Influencer Kuliner Instagram – Memilih Instagram sebagai media mempromosikan bisnis anda memang merupakan salah satu keputusan yang tepat. Apalagi jika bisnis anda merupakan bisnis baru yang butuh exposure yang banyak di Instagram.

Sebagai Influencer, tugas mereka adalah memberikan exposure produk anda, “mempengaruhi” para followers atau siapapun yang meliihat postingannya, sedangkan tugas anda, adalah mencari influencer yang pas dan cocok untuk jenis bisnis anda.

Sebenarnya, kita bisa menggunakan jasa para influencer ini di hampir semua ranah bisnis, tidak terkecuali bisnis kuliner. Jika anda perhatikan, bisnis kuliner memang menjadi kedua ter ramai setelah produk-produk kecantikan yang banyak dijajakkan di Instagram.

Hal ini tentunya bukan tanpa sebab, karena seperti pepatah bilang, dari mata turun ke hati, orang cenderung akan lebih mudah tertarik pada sesuatu (dalam hal ini makanan) setelah melihat foto-foto atau gambar terlebih dahulu.

Nah berbicara soal memilih influencer kuliner instagram untuk bisnis anda, apa saja kiranya tips-tips yang bisa anda coba dalam meng-hire atau menggunakan jasa influencer ini? check it out..

1. Pilih yang memang sesuai dengan produk kuliner anda

Jadi begini, tipe influencer itu ada banyak sekali dan dapat dibedakan menurut spesialisasinya. Beberapa contoh diantaranya seperti beauty enthusiast atau yang biasanya sangat cocok untuk produk-produk make up, traveller untuk promo tempat-tempat wisata, dan food enthusiast yang tentu cocok untuk bisnis kuliner anda.

Mengapa kita perlu mencari yang sesuai dengan bisnis kita? Tentu saja agar anda bisa mendapat tingkat engagement yang lebih tinggi.

Atau sebagai strategi begini, terkadang para pebisnis menggunakan jasa influencer umum untuk mempromosikan makanannya atau bisnis kulinernya dengan dalih “yang penting followersnya banyak”, sebenarnya juga tidak salah, namun hal ini semacam gambling karena anda tentu tahu bahwa target audiensnya random.

Jika anda memilih influencer kuliner yang memang sudah bergerak di bidang tersebut, anda akan dengan mudah menemukan target audiens anda dan kesempatan untuk mendapat engagement yang tinggi juga meningkat.

2. Pilih yang aktif berinteraksi dengan followers

Tips kedua dalam memilih influencer kuliner instagram adalah pilih yang aktif berinteraksi dengan followers mereka. Bagaimana cara mengetahuinya? Lihat di postingan-postingannya. Jika di postingan mereka terdapat lebih banyak likes mungkin ratusan bahkan ribuan namun yang komen sedikit, jangan dipilih.

Pilihlah inluencer kuliner yang memiliki rasio komen dan likes banyak, karena hal itu berarti followers mereka aktif dan mau berinteraksi. Jika followers mau diajak berinteraksi, berarti kesempatan untuk mempengaruhi juga semakin tinggi.

3. Lihat feednya, apakah dia sering posting?

Jadi begini, anda akan lebih diuntungkan jika influencer kuliner yang anda pilih jarang posting, atau dibatasi maksimal 3 lah dalam sehari. Mengapa? Followers akan happy jika menemukan postingan baru dari idolanya tersebut, dan hal itu akan membuat semakin tinggi juga kesempatan produk anda untuk dilihat.

Semakin banyak postingan yang dibuat dalam sehari, semakin tenggelam produk anda. Jadi, sebelum meng-hire, usahakan anda menanyakan tentang berapa postingan maksimal yang biasanya diposting dalam sehari.

4. Lihat produk sebelumnya, bagaimana kualitas promosi sang influencer?

Tips keempat dalam memilih influencer kuliner instagram adalah lihat dulu produk-produk sebelumnya yang sudah pernah ia posting. Lihat the way he/she promoted it.

Bagaimana cara dia mempromosikan produk tersebut, apakah masih mainstream dengan caption copas yang biasa kita lihat macam iklan pelangsing tubuh, atau berisikan caption menarik yang kreatif? Nah, hal ini perlu anda pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk menghire

influencer tersebut.
5. Tarif

Anda tentu tidak akan tekejut lagi jika menemukan influncer kuliner memasang tarif jutaan untuk sekali promosi. Namun bagi anda yang memiliki dana terbatas, jangan khawatir karena anda bisa juga menggunakan jasa micro influencer yang mungkin tarifnya tidak semahal para influencer besar.

Jangan ragu untuk menggunakan jasa micro influencer karena mereka juga rata-rata memiliki followers ribuan dan engagement yang tidak kalah bagus.

Jadi itu tadi beberapa tips memilih influencer kuliner instagram yang bisa anda coba terapkan dalam memilih influencer kuliner. Semoga artikel ini dapat membantu ya!