Modal Buka Usaha Jualan Cilok – Cilok adalah salah satu jenis makanan ringan yang banyak disukai oleh semua golongan masyarakat. Laki laki dan perempuan dari segala usia menyukai jajanan yang berbentuk bulat dan kenyal ini. Jualan cilok termasuk jenis usaha yang bisa di jalankan oleh siapa saja. Jika anda memiliki modal yang minim tetapi ingin membuka usaha kuliner, jualan cilok adalah solusinya.

Berapakah modal awal untuk membuka usaha cilok? Untuk membuka usaha jualan cilok anda membutuhkan modal awal sebesar Rp 14.800.000. Modal sebanyak ini digunakan untuk menyewa tempat Rp 4.000.000, biaya membuat etalase, rombong dll sebesar Rp 3.000.000 dan peralatan memasak Rp 1.000.000. Anda juga harus menyiapkan dana untuk operasional warung cilok dalam sebulan.

Berapakah modal buka usaha jualan cilok?

Cilok memiliki banyak penggemar fanatik di masyarakat sehingga siapa saja yang berjualan cilok bisa mendapatkan pelanggan dengan mudah. Para pedagang cilok biasanya menjual barang dagangannya secara berkeliling dan ala kadarnya. Masih jarang penjual cilok yang berjualan di tempat yang permanen dan mengelola usahanya secara profesional.

Untuk membuka usaha jualan cilok secara profesional diperlukan modal yang cukup untuk membeli beberapa keperluan di bawah ini:

Kebutuhan Harga Total
Sewa tempat 6 bulan Rp 4.000.000
Rombong, etalase, meja kursi dll Rp 3.000.000
Peralatan memasak Rp 1.000.000
Keperluan lain lain Rp 500.000
Total Rp 8.500.000

Selain digunakan untuk memenuhi aneka kebutuhan seperti di atas, modal awal juga digunakan untuk memenuhi biaya operasional bulanan yang meliputi beberapa poin di bawah ini:

Related Post
  • gas LPG dan listrik sebesar Rp 500.000
  • Belanja bahan baku selama 1 bulan Rp.5.000.000
  • Gaji karyawan Rp 800.000
  • Biaya tak terduga Rp 500.000
  • Total biaya operasional bulanan sebanyak Rp 6.300.000

Perlu diketahui estimasi jualan cilok di atas bukan untuk usaha cilok keliling tetapi usaha cilok dengan tempat jualan yang menetap

Dimanakah lokasi strategis usaha jualan cilok?

Jika anda memutuskan membuka usaha jualan cilok secara menetap, anda harus memilih lokasi yang benar benar strategis. Lokasi usaha jualan cilok paling strategis biasanya berada di pinggir jalan raya, dekat dengan sekolah atau tempat lain dimana banyak anak kecil berkumpul. Meski segmen anda menyasar segala usia, tetap saja anak anak menjadi konsumen utama para penjual cilok.

Sebelum anda memutuskan berjualan cilok, lakukan survei tentang kualitas dan rasa cilok yang di jual di daerah tersebut. Jika anda sudah memiliki gambaran, buatlah cilok dengan kualitas rasa yang lebih lezat dengan tekstur kenyal dan renyah. Dengan cara seperti ini usaha jualan cilok anda akan laris manis setiap saat.

Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini sudah ada banyak pedagang cilok yang berkeliling ke perumahan penduduk. Banyaknya pedagang cilok bukanlah hambatan karena banyak pedagang cilok tersebut mengolah dagangan ala kadarnya. Untuk itu anda harus bisa melakukan berbagai macam improvisasi baik dalam hal memasak, bentuk cilok maupun dalam hal penyajiannya.

Pada dasarnya semua orang ingin mencoba hal-hal yang baru. Demikian juga dengan para penggemar cilok. Jika anda menjual cilok dengan konsep baru baik dalam hal tempat maupun ciloknya itu sendiri, tentu akan banyak penggemar cilok yang ingin mencobanya. Bila mereka cocok dan puas dengan palayanan yang diberikan, usaha cilok anda akan menjadi pusat perhatian dan penjunjung pun akan semakin banyak.