7 Daftar Asuransi Mobil All Risk Pilihan Terbaik Indonesia

Baca Juga :

Daftar Asuransi Mobil All Risk – Asuransi mobil merupakan salah satu langkah perlindungan terhadap mobil atas risiko-risiko yang mungkin saja terjadi di jalan. Tidak hanya pada kejadian yang mengakibatkan kerusakan total. Tetapi juga pada kerusakan sebagian yang mungkin membutuhkan banyak biaya perbaikan. Karena itu, ada baiknya untuk mengetahui daftar asuransi mobil all risk pilihan terbaik.

Mengenal Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil jenis all risk merupakan asuransi yang menanggung kerusakan kecil maupun besar, bahkan hingga kehilangan. Ini berbeda dengan jenis Total Loss Only (TLO) klaimnya hanya dapat dilakukan ketika terjadi kerusakan sangat parah atau mobil tidak dapat berfungsi lagi.

Lebih jauh, asuransi mobil all risk ini sangat cocok bagi penggunaan mobil di daerah padat lalu lintas. Terutama apabila mobil yang diasuransikan tergolong baru. Karena semakin padat lalu lintasnya, semakin besar pula risiko kejadian yang mengakibatkan kerusakan.

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2018 terjadi 109.215 kasus kecelakaan lalu lintas. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 104.327 kasus. Ini semestinya menjadi salah satu pertimbangan pentingnya mengambil asuransi mobil all risk selain juga memikirkan adanya risiko lain.

Namun, biasanya sebab-sebab kerusakan tertentu tidak terdapat dalam polis standar. Beberapa penyebab seperti banjir dan kerusuhan biasanya masuk sebagai fitur tambahan yang disebut perluasan perlindungan. Peserta dapat meminta perluasan tersebut dengan tambahan biaya pula.

Dengan tanggungan segala jenis kerusakan ini, maka tidak mengherankan apabila premi yang harus dibayar juga lebih mahal daripada jenis TLO. Apalagi jika ditambah dengan berbagai perluasan perlindungan. Meskipun begitu, biaya yang dikeluarkan tentunya sebanding dengan perlindungan yang akan diterima.

Daftar Asuransi Mobil All Risk

Setiap perusahaan asuransi memiliki produk masing-masing untuk asuransi mobil jenis all risk. Fitur dan penghitungan preminya pun tentu berbeda pula. Dan berikut daftar asuransi mobil all risk pilihan terbaik yang dapat menjadi pertimbangan sebelum mendaftar.

1. MNC Total Care

Produk asuransi mobil dari MNC Insurance ini menawarkan beberapa fitur menarik. Ada New For Old untuk mengganti mobil yang mengalami Total Loss Accident  selama 8 bulan pertama. Selain penggantian mobil, barang pribadi tertentu yang ikut hilang juga masuk dalam tanggungan.

MNC Total Care juga menawarkan layanan derek untuk salah satunya keadaan mogok. Untuk kejadian kecelakaan, juga ada layanan ambulans untuk wilayah Jabodetabek. Sementara untuk di luar wilayah tersebut, ada penggantian biaya sebesar maksimal Rp300.000,-

2. Allianz Mobilku

Asuransi Allianz Mobilku memberikan 3 pilihan produk dengan beberapa perbedaan layanan. Ketiganya adalah Mobilku Eco, Mobilku Grand, dan Mobilku Non Package. Semua jenis mobil non-truk sampai usia 10 tahun bisa diasuransikan.

Mobilku Eco memiliki fitur paling sedikit namun cukup dapat meng-cover berbagai kebutuhan. Fiturnya meliputi perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh kerusuhan dan banjir.

Selain itu, terdapat juga tanggung jawab hukum pihak ketiga, perlindungan kecelakaan diri pengendara dan penumpang, hingga biaya pengobatan. Juga ada layanan bengkel resmi dan pembayaran tunai.

Untuk Mobilku Grand, semua fitur di Mobilku Eco bisa didapatkan. Dengan pilihan ini, peserta juga mendapatkan fitur lainnya, yaitu tunjangan taksi dan barang pribadi.

Sementara di Mobilku Non Package, akan lebih banyak fitur tambahan. Terdapat perlindungan kerusakan sebab gempa bumi dan sabotase, layanan ambulans, hingga tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

3. Asuransi Kendaraan AXA

Di AXA, semua jenis kendaraan penumpang dengan penggunaan pribadi dapat diasuransikan. Untuk jenis all risk sendiri, AXA memberikan 2 pilihan. Pertama adalah Basic Comprehensive yang hanya memberikan 2 manfaat dasar, yaitu terhadap kerugian total dan kerugian sebagian. Tetapi, peserta juga dapat menambahkan perluasan perlindungan sesuai kebutuhan.

Sementara yang kedua adalah Smart Drive Comprehensive yang memberikan paket lebih lengkap. Selain 2 manfaat dasar, terdapat beberapa penyebab kerusakan yang bisa diklaim.

Di antaranya kerusuhan, terorisme, banjir, hingga bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami. Selain itu, biaya taksi dan ambulan, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga juga ditanggung.

4. Asuransi Kendaraan Bermotor ACA

ACA memberikan 3 pilihan paket layanan asuransi mobil. Paket pertama, yaitu Otomate Smart dengan jaminan standar beserta tanggung jawab hukum sebesar maksimal Rp25.000.000,-. Sementara manfaat yang ditawarkan berupa New For Old selama 6 bulan, pelayanan valet dan emergency, serta bengkel resmi rekanan.

Paket lainnya, yaitu Otomate dan Otomate Solitaire sama-sama menambahkan jaminan kecelakaan diri, kerusuhan, dan banjir. Dari keduanya, Otomate Solitaire memberikan jaminan lebih tinggi.

Pada jaminan tanggung jawab hukum misalnya, Otomate Solitaire memberikan jaminan hingga Rp75.000.000,- sedangkan Otomate hanya memberikan maksimal Rp50.000.000,-.

5. Jasindo Oto

Asuransi Jasindo Oto memberikan jaminan hingga usia mobil 12 tahun. Di luar standar, terdapat beberapa perluasan perlindungan yang dapat dinikmati. Ada tanggung jawab hukum pihak ketiga dengan persentase berbeda-beda sesuai besaran tanggungan.

Selain itu, jaminan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang juga masuk dalam jaminan. Ada juga pertanggungan untuk beberapa sebab kerusakan, misalnya kerusuhan dan bencana alam.

6. Adira Autocillin

Asuransi Adira Autocillin menawarkan paket perlindungan perbaikan atas kerusakan yang disebabkan kecelakaan, kebakaran, maupun perbuatan jahat. Untuk mendaftar asuransi ini, pastikan usia mobil tidak lebih dari 8 tahun.

Layanan yang akan didapatkan dari asuransi ini di antaranya New For Old, Personal Effect, Transportation Fee, hingga Autocillin Anchor Garage. Untuk keadaan darurat ada Autocillin Rescue yang meliputi layanan derek, ambulans, dan Emergency Roadside Assistance.

7. Garda Oto

Produk dari Asuransi Astra ini memiliki layanan yang kurang lebih sama dengan asuransi mobil all risk pada umumnya. Polis standar dengan perluasan seperti kerusuhan dan bencana alam merupakan hal yang dapat dinikmati dengan mendaftar di Garda Oto.

Keunggulan asuransi ini adalah beragamnya cara untuk melakukan klaim. Peserta bisa melakukan klaim via online, baik melalui aplikasi Garda Mobile Otocare, maupun website resmi Asuransi Astra. Selain itu, layanan customer service juga bisa diakses 24 jam.

Peserta juga bisa datang langsung ke kantor cabang dan Garda Center yang terletak di kota-kota strategis. Penyebarannya pun sudah ada hampir di seluruh Indonesia.

Dari daftar asuransi mobil all risk di atas, setiap perusahaan memiliki ciri layanannya masing-masing. Pastikan kebutuhan dan budget sudah sesuai sebelum memilih produk yang akan digunakan. Tetap berkendara dengan nyaman, dengan perlindungan menyeluruh dari asuransi mobil all risk.

Baca Juga :