Panduan Belajar Bisnis Online Bagi Pemula

0
238

Belajar bisnis online Bisnis online kini semakin hari semakin populer saja di kalangan masyarakat , tak heran jika saat ini banyak orang yan ingin memulai belajar bisnis online mulai dari 0.

Jika anda seorang pebisnis dan mulai merasakan jika perkembangan bisnis anda mulai menurun tajam belakangan ini maka anda patut memperhatikan apakah saingan anda akhir-akhir ini menerapkan bisnis digital selama rentang waktu tersebut ? Jika iya maka saingan anda artinya sudah selangkah lebih maju di banding anda.

Mengapa harus belajar bisnis online ? Perkembangan berbagai aspek di kehidupan semakin hari semakin maju saja dan membuat pengguna internet semakin banyak jumlahnya , menurut laporan pengguna internet saat ini sudah hampir mencapai angka 3 milyar orang dan tentu masih memiliki potensi untuk bertambah lagi. Dalam dunia bisnis jumlah pengguna internet sebanyak itu akan terasa sayang apabila di lewatkan begitu saja .

Ketika mencari produk yang di inginkan , kini orang tak lagi hanya mengandalkan informasi dari mulut ke mulut saja namun kini mereka lebih memilih mencari informasi melalui Google. Bisa anda bayangkan betapa besarnya potensi bisnis online jika berdasarkan fakta tersebut .

Bagi anda yang masih belum merambah dunia bisnis online maka akan sangat di sarankan mencobanya dan anda bisa merasakan sendiri seberapa besar potensi bisnis anda melalui platform online.

Bagi anda yang awam belajar bisnis online mungkin akan menjadi hal yang asing dan juga terasa sulit namun hal tersebut tak sepenuhnya benar. Bisnis online sebenarnya tak jauh berbeda dengan bisnis biasa , hal yang membedakannya adalah pada medianya saja sehingga anda tak perlu takut untuk mempelajari bisnis online.

Jika pandangan anda ketika belajar bisnis online adalah anda harus belajar pula tentang bahasa pemrograman dan lain-lainnya hal tersebut tak akan terjadi .

Dalam belajar bisnis online, menguasai beberapa skill pemrograman memang di perlukan tetapi kebutuhan tersebut tidak mutlak harus anda miliki . Sebagai contoh jika anda ingin melebarkan jangkauan bisnis melalui toko online anda tetapi anda tidak memiliki skill pemrograman untuk membuat toko online tersebut maka solusinya adalah memanfaatkan beberapa website penyedia pembuatan toko online secara gratis .

Gratis di sini bukan dalam artian anda akan dibuatkan sebuah toko online namun anda bisa mengcustom sendiri jenis-jenis toko online yang anda inginkan. Apabila anda memiliki modal yang cukup anda juga bisa menyewa tenaga seorang yang ahli dalam website development untuk membuatkan anda sebuah toko online. Praktis bukan ? maka dari itu jangan pernah takut untuk belajar bisnis melalui platform online.

Coba bayangkan jika anda membuat toko online dan berhasil menempati urutan teratas dalam hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu maka akan ada ratusan hingga ribuan orang yang mengunjungi toko anda dalam satu hari saja.

Jika di buat kemungkinan katakanlah setengah saja dari ratusan orang yang mengunjungi toko anda tersebut maka bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan keuntungan penjualan yang besar setiap harinya .

Sebagai contoh perbandingan anda adalah seorang pemilik toko offline dengan produk smartphone yang juga di miliki marketplace online seperti Lazada . Coba anda bandingkan jangkauan anda dengan Lazada , pasti anda kalah jauh bukan ? Karena Lazada bisa menjangkau seluruh Indonesia sedangkan anda hanya bisa menjangkau di sekitaran tempat toko anda berada .

Penting bukan belajar bisnis online di era digital ini ? Apalagi bagi anda yang sudah memiliki bisnis offline yang sudah terbilang sukses maka akan sangat sayang apabila pada akhirnya anda melewatkan kesempatan untuk melebarkan bisnis anda dalam platform online. Ada juga yang menyarankan jika toko online anda sudah sukses mendapat traffik yang stabil anda bisa juga mendaftarkan toko tersebut ke sistem partnership Google Adsense .

Menjadi pebisnis memang akan selalu menjadi impian bagi semua angkatan kerja di seluruh dunia ini namun dalam berbisnis anda tidak bisa asal-asalan dalam melakukannya karena zaman terus berubah sehingga kita perlu menyesuaikan perubahan tersebut agar tetap kompetitif dalam sebuah persaingan bisnis seperti zaman digital seperti ini dan Belajar bisnis online adalah langkah awal untuk menyesuaikan bisnis anda dengan perkembangan zaman .

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY