Cara Promosi blog yang saya tulis dibawah ini membutuhkan waktu luang yang cukup lama. Jadi dalam meluangkan waktu untuk bisa promosi sepenuhnya ada di tangan anda. Sebenarnya tidak ada promosi yang bisa meningkatkan pengunjung blog hanya dalam sekejap dan semuanya itu butuh waktu dan proses. Kegunaan yang paling utama dari promosi blog ini adalah supaya traffic blog anda bisa meningkat.  Jadi mari kita bahas satu persatu cara mempromosikan blog :

source: raleighinboundmarketing.co

Cara Mempromosikan Blog Lewat Facebook

Sebenarnya ini adalah cara promosi blog yang sangat mudah dan juga efektif. Ikutilah langkah-langkah berikut.

YANG PERLU ANDA LAKUKAN

Buatlah akun facebook, kemudian cari teman sebanyak-banyaknya. Dan pastikan jika teman anda ada kaitannya dengan tema blog anda. Contohnya tema blog saya ini adalah tentang tutorial blog jadi sebaiknya saya mencari teman yang dapat ngeblog.

Buatlah artikel yang menarik minat teman untuk membaca artikel tersebut. Kemudian silakan dishare artikel tersebut di facebook anda.

Baca juga: Tips belanja aman dan nyaman

BERAPA POTENSI TRAFFIC YANG AKAN DIDAPAT?
Contohnya, teman facebook anda berjumlah 2000 orang. Jika ada 2000 teman yang mengklik dan mengunjungi blog anda sekitar 25% dari semuanya, maka traffic blog anda adalah 500 orang perhari.

Bayangkan saja jika anda mempunyai beberapa akun facebook yang mempunyai teman yang berbeda dalam setiap akunnya. Kemudian anda share artikel milik anda. Dan berapakah traffic yang anda peroleh?

KELEMAHAN METODE INI:

  • Pastinya butuh waktu dan juga proses, tapi ini bukanlah masalah yang besar.
  • Kesulitan dalam mendapat teman.
  • Kebanyakan orang tidak akan mengkonfirmasi anda sebagai teman karena tidak kenal dengan anda.
  • Kesulitan dalam mencari teman yang ada kaitannya dengan tema situs milik anda.
  • Jika terlalu berlebihan meminta permintaan pertemanan kepada orang lain, maka akun facebook anda bisa di blokir sementara.

Cara Mempromosikan Blog Lewat Twitter

Twitter juga dapat membantu proses promosi blog anda. Jadi lakukan proses promosi di Twitter dibawah ini.

YANG PERLU ANDA LAKUKAN: 

  • Ajaklah banyak orang untuk saling follow dan follow back.
  • Jika sudah mempunyai banyak followers, silahkan posting artikel anda lewat tweet rutin dan.

KELEMAHAN METODE INI:
Tantangan terbesar twitter yaitu mendapatkan followers. Perlu anda tahu bahwa account twitter yang laris umumnya adalah account twitter yang memberikan bahasa motivasi, kata-kata keren ataupun beberapa info terbaru.

Related Post

Jadi jika bisa, buat account twitter yang bertema seperti itu dan kelola layaknya blog milik anda sendiri.

Cara Mempromosikan Blog Lewat Blogwalking

Blogwalking adalah cara yang banyak sekali dilakukan blogger dalam melakukan promosi. Blogwalking selain bisa meningkatkan pengunjung blog, blogwalking juga bisa mempererat pertemanan sesama blogger dan juga merampingkan alexa. Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog yang memasang chat box di blognya.

YANG PERLU ANDA LAKUKAN:

Cari blog yang memiliki chat box yang ramai. Bagaimana mengetahui chat box yang ramai? Lihatlah komentar di chat box dalam sehari. Jika banyak yang berkomentar, berarti chat box itu ramai. Silahkan berkomentar dalam chat box dengan memberikan link ke blog anda.

KELEMAHAN METODE INI 

  • Jarang sekali blog yang memiliki Chat Box.
  • Kalau ada, jarang sekali Chat Box yang ramai

BERAPA POTENSI TRAFFIC YANG AKAN DIDAPAT?
Jika anda sudah berkomentar dan memberikan link ke blog anda di Chat Box dan masing-masing chat box bisa menghasilkan 3-4 pengunjung. Maka berapakah jumlah pengunjung jika anda bisa mengumpulkan 100 chat box? Blog anda bisa mendapatkan tambahan 300-400 pengunjung.

Cara Mempromosikan Blog Lewat Youtube

Youtube adalah salah satu situs video yang ada di dunia dan mempunyai jumlah visitor perhari yang banyak. Dengan memanfaatkan situs tersebut sebagai media promosi, maka bisa saja blog anda juga memiliki banyak visitor.

YANG PERLU ANDA LAKUKAN:

Buatlah akun youtube, anda terlebih dahulu harus mempunyai gmail. Kemudian buat video yang didalamnya ada URL blog anda.

BERAPA POTENSI TRAFFIC YANG AKAN DIDAPAT?
Jika 1 video anda dikunjungi oleh 15 orang perhari dan 5 orang bisa mengunjungi blog anda maka berapakah orang yang akan mengunjungi blog anda jika anda mempunyai 20 video?

OK, jadi untuk bisa melakukan promosi online, ada sekali banyak metode yang bisa kita lakukan. Ingat! promosi dengan cara diatas membutuhkan waktu yang lama dan tidak ada yang namanya promosi dengan hasil yang cepat semua itu membutuhkan proses. Semoga bermanfaat.