Modal Buka Usaha Jual Beli Barang Bekas – Mereka yang punya hobi belanja online tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah preloved. Yang dimaksud dengan barang preloved adalah barang yang sudah pernah dipakai dan akan di pindah tangankan. Usaha jual beli barang bekas adalah salah satu bisnis yang bisa mendatangkan profit banyak. Dengan modal yang tidak terlalu besar anda sudah bisa menjalankan usaha jual beli barang bekas.

Berapa modal awal memulai usaha jual beli barang bekas? Untuk membuka usaha jual beli barang bekas memerlukan modal awal sebesar Rp 28.500.000. Modal sebanyak itu digunakan untuk menyewa tempat Rp 6.000.000, rak toko Rp 2.000.000, motor dengan bak terbuka Rp 6.000.000 serta untuk biaya operasional sebulan.

Berapa modal buka usaha jual beli barang bekas?

Sama seperti usaha lainya persiapan modal menjadi penentu bagaimana usaha jual beli barang bekas anda akan beroperasi. Namun para pemilik usaha barang bekas biasanya mengumpulkan barang dagangan secara bertahap. Hal ini tentu memberi keuntungan tersendiri khususnya dalam hal pendanaan.

Untuk membuka usaha jual beli barang bekas anda memerlukan sejumlah uang untuk membeli berbagai macam perlengkapan yang akan diuraikan di bawah ini:

Kebutuhan Harga Total
Sewa tempat setahun dan renovasi Rp 6.000.000
Rak toko Rp 2.000.000
Peralatan toko Rp 1.000.000
Motor pakai bak terbuka (bekas) Rp.6.000.000
Modal awal membeli barang bekas Rp 10.000.000
Total biaya modal awal Rp 25.000.000

Selain menyediakan modal awal, kita juga harus menyiapkan biaya operasional untuk satu bulan yang mencakup:

  • Gaji 2 orang karyawan sebesar Rp 2.000.000
  • Biaya air dan listrik sebesar Rp 500.000
  • BBM sebesar Rp 500.000
  • Biaya tak terduga Rp 500.000
  • Total biaya operasional sebesar Rp 3.500.000

Semua nominal yang tercantum di atas adalah estimasi kasar yang tentunya bisa berubah sesuai dengan keadaan. Modal untuk membeli barang dagangan (barang bekas) bisa disediakan secara bertahap ketika ada barang bekas yang harus dibeli.

Dimanakah lokasi usaha jual beli barang bekas?

Secara umum jual beli barang bekas bisa dilakukan dimana saja termasuk dari rumah karena anda bisa memasarkan barang barang bekas secara online. Namun demikian bila anda memerlukan toko fisik untuk memajang barang dagangan, sebaiknya memilih lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan, dekat dengan mall maupun pusat perbelanjaan dll.

Related Post

Usaha jual beli barang bekas secara umum ada dua macam yaitu jual beli semua jenis barang bekas dan jual beli barang barang bekas tertentu saja. Untuk jenis kedua ini sangat beragam seperti pakaian bekas, elektronik bekas, perlengkapan bayi bekas, fashion accessories bekas dan masih banyak lagi lainnya.

Pada dasarnya semua jenis barang bekas bisa dijual belikan karena memang banyak peminatnya. Ada banyak alasan kenapa orang bersedia membeli barang bekas, seperti keterbatasan dana, barang masih bagus dan harganya yang jauh lebih murah dari barang baru.

Barang bekas yang diminati adalah barang yang bermerek atau branded. Harga barang branded dengan kondisi baik biasanya masih memiliki harga yang relatif mahal.

Baca Juga : Modal Buka Usaha Toko Kelontong

Bagi mereka yang suka berbelanja secara impulsif atau hanya mengikuti trend. Membeli barang bekas bisa menjadi solusinya. Mereka bisa memiliki barang bermerek dengan harga yang jauh lebih murah.

Hal inilah yang membuat bisnis jual beli barang bekas selalu ramai dan menguntungkan. Dari sisi pemilik barang, menjual barang yang tidak terpakai adalah solusi bijak karena barang yang dibiarkan terlalu lama akan cepat rusak.

Memasarkan barang bekas tidak terlalu sulit, selain menaruhnya di rak display di toko anda, anda juga bisa menjualnya melalui media sosial. Saat ini juga sudah banyak platform jual beli barang bekas yang memudahkan para penjual maupun pembeli barang bekas.