Berapa Modal Buka Usaha Cuci Motor Mobil?

Modal Buka Usaha Cuci Motor Mobil  – Jumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat di Indonesia terus meningkat dengan tajam. Hal ini membuat bisnis cuci motor dan mobil tetap laris manis meski jumlahnya sudah cukup banyak. Bisnis cuci motor dan mobil adalah salah satu usaha dengan margin profit yang cukup besar. Namun untuk bisa memulai bisnis ini anda harus siap merogoh kocek yang cukup dalam.

Berapakah modal awal membuka usaha cucian motor mobil? Membuka usaha cucian motor dan mobil anda memerlukan modal awal sebesar Rp 62.980.000. Dari modal awal ini kita akan membeli paket alat cuci mobil sebesar Rp 51.000.000, pembuatan sumur sebesar Rp 5.000.000. Selanjutnya dana tersebut juga akan kita gunakan untuk biaya operasional di bulan pertama.

Modal Buka Usaha Cucian Motor Mobil

Modal buka usaha cuci motor mobil

Sebelum membuka usaha cuci motor dan mobil, anda harus menentukan konsep cuci mobil seperti apa yang ingin di bangun. Hal ini sangat penting untuk menentukan berapa jumlah modal awal yang harus disiapkan. Di bawah ini kami siapkan rincian lengkap modal awal untuk membuka usaha cucian motor dan mobil hidrolik:

XM
KebutuhanHargaTotal
1 paket alat cuci mobilRp. 51. 000.000 
Meja dan kursi tungguRp 2.000.000 
Spanduk tulisan Cuci mobilRp.100.000 
Biaya untuk pembuatan sumurRp 5.000.000 
Total biaya Rp 58.100.000 

Sedangkan untuk rincian biaya operasional setiap bulannya adalah sebagai berikut:

  • Sewa tempat usaha sebesar Rp 1.500.000
  • Kanebo sebesar Rp 80.000
  • Shampo mobil untuk satu bulan sebesar Rp 200.000
  • Semir ban sebesar Rp 140.000
  • Air minum Rp 60.000
  • Gaji tetap untuk 2 orang karyawan diluah bagi hasil Rp 1.500.000
  • Bahan bakar untuk kompresor sebesar Rp 400.000
  • Air dan listrik Rp 1.000.000
  • Total semua biaya operasional dalam sebulan adalah Rp 4.880.000

Dimanakah lokasi strategis usaha cucian motor dan mobil? Ada banyak lokasi yang cocok untuk membuka usaha cuci mobil yang diantaranya adalah di pinggir jalan raya yang dekat dengan perumahan kelas menengah. Tempat cuci mobil dekat perumahan elit tidak direkomendasikan karena biasanya penghuni perumahan tersebut sudah memiliki sopir pribadi.

Lokasi lain yang cocok untuk usaha cuci mobil adalah dekat parkiran, dekat pasar atau mall perbelanjaan. Usaha cuci mobil di dekat mall memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk menyewa tempat. Namun usaha cucian mobil dekat mall selalu ramai karena biasanya pelanggan akan ke mall ketika mobilnya dicuci.

Baca Juga : Modal Buka Usaha Bengkel Motor

Saat ini juga banyak dijumpai tempat cuci mobil yang satu lokasi dengan SPBU. Hal ini memudahkan orang yang ingin mengisi bahan bakar sekaligus mencuci kendaraan. Tidak sedikit pula pengendara yang dari luar kota sengaja datang ke SPBU untuk beristirahat sekaligus mencuci kendaraannya yang kotor karena perjalanan jauh.

Untuk menjamin kelangsungan usaha, anda harus mencari karyawan yang berintegritas dan dipercaya. Secara umum ada tiga jenis sistem penggajian yang bisa anda pilih.

Yang pertama adalah karyawan yang menerima gaji tetap. Yang kedua adalah sistem bagi hasil sedangkan yang terakhir adalah sistem gabungan. Sistem yang terakhir inilah yang banyak diterapkan karena hal ini membuat karyawan mendapatkan pendapatan tetap.

Usaha cuci motor dan mobil merupakan salah satu usaha yang banyak diperlukan oleh masyarakat. Banyaknya jumlah kendaraan membuka usaha cuci mobil dan motor tidak pernah sepi konsumen.