Bisa dibilang jika membuat caption jualan online tidak mudah. Terlebih, untuk bisnis yang hanya bermodal Instagram. Memang, jika sudah memiliki banyak followers, maka Anda hanya perlu menuliskan keterangan barang pada captionnya. Namun, untuk yang baru saja berkecimpung pada bisnis di Instagram, maka  membuat caption harus lah yang unik dan mengundang attention dari banyak pengguna.

Kalimat yang tersusun dengan baik tentu saja bisa menghipnotis orang yang membacanya. Sehingga, calon konsumen akan semakin yakin membeli produk yang Anda tawarkan. Banyak kata-kata ajaib yang bisa membuat caption jualan online menjadi lebih menarik. Pun, ada tips agar caption lebih “menjual”. Keep scrolling untuk dapatkan info selengkapnya!

  1. Mencari Tahu Segmen Pasar

Dalam caption jualan online, kata panggilan untuk followers sangat penting, lho! memberikan panggilan khusus pada mereka akan membuatnya merasa lebih dekat. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa panggilan sesuai dengan segmentasi pasar yang dituju.

Selanjutnya, definisikan gender dari orang yang akan menggunakan produk Anda. Bisa laki-laki ataupun perempuan. Sehingga, Anda tidak akan memanggil pelanggan dengan kata yang salah.

Untuk barang-barang kekinian dengan target market remaja dan kaum milenial, sila gunakan kata “Sis, Bro, Gais, dan sebagainya.” Nah, untuk produk dengan spesifikasi untuk gender tertentu, seperti baju pria, sebaiknya gunakan panggilan khusus untuk laki-laki seperti “Bro, Gan, dan sebagainya.”

  1. Membuat Persona

Tips membuat caption jualan online selanjutnya adalah dengan menentukan persona bagi brand yang akan dijual. Persona sendiri merupakan “pribadi” atas brand yang dijual. Dengan adanya persona maka Anda pun akan lebih mudah menemukan hal-hal menarik yang bisa ditulis.

Semisal ketika Anda menjual softlens dengan segmentasi perempuan, personanya adalah perempuan berusia 18 sampai 25 tahun yang lebih mementingkan penampilan. Sehingga, Anda pun dapat menemukan hal menarik untuk ditulis sebagai caption.

  1. Memerhatikan Kalimat Pertama

Instagram membatasi jumlah karakter pada bagian caption. Untuk itu, berikan penekanan pesan di awal kalimat. Sehingga, Anda pun dapat menulis sesuatu yang lebih menarik di permulaan caption.

Semisal “Sale di Bulan Agustus”, lalu bisa dilanjut dengan kalimat penjelas yang lain. Perhatikan juga panjang caption. Tuliskan hal-hal yang mengena saja. Untuk itu, make it short!

  1. Menggunakan Emoji Agar Caption Tambah Oke

Agar kalimat yang Anda susun menjadi semakin menarik, maka sematkan juga emoji di dalamnya. Gambar-gambar yang berwarna warni ternyata bisa lebih mudah menarik pengguna Instagram untuk membacanya. Emoji juga menjadi cara yang tepat dalam menunjukkan situasi yang sedang dirasakan. Pun, bisa menjadi brand personality dan mempercantik tampilan.

Namun, perlu Anda batasi juga penggunaan emoji, jangan sampai terlalu banyak. Sebab, emoji berlebihan justru akan mengganggu.

  1. Menulis Call to Action dengan Baik

Untuk membuat caption yang menarik, maka Anda juga bisa menambahkan call to action atau CTA. Adanya CTA bisa menggiring orang untuk melakukan interaksi sehingga akan bagus untuk engangement Anda.

CTA yang mudah diterapkan adalah dengan memakai kalimat tanya laiknya “Kalau menurumu gimana?” atau bisa juga dengan “Ada yang pernah mengalami ini?” Kalimat ini akan membuat pelanggan seakan ditarik ke dalam situasi pada caption yang Anda tuliskan. Namun, jangan hanya melempar pertanyaan saja, tanpa adanya respon dari Anda.

Related Post

Contoh Caption Jualan Online

Masih bingung dengan tips di atas? Baiklah, untuk menambah referensi Anda, berikut akan disertakan contoh caption jualan online. Jadi, tinggal Anda contek dan sesuaikan dengan kebutuhan dan brand Anda. Langsung saja, berikut contohnya:

“Apakah PC Anda terserang virus sementara tugas kantor menumpuk? Anda tidak punya waktu ke gerai service computer? Japri saja ke 0857 8655 ***** untuk dapatkan solusinya! Kami adalah jasa service komputer yang akan melayani dengan sepenuh hati. Kami akan datang ke rumah atau kantor Anda. Jadi, Anda tidak perlu capek-capek ke gerai kami.”

“Diskon 20% untuk semua item. Hanya untuk pembelian di bulan ini.”

“Kemilau Rambutmu Pesona Senyummu. Dapatkan produk-produk hair & oral care hemat hanya di @IndiApril selama bulan Juli.”

“Diskon produk Wardah hingga 50% + 20 ribu dan produk kecantikan favoritmu di farmaku.com hanya sampai tanggal 30 bulan ini.”

“Murah banget, Batik cap colet kualitas premium ready size M. Model pias flui lengan serut. Beli banyak harga grosir! Harga lusinan, kodian, chat WA di bio, ya! Order dan join grup di 0896 7272 ****.”

“PROMO PROMO PROMO. Harga khusus bulan Juli hanya 16 ribu per pcs. Segiempat voal basic tepi jahit. Merk Azara dan Umama. Bahan Katun Voal. Ukuran 110 x110. Warna lengkap super bagus. Buruan chat admin sekarang super adem pas dipakai. Harga murah kualitas premium sama dengan jilbab branded butik. Minimal beli 5 pcs dapat @15.000. Kodian harga @13 ribu.”

“Moms galau tidak bisa datang ke Mom & Baby Fair karena pandemi? Don’t worry, we got you covered. Yuk, ikut teman prenatal festival, virtual festival pertama untuk pregnancy & parenting di Indonesia. Moms bisa merasakan pengalaman datang dan belanja perlengkapan moms and baby.

Selain itu, ada banyak aktivitas seru yang bisa Moms ikuti seperti Live Sessions, Live Music, dan Live Demo Cooking. Fr tickets please visit @Moms&Kids and for more information, please visit www.Prepareprenatal.com.”

“Bagian dalam yang terbuat dari bahan kaos dan flanel. Jaket ini adem, lembut, dan nyaman digunakan. Bagian luarnya dari heavy taslan dengan kerapatan tinggi jadi waterproof. Dengan potongan dan desain yang keren akan buat kamu semakin pede. Pemesanan, chat ke 088 8262 ****.”

“Paling BEST SELLER! Lensa photocromic bisa berubah jadi gelap saat terkena matahari. Paling diburu setiap restock, kokoh, bisa ganti lensa, unisex. Harga Rp 125.000 saja. Free hardcase dan pembersih lensa. Fast respons bisa melalui WhatsApp 0819272676** atau Line @KacamataUnik.”

“Essence dari Cantella Asiatica buat wajah jadi glowing. Cocok untuk acne prone. Centella Asiatica merupakan obat herbal di Afrika, India, China, Srilangka, Filiphina, dan masih bayak lagi. Manfaat Centella yang bisa membantu penyembuhan kulit ini ternyata bisa cepat memulihkan bekas jerawat sehingga bekasnya bisa cepat hilang.  Harga 100K. Sila klik link berikut untuk memesan. Bisa juga ke WA 081 9272 ****.”

“Hanya dengan 1000 rupiah saja, kamu usah dapat YOU Rouge Lip Cream! Tersedia 36 pilihan warna dengan hasil akhir matte dan semi matte. Buruan cek YU Make Up Official Store di Shopee. Periode 22 – 30 Juni 2020. Jangan sampai kehabisan, ya!”

Nah, sekarang, Anda sudah bisa membuat caption jualan online yang menarik. Pastinya, omzet pun akan semakin bertambah dengan adanya strategi marketing penulisan caption yang tepat ini. Jadi, sudah siap berjualan lagi?