Baca Juga :

Kata-Kata Promosi di Instagram – Menggunakan media sosial sebagai salah satu media promosi memang bukanlah hal yang asing saat ini. Bahkan tidak sedikit mereka yang menggunakan akun pribadinya sebagai media promosi.

 

Namun tidak sedikit pula yang membuat akun khusus untuk digunakan sebagai media promosi. Nah, berikut ini ada beberapa tips menulis kata-kata promosi di Instagram yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk promosi anda berikutnya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya untuk anda.

Sebelum melanjutkan ke butir-butir tips menulis kata-kata promosi di Instagram kita pahami dulu mengapa hal ini penting untuk anda baca dan juga anda pertimbangkan dalam promosi anda berikutnya di media sosial seperti Instagram.

  1. Menghindari tulisan yang kontroversial, seperti mengandung SARA atau hal-hal yang bersifat pribadi.
  2. Memaksimalkan media agar calon konsumen tertarik dengan produk anda.
  3. Membuat konsumen mempertimbangkan untuk menjadi pelanggan.
  4. Branding produk anda.

Nah, oleh karena itulah ada beberapa tips menulis kata-kata promosi di Instagram yakni sebagai berikut:

  1. Hindari konten yang memuat SARA dalam kata-kata promosi di Instagram. Pastikan kata-kata promosi anda bisa diterima setiap orang, tidak hanya untuk golongan tertentu saja meskipun pasar anda adalah untuk golongan tertentu.
  2. Tetap profesional dalam menggunakan akun bisnis Instagram anda dengan tidak mengaitkan kehidupan pribadi anda dengan bisnis anda. Kecuali memang anda berusaha mengandalkan kisah inspiratif anda untuk para pembaca sehingga tertarik dengan produk anda.
  3. Hindari singkatan kata, lakukan hal ini agar postingan anda lebih komunikatif dan mudah dipahami oleh calon konsumen anda. Sebagai tambahan pula, hindari typo. Cek berulang kali sebelum anda mempostingnya. Tentunya anda tidak ingin pembaca malah mengkoreksi kata-kata promosi di Instagram anda bukan?
  4. Gunakan bahasa yang umum sehingga dapat mudah dipahami oleh pengunjung. Ada yang juga mengatakan agar caption tulisan di Instagram tidak perlu terlalu banyak karena sudah pasti akan malas untuk dibaca.
  5. Sesuaikan caption atau tulisan kata-kata promosi di Instagram sesuai dengan foto atau video yang anda akan unggah. Kesesuaian ini akan menambah engagement atau ketertarikan pengguna Instagram dengan akun anda.
  6. Gunakan foto atau video yang menarik, tentunya karena di Instagram lebih mengutamakan foto dan video, maka itulah yang sebagai awal untuk anda tingkatkan terlebih dahulu. Hindari juga foto hasil mengunduh dari Google atau situs lainnya. Akan lebih baik jika anda menggunakan foto produk anda sendiri.
  7. Pilihlah tema untuk kata-kata promosi di Instagram yang menarik. Bisa berupa motivasi, joke atau humor hingga kasus tertentu yang dapat dikaitkan dengan produk anda. Dengan demikian calon konsumen dapat mengingat produk anda.
  8. Gunakan emoji. Anda bisa menggunakan tips ini karena memberikan gambaran emosi untuk caption atau kata-kata promosi di Instagram.
  9. Gunakan hashtag yang sesuai dengan produk anda, jangan terlalu banyak karena malah akan mengurangi ruang untuk anda menuliskan kata-kata promotif anda.
  10. Akhiri dengan kalimat tanya akan membuat hubungan anda dengan pembaca postingan anda lebih dekat. Seperti contohnya adalah “Bagaimana menurutmu? Apakah tertarik untuk mencobanya?” Dan jangan ragu untuk menjawab tanggapan mereka dengan sebaik mungkin.

Itulah ke 10 tips untuk menulis kata-kata promosi di Instagram terlihat sederhana memang, namun sebenarnya hal ini dapat berdampak sangat buruk apabila anda kurang memperhatikan isi dari postingan anda. Dan yang paling penting lainnya selain dari 10 tips diatas adalah bagaimana anda kemudian menanggapi mereka yang merupakan pembaca dan juga calon konsumen anda ketika mereka memberikan komentar.

Tentunya anda harus lebih kooperatif, mulai dari bagaimana menerima kritik dan saran, menerima pujian dan juga bahkan ketika harus menerima sesuatu yang tidak layak untuk dibaca seperti berupa ejekan dan yang lainnya.

Maka tidak salah memang jika pekerjaan seorang admin merupakan pekerjaan yang cukup sulit dimana semuanya menuntut kecepatan dan ketepatan informasi yang ada. Semoga dari 10 tips menulis kata-kata promosi di Instagram diatas tersebut anda bisa mempertimbangkan banyak hal sebelum posting di internet khususnya untuk bisnis anda.

Baca Juga :