Baca Juga :

Usaha Sampingan – Apakah anda sedang membutuhkan uang? Apakah anda merasa bahwa pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga? Bila jawabanya adalah “ya”, anda berada di halaman yang tepat. Dalam kesempatan ini kita akan bahas tentang peluang usaha sampingan yang paling menguntungkan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa kebutuhan hidup terus meningkat setiap saat. Di lain sisi gaji yang kitra terima jumlahnya tetap tanpa ada peningkatan yang berarti. Untuk mengatasi hal ini anda harus memutar otak agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Pentingnya memiliki usaha sampingan

Memiliki penghasilan rutin bulanan sangat penting agar kita bisa mensupport kebutuhan keluarga. Nah, bila pendapatan rutin bulanan dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan keluarga, anda memerlukan usaha sampingan.

Dengan memiliki usaha sampingan, ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapat yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dengan memiliki usaha sampingan, anda bisa memiliki pendapatan tambahan yang bukan saja bisa untuk mencukupi kebutuhan keluarga, tetapi juga untuk di tabung.
  • Dengan mengelola usaha sampingan, waktu anda menjadi lebih produktif.
  • Semua usaha berpeluang menjadi maju dan besar. Bila usaha sampingan sudah berkembang, anda bisa resign dari kantor dan lebih fokus pada bidang usaha yang sudah ada. Anda bisa menjadi bos di perusahaan yang anda miliki.
  • Bila usaha sudah semakin maju, anda dipastikan harus mempekerjakan banyak orang. Dengan memiliki usaha sendiri kita bisa membantu banyak orang di sekitar kita.

Cara membuka usaha sampingan

Memulai sesuatu yang baru memang tidak mudah. Apalagi membuka usaha yang sebelumnya kita tidak pernah melakukannya.

Seseorang yang akan memulai suatu usaha biasanya akan dihantui oleh banyak pertanyaan. Bagaimana cara untuk mendapatkan bahan baku, cara promosi dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

Tidak ada jawaban yang tepat untuk menjawab semua pertanyaan tersebut kecuali anda menjalaninya sendiri. Jadi jangan terlalu banyak berandai-andai karena akan semakin membuat anda merasa ragu untuk memulai usaha.

Ketika sebuah usaha sudah dimulai, pasti akan menghadapi banyak masalah dan tugas kita adalah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Tekad dan keinginan besar adalah modal utama untuk memulai suatu usaha. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan jenis usaha yang akan dijalankan.

Selanjutnya adalah mengamati kondisi pasar dan lingkungan sekitar. Bila sudah ada yang menjalankan bisnis serupa, jangan takut. Amati, tiru dan perbaiki kekurangannya.

Berbicara tentang jenis usaha sampingan, ada banyak peluang usaha yang bisa digarap. Untuk membantu anda melakukan brainstorming dan menentukan jenis usaha yang tepat.

15 jenis usaha sampingan

  1. Membuka toko online

Belanja online bukan saja mudah tetapi juga sangat menyenangkan. Itulah sebabnya kenapa belanja di internet menjadi trend baru di masyarakat. Pertanyaannya adalah kenapa kita harus selalu menjadi konsumen?

Bukankah kita bisa juga menjadi penjual? Dengan menjual barang di internet anda akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Membuka toko online bisa dilakukan dengan mudah. Di era digital seperti sekarang membuka toko online bisa di lakukan oleh siapa saja. Meskipun anda tidak mengerti tentang cara membuat website anda bisa meminta seseorang untuk membuatkan website untuk berjualan.

Biaya membuka toko online jauh lebih murah daripada membuka toko konvensional. Sebelum membuka sebuah toko online, hal yang harus anda perhatikan adalah bagaimana mendapatkan supplier yang akan memasok barang.

Mencari supplier barang bukanlah pekerjaan yang susah karena banyak supplier online maupun offline yang siap mensupply barang kepada anda.

Semakin banyak jenis dan ragam barang yang di jual maka toko anda akan kelihatan semakin bonafit. Konsumen akan semakin percaya dan senang belanja karena banyak pilihan yang tersedia.

Konsekuensinya anda harus menyediakan banyak barang dengan modal yang lumayan besar. Bila anda tidak mau mengeluarkan banyak biaya cobalah cara dropship.

  1. Dropship

Berbeda dengan toko online biasa, pada system dropship anda tidak perlu melakukan stok barang. Artinya kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli barang yang akan dijual. Pada system ini kita akan menjual barang orang lain dan akan mendapatkan komisi untuk setiap barang yang bisa kita jual

Sistem dropship adalah cara paling mudah dan paling cepat untuk membuka toko online. Dalam system ini tugas kita hanya menjual saja.

Urusan lain seperti menyediakan barang, pembayaran, pengiriman barang dan lain sebagaianya semua akan diurus oleh pemilik dropship. Banyak orang yang memulai usaha online pertamanya dengan cara ini.

Sistem dropship merupakan cara paling mudah dan paling cepat untuk membuka toko online. Namun demikian system ini juga memiliki beberapa kelemahan.

Kita tidak memiliki kebebasan layaknya memiliki toko online sendiri. Artinya ada beberapa aturan yang ditetapkan oleh pemilik dropship yang harus dipatuhi.

  1. Membuat blog

Peluang usaha sampingan yang mudah dan bisa mendatangkan keuntungan yang tak terhingga adalah dengan membuat blog.

Ya benar, memiliki sebuah blog bisa menjadi sumber penghasilan sampingan yang sangat menjanjikan. Anda tidak usah khawatir tentang bagaimana cara membuat dan mengoperasikan sebuah blog.

Saat ini kita hidup dijaman modern dimana semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Membuat blog sekarang tidaklah sesulit dulu. Sekarang semua bisa dijalankan dengan otomatis. Selama ada bisa menulis artikel yang bermanfaat bagi orang lain anda sudah bisa membuat sebuah blog.

Lalu bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog? Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog. Biasanya pemilik blog akan mendapatkan penghasilan dari para pemasang iklan di blognya.

Blog yang memiliki kualitas bagus akan berkesempatan untuk berpartner dengan Google Adsense. Berpartner dengan Google akan meningkatkan pendapatan anda dari blog.

  1. Menjadi Youtuber

Peluang usaha sampingan yang saat ini sedang populer adalah menjadi youtuber. Ya benar, sudah banyak orang sukses dengan cara menjadi youtuber. Penghasilan mereka besar dan bisa merubah hidup mereka.

Mereka menjadi terkenal dan menjadi seperti artis nasional. Apakah anda bisa seperti mereka? Jawabanya adalah bisa, sangat bisa.

Siapa saja bisa menjadi seorang youtuber yang sukses asalkan anda kreatif, telaten dan pantang menyerah. Caranya adalah membuat video yang menarik untuk selanjutnya diupload ke Youtube.

Nah, bila anda memiliki banyak video yang bagus dan disukai oleh banyak penonton maka jumlah pengunjung dan pelanggan anda akan meningkat.

Bila jumlah pengunjung dan pelanggan sudah mencapai angka tertentu, anda bisa mengajukan diri untuk bekerja sama dengan youtube. Dalam hal ini anda harus melakukan pengajuan diri. Secara resmi proses pengajuan ini hanya memerlukan waktu satu bulan saja.

Namun dalam prakteknya karena alasan tertentu, pihak Youtube akan menjawab aplikasi anda lebih lama lagi. Ada seorang youtuber yang statusnya di gantung selama setahun lebih.

Artinya chanelnya sudah memenuhi syarat untuk dipasangi iklan tetapi pihak Google belum memberikan keputusan. Menjadi youtuber harus benar benar sabar dan tahan banting.

  1. Usaha PPOB

Layanan jasa penjualan pulsa, token listrik dan ppob memang sudah banyak dilakukan. Tapi pernahkan anda perhatikan kalau sebenarnya mereka tidak pernah sepi konsumen?

Artinya, kebutuhan seperti pulsa, token listrik,dll adalah kebutuhan pokok yang tidak dapat ditunda. Semua orang memerlukan pulsa dan token listrik.

Jadi bila anda menjual token listrik dan pulsa sudah dipastikan akan laku dan untung. Perlu diketahui bahwa pulsa, token listrik, tiket dan lain lain adalah barang yang tidak bisa basi. Bila tidak bisa menjualnya sekarang, anda tidak akan rugi karena masih bisa menjualnya lagi nanti.

Memang usaha seperti ini tidak bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Dalam setiap kali transaksi keuntungan yang didapat hanya sedikit. Meski demikian bila anda bisa melakukan banyak transaksi dalam sehari.

Hasilnya akan menjadi besar juga. Harap diingat bahwa anda tidak memerlukan biaya apapun dalam menjalankan bisnis ini

Untuk jualan pulsa, token listrik dan tiket yang anda perlukan adalah sebuah ponsel. Akan lebih baik bila memiliki android. Kalau tidak punya, ponsel biasa yang bisa digunakan untuk mengirim SMS pun sudah cukup.

Untuk bisa menjual pulsa dan token listrik anda harus bergabung dengan distributor yang saat ini sudah bisa dengan mudah ditemukan.

  1. Toko kelontong atau warung sembako

Bila anda memiliki tempat yang terletak di lokasi strategis seperti dekat keramaian atau permahan penduduk, membuka warung sembako atau toko kelontong bisa menjadi pilihan utama.

Bisnis ini termasuk salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan, asalkan ditekuni bisnis warung kelontong bisa manjadi sumber penghasilan sampingan yang lumayan

Toko kelontong atau warung sembako kelihatan sepele. Tapi bisnis seperti ini adalah bisnis yang tidak ada matinya dan memiliki potensi kerugian yang sangat minim. Karena yang dijual adalah kebutuhan sehari-hari, maka barang sudah pasti laku dan terjadi perputaran uang yang sangat cepat.

Warung sembako dan toko kelontong masuk dalam kategori bisnis retail. Bisnis retail terkenal sebagai bisnis yang tahan banting. Apapun yang terjadi baik harga naik ataupun harga turun pemilik toko kelontong akan selalu untung. Bahkan ketika krisis ekonomi 98 terjadi, bisnis retail salah satu bisnis yang relatif tidak tersentuh.

Banyak ahli berpendapat bahwa usaha retail adalah usaha paling aman. Meski demikian bisnis jenis ini memerlukan modal yang lumayan besar terutama dalam tahap awal.

Bila usaha sudah berjalan, anda akan mudah mengelola modal yang ada untuk berputar dan menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Untuk membuka sebuah warung sembako, langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih lokasi. Semakin strategis lokasinya, maka prospeknya semakin bagus. Pemilihan lokasi ini erat kaitanya dengan calon konsumen.

Langkah selanjutnya adalah memilih supplier yang bisa menawarkan harga yang paling murah. Dengan mendapatkan supplier dengan harga murah, anda bisa menjual ke konsumen dengan harga yang lebih rendah dari kompetitor. Perlu diketahui bahwa persaingan bisnis retail sangat ketat karena semua orang bisa menjalankan bisnis ini.

Dengan menawarkan harga sedikit lebih murah dari competitor, dipastikan konsumen akan berbelanja ke toko anda. Pelayanan juga menjadi salah satu faktor penting dalam menggaet konsumen.

Anda harus ramah dan bersifat melayani. Usahakan konsumen puas dengan barang yang dibeli maupun puas dengan pelayanan yang diberikan.

  1. Bisnis kuliner

Peluang usaha sampingan berikutnya yang tidak kalah menarik adalah bisnis kuliner. Semua orang pasti memerlukan makan. Menjual makanan pasti laku bila lokasi berjualannya strategis.

Pernahkah anda perhatikan bahwa semua warung makan baik yang besar maupun yang kecil selalu ramai pengunjung khususnya ketika jam makan telah tiba?

Hal ini membuktikan bahwa bisnis kuliner memang sangat menjanjikan. Bisnis yang satu ini bisa mendatangkan keuntungan besar. Untuk bisa menjalankan bisnis ini akan lebih baik bila anda bisa memasak.

Namun demikian hal ini bukanlah sesuatu yang mutlak. Anda bisa belajar/kursus memasak atau mempekerjakan orang lain yang pintar memasak.

Persentase keuntungan dari bisnis kuliner bisa dibilang sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena anda membeli bahan baku dan mengolahnya lalu menjualnya dalam bentuk makanan jadi.

Anda bisa menentukan sendiri berapa persen keuntungan yang harus anda dapatkan. Namun demikian untuk tahap awal jangan mengambil keuntungan terlalu besar.

Sama seperti bisnis retail, bisnis kuliner berupa warung dan rumah makan mempunyai tingkat kompetisi yang tinggi.

Perhatikan warung/rumah makan di sekitar anda. Amati kekurangannya dan berikan nilai tambah kepada konsumen.

Anda harus jeli melihat peluang. Banyaknya warung makan yang sudah ada, bukan merupakan suatu halangan yang berarti.

Buatlah rumah makan/warung anda berbeda baik dalam hal makanan yang dijual, tempat, cara penyajian, rasa dan masih banyak lagi lainnya. Pokonnya buat pelanggan puas dengan nilai tambah yang diterima.

  1. Jajanan kekinian

Bila ada lokasi yang strategis seperti dekat perumahan, lingkungan sekolah, tempat kost, kampus atau jalan raya besar, menjual jajanan atau kuliner kekinian bisa menjadi pilihan. Jaman sekarang adalah jamannya media sosial. Makanan jenis baru dan kekinian sangat digemari dan cepat viral.

Untuk menjual jajanan/kuliner kekinian anda harus kreatif membuat dan menciptakan jajanan/kuliner baru yang belum ada di tempat anda.

Bila anda kesulitan menciptakan makanan baru yang menarik, anda bisa mencari ide di internet atau di youtube. Ada banyak ide makanan kreatif yang bisa anda dapatkan di internet maupun di youtube.

Besar kemungkinan ada jenis makanan kreatif tertentu yang sedang populer di daerah lain tetapi belum tersedia di tempat anda. Ini merupakan peluang besar. Bila makanan tersebut dijual laris di tempat lain, kemungkinan besar juga akan disukai di tempat anda.

Perlu diingat bahwa bisnis jajanan/kuliner kekinian biasanya bersifat sesaat. Bila sudah banyak yang meniru atau konsumen sudah mulai bosan biasanya omzet akan menurun.

Oleh karena itu anda harus berusaha menjadi orang yang pertama menjual jajanan tersebut. Bila omzet sudah mulai menurun, cari ide baru lagi, begitu seterusnya.

  1. Bimbingan belajar

Salah satu peluang usaha sampingan yang sangat menggiurkan adalah bisnis bimbingan belajar. Ya, benar bisnis bimbingan belajar merupakan bisnis yang tidak pernah ada matinya.

Semua orangtua pasti menginginkan anaknya pintar dan memiliki nilai bagus disekolah. Para orang tua tak akan segan mengeluarkan uang agar anaknya pintar.

Bisnis bimbingan belajar bisa dimulai dari skala kecil di perkampungan maupun menyewa tempat yang metereng di pusat keramaian.

Bila modal anda terbatas mulailah dengan melakukan bimbingan belajar di lingkungan anda tinggal. Untuk sementara peserta bisa anak tentangga atau saudara.

Dengan berjalannya waktu tempat bimbingan belajar anda akan mulai dikenal. Nah, bila sudah dikenal banyak orang, anda sudah harus mencari tahu bagaimana mendaftarkan lembaga bimbingan belajar di departemen pendidikan setempat.

Perlu diketahui bahwa bimbingan belajar sangat diperlukan. Bukan saja karena banyak orang tua yang sibuk dan tidak bisa menyisihkan waktunya untuk belajar bersama anak, tetapi juga karena materi belajar anak sekarang sudah berbeda dengan materi yang dipelajari orang tuanya.

Untuk kurikulum dan materi bimbingan belajar, anda bisa mencarinya di internet. Bila mempunyai keluarga atau teman yang berprofesi sebagai guru, ajak bergabung juga sehingga anda bisa bertanya tentang kurikulum pendidikan terbaru.

  1. Les bahasa Inggris

Di era global seperti sekarang kemampuan bahasa inggris seseorang berperan besar dalam kemajuan karir seseorang. Saat ini minat belajar bahasa inggris masyarakat sedang meningkat. Banyak orang dewasa maupun anak-anak yang ingin menguasai bahasa pergaulan internasional ini.

Nah, bagi anda yang bisa berbahasa inggris, ini merupakan peluang untuk berbagi ilmu dan mendapatkan penghasilan. Anda bisa membantu anak sekolah belajar bahasa inggris atau membantu orang dewasa yang ingin belajar bahasa Inggris.

Les bahasa Inggris bisa dimulai dari lingkungan tempat anda tinggal. Bila sudah ramai pesertanya baru pindah ke tempat yang lebih strategis. Lebih untung lagi bila tempatnya sudah milik sendiri.

Tidak usah yang muluk-muluk dan memerlukan modal besar. Cukup beli beberapa meja dan kursi, memasang spanduk dan selebaran, kita sudah bisa menerima siswa baru

Untuk di daerah atau lokasi yang agak pinggir, penyedia kursus bahasa inggris masih sangat minim. Jadi peluang bisnis masih terbuka lebar.

Bisnis kursus bahasa inggris tidak akan rugi. Taruhkan siswa yang datang tidak seberapa, anda tidak akan rugi apa-apa karena anda tidak menjual barang tetapi jasa.

Untuk bahan dan kurikulum kursus bisa menyesuaikan dan bisa dicari di internet. Seiring berjalannya waktu, bila usaha sudah semakin maju dan jumlah peserta kursus suah semakin banyak, anda harus merekrut tutor baru dan membuat lembaga kursus anda menjadi resmi.

  1. Menjadi penulis artikel

Di era modern seperti sekarang peluang usaha sampingan sangat beragam jenisnya. Dengan semakin majunya teknologi ada banyak website baru yang bermunculan di internet.

Situs-situs tersebut bukan saja merupakan situs peribadi saja, tetapi juga merupakan situs bisnis dan UKM yang ingin mempromosikan bisnis dan produknya di dunia maya.

Sebuah website baik itu situs pribadi apalagi situs milik perusahaan atau UKM harus selalu mengupdate websitenya dengan artikel-artikel terbaru dan menarik.

Hal ini penting agar web tetap menarik dan dikunjungi oleh banyak orang. Pemilik web khususnya kalangan bisnis dan pemilik UKM sudah pasti tidak sempat menulis artikel sendiri.

Mereka biasanya akan mempekerjakan seorang penulis artikel atau membeli artikel dari penyedia jasa penulis artikel.

Ini adalah peluang besar bagi siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan dari menulis artikel. Semua orang bisa menjadi penulis artikel asal kreatif dan mau belajar.

Artikel yang bagus dan berkualitas selalu diminati. Asalkan masih ada internet dan ada website maka pekerjaan menulis artikel akan selalu ada.

Nah, untuk bisa menulis artikel yang baik tentunya anda harus banyak belajar. Pada tahap awal mungkin artikel anda akan dihargai sewajarnya saja.

Seiring dengan meningkatnya keterampilan anda menulis harga perkata, artikel anda juga akan meningkat dengan sendirinya.

Saat ini ada banyak perusahaan penyedia artikel yang siap mempekerjakan anda sebagai penulis lepas.

Bagi anda yang mahir berbahasa Inggris, anda bisa menulis artikel bahasa inggris dan menjualnya. Harga artikel bahasa inggris tentunya lebih mahal dari artikel bahasa indonesia.

Bila kemampuan menulis bahasa inggris anda sangat bagus, anda bisa bergabung dengan situs penulis luar negeri.

  1. Warung kopi

Kegiatan berkumpul bersama teman dan relasi di warung kopi memang sangat menyenangkan. Ngopi di warung kopi merupakan cara bersosialisasi yang sudah ada sejak dulu. Dengan dengan memiliki sebuah warung kopi, anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan.

Dengan memasang free wifi, pengunjung warung kopi akan semakin puas. Banyak anak muda yang sengaja datang ke warung kopi untuk berselancar didunia maya melalui gadget yang dibawanya.

Memang saat ini sudah banyak warung kopi yang memiliki layanan wifi secara gratis. Bila anda perhatikan jumlah pengunjung selalu ramai. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis ini memang sangat menguntungkan.

Membuka bisnis warung kopi bisa dilakukan oleh siapa saja karena memang tidak memerlukan keahlian khusus. Kopi dan minuman yang dijual juga sangat mudah di dapat.

Banyak jenis minuman sachet yang tersedia. Untuk membuat minuman tampil beda, anda bisa berkreasi membuat minuman baru yang akan menjadi daya tarik tersendiri.

Saat ini keberadaan free wifi untuk sebuah warung kopi sudah menjadi suatu keharusan. Pengadaan wifi memang terasa agak mahal khususnya pada tahap awal pembangunannya. Setelah Wifi terpasang dan pengunjung banyak yang datang, anda akan merasakan betapa manisnya bisnis ini.

  1. Jajanan dan mainan anak

Bila lingkungan anda banyak anak kecil atau dekat dengan sekolah, usaha sampingan berupa menjual jajanan dan mainan anak bisa menjadi pilihan utama.

Ada banyak jenis jajanan anak sehat yang bisa anda jual seperti sosis bakar, kentang spiral, dan masih banyak lagi lainnya. Menjual jajanan anak bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Hal yang sama juga terjadi bila anda berjualan mainan anak. Semua anak suka mainan. Mereka suka merengek meminta mainan kepada orang tuanya.

Ini merupakan peluang besar bagi anda untuk mendapatkan keuntungan berlimpah dari menjual aneka jenis mainan anak.

  1. Hobi dan ketrampilan

Semua orang pasti memiliki keterampilan dan keahlian dalam bidang tertentu. Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut sebagai sumber penghasilan.

Bagi yang pintar membuat kue, bisa berjualan kue. Jika pintar memaninkan alat musik, anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari memberikan les gitar, piano dsb.

  1. Menjadi freelancer

Bila mempunyai keterampilan khusus seperti desain, web development, software development dll, anda bisa dengan mudah mendapatkan uang dengan bekerja sebagai tenaga freelance untuk bidang keahlian yang anda miliki.

Saat ini ada banyak situs freelance baik dalam negeri maupun luar negeri yang siap mempekerjakan anda.

Di Jaman modern seperti sekarang tidak sulit untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada banyak peluang usaha sampingan yang tersedia. Bila anda tekun dan rajin bisa jadi penghasilan dari usaha sampingan anda melebihi dari pekerjaan utama anda.

Baca Juga :