Bisnis Sampingan Mahasiswa Ini Bisa Jadi Bisnis Pertamamu

0
437

Bisnis sampingan mahasiswa – Kuliah sambil bekerja sepertinya sudah jadi budaya pada kalangan mahasiswa. Mahasiswa yang seringnya pacaran melulu, ataupun hanya bermain saja sepertinya sudah bukan jamannya lagi. Terlebih pada saat ini biaya pendidikan perguruan tinggi sangatlah mahal.

Bagi yang berdompet cukup cekak tentu saja bakal kewalahan bila tidak mencari kerja sambilan. Selain itu juga adanya tuntutan untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja yang harus dicicipi para mahasiswa selagi mereka masih kuliah. Bisnis sampingan mahasiswa bisa untuk dilakukan.

Baca Juga :

Bisnis sampingan mahasiswa dapat disesuaikan dengan hobi dan juga kesukaan. Sebenarnya ada banyak peluang untuk bisa mencari uang ketika kuliah. Bagi yang memang hobi menulis, peluang sangat lebar membentang di depan.

Apalagi ketika sekarang ini banyak sekali adanya penerbitan yang haus akan naskah untuk bisa diterbitkan. Untuk memulainya sendiri, kita bisa mengasah lebih dahulu kemampuan dari reportasemu.

Dapat juga kita mulai dari menulis resensi buku, menulis cerpen, essai, feature, sampai opini. Semakin banyak kita membaca beragam buku, hal ini bisa menginspirasi tulisan-tulisan kita. 

Bagi yang memang tertarik dalam dunia kreatif, kita bisa menjajal bekerja sebagai seorang desain grafis, copywriter, ataupun ilustrator pada biro iklan ataupun media cetak.

Hanya sekadar info honor untuk jadi profesi ilustrator berkisar antara 500 ribu sampai 12 juta. Nah, untuk mereka yang suka mengutak-atik desain pada website dan bisa dan paham HTML, CSS, PHP, ataupun flash paling tidak satu proyek untuk desain web dapat dibayar dari satu juta sampai lima juta, hal ini tentu tergantung pada tingkat kesulitan dan juga permintaan klien. Bisnis sampingan mahasiswa yang cukup menggiurkan bukan?

Bisnis sampingan mahasiswa bagi yang mempunyai sebuah kemampuan menerjemahkan ataupun alih bahasa, kegiatan ini dapat dijadikan sebuah lahan bisnis. Sebagai contoh misalnya saat kuliah di Universitas. Kita membuka biro penerjemahan bernama  Athea dan memasang harga Rp 3000 per A4 nya, spasi 1.5, dan juga jenis huruf Times New Roman 12.

Harga ini sudah termasuk murah. Karena yang murah banyak diburu orang. Sekadar untuk informasi harga untuk terjemahan dari bahasa Inggris ke Indonesia per halamannya sendiri berkisar antara Rp 12.500 hingga Rp 15.000. Bayangkan jika kita menerjemahkan buku dengan 400 halaman.

Peluang bisnis sampingan mahasiswa jasa printing ini memerlukan modal yaitu minimal 1 buah laptop, print dan juga perlengkapan lainnya. Peluang usaha ini cukuplah menjanjikan, dikarenakan banyak orang yang membutuhkannya, seperti layaknya mahasiswa yang tidaklah bisa lepas dari tugas-tugas ataupun laporan yang berupa hard copy.

Ini adalah peluang untuk bisa mendirikan jasa printing, baik itu print tugas sesama mahasiswa ataupun jasa print untuk orang umum. Jasa printing ini bisa dibuka pada tempat tinggal, seperti misalnya di rumah, kost ataupun kontrakan kita.

Bahkan dengan jasa printing ini bisa dijadikan rintisan bisnis untuk nantinya dikembangkan jadi bisnis percetakan yang akan lebih besar setelah lulus kuliah.

Bisnis sampingan mahasiswa berupa Bisnis kaos yang sedang jadi tren bisnis anak muda saat ini, jadi banyak sekali bermunculan distro. Hal tersebut adalah kesempatan untuk bisa ikut meramaikannya, tapi dalam bisnis ini mahasiswa sendiri dituntut kreatifitasnya.

Untuk dapat memulai bisnis, kita haruslah memiliki hubungan yang baik dengan konveksi maupun sablon. Kemudian kita dituntut kreatifitasnya dalam membuat desain kaos yang keren untuk dijual. Semakin keren dari desainkita, semakin banyak juga orang yang membelinya.

Bisnis sampingan mahasiswa berupa Bisnis jasa pembuatan toko online adalah bisnis sampingan yang sangat cocok untuk para mahasiswa IT. Jasa yang ditawarkan ini berhubungan dengan mata kuliah yaitu pemrograman web, sehingga mahasiswa itu dapat cari uang sekaligus bisa mempraktikkan materi yang mereka dapatkan di bangku kuliah.

Bisnis online tersebut sangat ramai karena memang mempunyai keuntungan finansial yang cukup besar. karena saat ini banyak sekali orang yang menjual barangnya secara online. Jadi toko online dengan tampilan elegan, akan bisa menambah kepercayaan calon pembeli.

Sebenarnya masih banyak bisnis sampingan mahasiswa yang bisa menginspirasi mahasiswa dalam berkreasi dan meraup uang. Misalnya saja alih aksara, artistik, alih bahasa, broadcaster radio, EO, komikus, marketing, surveyor, pengajar, seorang teknisi komputer, dan lain-lain.

SHARE
Founder sekaligus content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia teknologi, startup dan science. Kebahagiaan terbesar adalah ketika bisa berbagi dan memberikan solusi untuk sesuatu yang bermanfaat, itulah modal terbesar dalam membangun sebuah startup.

LEAVE A REPLY