Baca Juga :

Buka Usaha Ternak Ayam kampung – Ada banyak jenis ternak ayam seperti ayam potong, ayam petelur maupun ayam kampung. Berbeda dengan harga ayam potong yang sering mengalami fluktuasi, harga ayam kampung relatif lebih stabil. Hal inilah yang menyebabkan ternak ayam kampung jauh lebih menguntungkan daripada ternak jenis ayam lainnya.

Berapakah modal awal untuk ternak ayam kampung? Untuk buka usaha ternak ayam kampung  modal awal sebesar Rp 13.900.000. Modal awal ini dibuat untuk menyewa kandang Rp 2.500.000, bibit ayam kampung Rp 3.000.000, pemanas ayam Rp 800.000, perlengkapan kandang Rp 1.100.000. Selain itu modal yang tersedia juga digunakan untuk membiayai biaya operasional untuk 30 hari kedepan.

Berapa modal buka usaha ternak ayam kampung?

Dibandingkan dengan ayam potong, tekstur ayam kampung lebih kenyal dan rasanya juga jauh lebih gurih. Itulah kenapa harga daging ayam kampung jauh lebih mahal dari ayam potong biasa. Karena dagingnya yang lebih gurih, ayam kampung lebih banyak diminati oleh masyarakat. Inilah yang menyebabkan permintaan ayam kampung terus meningkat setiap saat.

Ternak ayam kampung merupakan salah satu usaha rumahan yang bisa diandalkan. Asal dijalankan dengan bersungguh-sungguh, ternak ayam kampung bisa menjadi sumber penghasilan anda. Untuk membuka usaha ternak ayam kampung, anda akan memerlukan modal awal untuk berbelanja berbagai macam keperluan seperti di bawah ini:

Nama item Harga Total
Sewa kandang Rp 2.500.000  
Bibit ayam kampung Rp 3.000.000  
Alat makan minum ayam Rp 600.000  
Terpal Rp 500.000  
Alat pemanas ayam Rp 800.000  
Jumlah   Rp 7.400.000

Biaya operasional dalam sebulan:

  • Pakan ayam jenis starter Rp 5.500.000
  • Obat dan vaksin Rp 500.000
  • Air dan listrik Rp 500.000
  • Jumlah semua Rp 6.500.000

Dimana lokasi strategis usaha ternak ayam?

Jika anda ingin menjalankan usaha ternak ayang kampung dengan serius, maka segalanya harus diperhitungkan dan direncanakan dengan baik. Lokasi terbaik untuk usaha ternak ayam kampung adalah di daerah yang jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini disebabkan kotoran ayam yang kadang bisa menimbulkan bau yang kurang sedap.

Kunci sukses dalam budidaya ayam kampung terletak pada kualitas bibit ayam yang dipelihara. Dalam hal ini anda sebaiknya membeli bibit ayam kampung super terbaik dari supplier DOC ayam kampung yang ada. Perlu diketahui bibit ayam kampung yang baik adalah bibit yang cepat besar dalam waktu yang singkat.

Ternak ayam kampung harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan ketelitian. Perawatan ayam kampung sebenarnya tidak terlalu sulit. Selain harus memperhatikan suhu dan kebersihan kandang, pemberian makan yang baik dan teratur sudah menjadi keharusan. Selain itu tempat makan ayam harus dibesihkan secara berkala agar tidak menjadi sumber penularan penyakit.

Sama seperti jenis ayam lainnya, ayam kampung juga mudah terserang  berbagai macam penyakit. Untuk mencegah serangan penyakit, semua ayam harus diberi obat dan vaksin secara berkala. Perlu diketahui dalam dunia peternakan ayam, pemberian obat dan vaksin sudah menjadi suatu keharusan. Hal ini penting karena penyakit pada ayam kampung bisa menular dengan cepat.

Usaha budidaya ayam kampung merupakan salah satu usaha dengan modal yang fleksibel. Jika modal terbatas, anda bisa membuka ternak ayam kampung skala kecil terlebih dahulu dengan peralatan seadanya. Seiring dengan meningkatnya permintaan dan tingginya harga daging ayam kampung, usaha ternak ayang kampung anda akan cepat menguntungkan.

Baca Juga :