga liar akan menawan dimata Anda.

Ditambah kadang muncul kawanan binatang cantik macam merak atau rusa, burung-burung langka yang berkicau atau malah lutung yang sedang berlompatan di antara pepohonan mengejar aneka buah makan siang mereka.Beberapa ekor babi hutan kadang menyapa, tetapi biasanya mereka cenderung tidak aktif di siang hari.

Jelas Anda akan mendapatkan pengalaman berharga yang tak setiap saat Anda alami. Meski untuk itu Anda harus berjibaku dengan jalur makadam yang bisa sukses membuat tubuh Anda pegal dan sakit pinggang sesaat.

Dan setelah perjalana panjang sampai 3 jaman Anda bisa mendengar debur ombak menghempas pantai dari kejauhan. Ini akan menjadi muara dari lelah Anda perjalanan panjang menyusur hutan. Sebuah pantai cantik berpasir cokelat kekuningan akan menyapa Anda dengan ramah.

Pantai ini terasa berbeda, berbingkai penuh kawasan hijau hutan yang padat bentukan teluk kecil yang membuat kedua sisi pantai dipagari oleh bentukan bukit hijau yang asri. Pantai terasa sedikit sempit karena tanaman hijau dari tepian hutan berposisi demikian dekat dengan pantai. Beruntung pantai ini berbentuk teluk dengan bingkai bukit di kedua sisi, sehingga pantai ini tak harus berlawanan dengan deburan ombak yang liar.

Pantai ini memiliki ombak yang jinak dan lembut. Sangat ringan menyapa pantai bahkan ketika pasang di malam hari. Itu sebabnya tak masalah bila Anda tertarik untuk bermalam di lokasi ini dengan mendirikan kemah di tepian hutan. Hanya Anda harus berhati-hati dengan gangguan hewan liar termasuk babi hutan dan sejenis kucing hutan.

Sempatkan menikmati kesegaran air dari pantai Bandealit yang jinak itu. Airnya sangat segar seolah bukan air dari laut, mungkin karena kawasan pantai ini sangat perawan. Kawasan perbukitan di setiap sisi membuat udara di pantai ini sedikit lebih sejuk dari kebanyakan pantai lain.

Ohya…jangan ragu soal makanan, karena kawasan ini juga kerap menjadi lokasi bersandar beberapa perahu nelayan dan Anda bisa membeli langsung beberapa ekor ikan untuk makan siang dan makan malam Anda. Bahkan bisa saja mereka menawarkan Anda untuk memasakan ikan bakar segar untuk Anda. Jadi kalau Anda pecinta dunia natural, jelas pantai Bandealit adalah pilihan yang layak kan? -Tim Siap Bisnis-

pantai bandealit, pesona pantai bandealit

LEAVE A REPLY