Baca Juga :

Strategi Promosi Instagram – Sudah bukan rahasia lagi jika Instagram dimanfaatkan sebagai salah satu media promosi. Dari pihak Instagram sendiri juga sudah memberikan jalan untuk mereka yang ingin membuka peluang untuk berbisnis di Instagram melalui Instagram for Business. Nah, bagi anda yang berminat untuk promosi di Instagram atau ingin mengoptimalkan promosi Instagram anda, berikut ada beberapa strategi promosi Instagram.

18

1. Optimalkan Instagram For Business

Untuk strategi promosi Instagram yang pertama, anda bisa mengoptimalkan fitur Instagram for Business. Beberapa langkah awalnya adalah dengan memberikan profil picture yang menarik dan juga mudah dikenali untuk produk atau jasa yang anda tawarkan.

Yang kedua adalah dengan menuliskan bio yang menarik serta informatif sehingga calon konsumen dapat mendapatkan informasi yang dia butuhkan.

Yang terakhir adalah manfaatkan kolom website untuk meletakkan toko online anda atau situs perusahaan anda. Tujuannya adalah tentu saja agar konsumen mendapatkan akses ke produk anda yang bisa dibeli.

Optimalisasi Instagram for Business ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi berbayar dimana keuntungannya adalah postinganmu akan dapat dilihat oleh pengguna akun instagram lainnya meskipun tidak mengikuti akun anda.

Apalagi dengan kecanggihan fitur Instagram for Business promosi berbayar ini nantinya akan disesuaikan dengan target pasar anda sehingga promosi anda tidak akan sia-sia apalagi akan mengganggu branding anda. Poin pertama ini juga penting menjadi strategi promosi Instagram lainnya.

2. Manfaatkan Hashtag

Hal kedua yang bisa menjadi strategi promosi Instagram adalah dengan mengoptimalkan hashtag. Hashtag adalah fitur dari media sosial yang banyak ditemui dan juga membantu untuk promosi sesuai dengan target pasar anda.

Dari sini postingan promosi produk anda bisa masuk ke komunitas tertentu yang akan menjadi target pasar. Karena fitur follow hashtag juga seringkali digunakan oleh pengguna untuk mendapatkan postingan dengan tema tertentu.

3. Tingkatkan Kualitas Konten

Hal selanjutnya yang bisa menjadi strategi promosi Instagram adalah dengan meningkatkan kualitas konten anda. Hal ini sangat diperlukan untuk meningkatkan engagement atau hubungan anda dengan follower.

Bagaimana untuk mengetahui peningkatan engagement ini? Fitur ini bisa anda lihat apabila anda sudah mengubah akun Instagram anda menjadi akun Instagram for Business. Oleh karena itulah penggunaan Instagram for Business sangat diprioritaskan sebagai strategi promosi anda di Instagram.

Konten pertama yang harus anda perhatikan adalah media dari postingan anda yang digunakan untuk gambar ataupun video yang anda unggah. Pastikan apabila itu menyangkut produk atau penawaran jasa anda, maka konten tersebut memuat hal-hal bersifat promotif, menarik, mengajak untuk membeli hingga mudah diingat.

Hal kedua yang penting juga untuk diperhatikan dalam strategi promosi Instagram anda adalah bagaimana menuliskan caption yang tidak hanya menarik dan promotif, namun juga informatif bagi calon pembeli.

4. Jangan Sungkan Keluar Biaya

Yang bisa menjadi strategi promosi Instagram selanjutnya adalah jangan sungkan untuk keluar biaya.

Mengapa demikian? Karena biaya yang digunakan untuk promosi berbayar di Instagram for Business lebih ringan biayanya ketimbang anda mencetak MMT atau flyer untuk dibagikan.

Alasan yang kedua adalah karena cakupan promosi yang lebih luas sehingga biaya yang anda keluarkan sebenarnya jauh lebih murah lagi.

Namun, apabila anda memiliki dana lebih atau biaya promosi yang lebih besar anggarannya, anda bisa mempertimbangkan jasa influencer di Instagram dengan sistem endorse.

Biayanya memang lebih mahal daripada biaya promosi melalui Instagram for business namun dampaknya juga berbeda karena ditayangkan langsung dari mereka yang digemari atau memiliki banyak fans. Tentu saja ini akan menjadi strategi promosi instagram yang berbeda.

5. Penawaran Menarik

Hal terakhir yang dapat menarik perhatian pengunjung atau calon pembeli untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang anda promosikan di Instagram adalah tentu saja penawaran menarik untuk mereka.

Anda bisa memberikan bonus, potongan harga, hingga yang lainnya dalam jangka waktu tertentu. Dijamin akan ada banyak permintaan yang datang untuk produk anda. Namun tetap, lakukan perhitungan agar anda bisa memaksimalkan untuk promosi produk agar strategi promosi dengan Instagram ini berhasil.

Baca Juga :