Baca Juga :

Mencari peluang usaha baru merupakan cara terbaik untuk mencari tambahan penghasilan. Apalagi di tengah kesulitan ekonomi yang mungkin sedang anda hadapi saat ini, membuka usaha baru dapat menjadi solusi. Nah, berbicara soal peluang usaha, tidak sedikit peluang yang bisa anda masuki sebenarnya. Jenisnya pun bervariasi, mulai dari yang online hingga yang offline.

Dalam mencari peluang usaha baru, ada beberapa hal yang tentunya menjadi dasar pertimbangan anda ya. Salah satunya mungkin modal. Selain modal, ada apa lagi sih pertimbangan-pertimbangan lainnya? Nah, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas seputar tips bagaimana mencari peluang usaha baru untuk pemula.

1. Amati lingkungan sekitar anda

Tips mencari peluang usaha baru yang pertama adalah dengan mengobservasi lingkungan sekitar Anda. Apa saja yang perlu anda observasi, cari atau amati dari lingkungan sekitar Anda?

Pertama, masalah yang ada di lingkungan sekitar anda.

Misalnya: sulitnya mencari depot air minum. Nah, Anda dapat menjadikan hal tersebut landasan dalam membuka usaha depot air minum baru di lingkungan anda.

Kedua, potensi yang ada di lingkungan anda.

Misalnya: jika anda tinggal di tengah sentra pembudidayaan ikan, anda dapat membuka usaha pengolahan ikan menjadi bentuk makanan siap saji seperti nugget atau jenis lain misalnya.

Hal ini akan sangat menguntungkan anda. Karena anda berada di tengah produsen yang siap memasok bahan baku untuk usaha anda.

2. Ubah hobby jadi money

Terdengar klise memang, tapi tidak sedikit lho yang berhasil mengubah hobby menjadi sumber penghasilan baru. Anda juga bisa mencoba tips yang satu ini dalam mencari peluang usaha baru, hobi menyanyi atau membuat kerajinan seperti bros dapat menjadi sumber penghasilan baru yang profitable untuk anda.

Hobi lain yang cukup menarik untuk dikembangkan menjadi usaha adalah hobi yang erat kaitannya dengan kehidupan saat ini, yakni hobi yang berhubungan dengan teknologi.

Sebenarnya, jika anda mau, hobi bermain game pun bisa lho jadi usaha baru yang menguntungkan, dengan bantuan platform platform digital yang ada.

Anda yang hobi memasak atau berjualan hasil kerajinan tangan juga dapat memanfaatkan hobi anda ini menjadi peluang usaha baru. Anda bisa memanfaatkan e-commerce yang ada untuk memasarkan produk-produk hasil hobi anda.

Menarik bukan? Kita juga tentu akan lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis karena bisnis ini berasal dari hal yang kita sukai dan sering lakukan.

3. Adopsi bisnis yang sudah berhasil berkembang di kota lain

Jadi begini, dalam mencari peluang usaha baru, sah-sah saja kok mengadopsi bentuk atau ide usaha yang sudah berhasil dijalankan. Akan lebih pas lagi jika anda mengadopsi kemudian memodifikasi bisnis tersebut sehingga dapat sesuai dengan target market anda.

Mudahnya kita dapat melakukan sistem ATM yakni amati, tiru dan modifikasi peluang bisnis tersebut.

Nah dengan mengadopsi bisnis yang sudah sukses berjalan di kota lain, harapannya dapat menuai hasil yang sama suksesnya saat dicoba di daerah anda.

Tugas anda semakin mudah, karena anda sudah mendapatkan ide dasar dan perkiraan biaya yang menyertai. Anda hanya perlu melakukan modifikasi pada usaha tersebut agar nantinya dapat sesuai dengan target market anda.

4. Cari peluang usaha dari pengalaman anda

Kalau ada pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik, hal tersebut sepertinya cocok sekali kita gunakan untuk acuan mencari peluang usaha baru.

Misalnya begini, anda yang mungkin pernah memiliki pengalaman menjadi seksi usaha dana di kegiatan kampus, dapat coba menjalankan bisnis yang pernah ada coba saat menjadi panitia.

Kita ambil contoh begini; jika anda pernah berjualan barang-barang preloved yang masih bagus untuk acara kampus, mengapa peluang usaha baru tersebut tidak anda coba jalankan lagi sekarang? dan masih banyak lagi pengalaman yang anda miliki dan dapat anda manfaatkan untuk membangun bisnis baru anda.

Nah, itu tadi beberapa tips mencari peluang usaha baru untuk pemula yang semoga dapat memberikan sedikit informasi dan gambaran untuk anda yang saat ini sedang mencari peluang usaha. Semoga artikel ini dapat membantu ya! Selamat mencoba!

Baca Juga :