Baca Juga :

Sewa Bus Yogyakarta – Untuk memenuhi kebutuhan pariwisata, berbagai jenis bus diluncurkan oleh produsen. Mulai dari yang berukuran besar, sedang, hingga kecil. Fasilitasnya beragam, mulai dari yang terlengkap, sedang, hingga biasa saja. Nah, karena saking banyaknya jenis bus yang dapat dipilih, tentu Anda harus mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai dimensi, kapasitas, dan juga fasilitasnya.

Kemudian, baru disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Untuk memenuhi kebutuhan pariwisata, Anda bisa melakukan sewa bus Yogyakarta yang merupakan pengusaha jasa transportasi terpercaya di Indonesia.

Ada berbagai jenis dan tipe kendaraan transportasi bus yang tersedia di sewa bus Yogyakarta. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu jenis dan tipenya yang sesuai dengan kebutuhan dan juga jumlah penumpang. Berikut ulasannya:

Tipe Bus Menurut Ukuran

Pada dasarnya, bis pariwisata yang ada di Indonesia terbagi menjadi tiga ukuran yang meliputi mini bus, medium bus, serta big bus.

  1. Mini Bus

Bagi Anda yang ingin sewa bus Yogyakarta dengan peserta rombongan sejumlah 21 hingga 25 orang, sila pilih jenis mini bus. Bus pariwisata ini mempunyai dimensi sekitar 501,5 cm x 305 cm x 169,5 cm. Mini bus didesain untuk angkutan eksekutif serta mementingkan kenyamanan penumpang.

Ukuran yang tidak terlalu besar membuat jenis bus ini mudah menjangkau objek wisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Tarif sewanya pun lebih murah ketimbang bis lain.

  1. Medium Bus

Tipe selanjutnya memiliki kapasitas menengah atau sedang. Ukurannya lebih besar ketimbang mini bus dengan dimensi sekitar 779 cm x 260 cm x 225 cm. Jenis bis ini dapat menampung 31 hingga 33 penumpang.

Jenis bis ini dapat menjangkau berbagai objek wisata Yogyakarta dengan akses jalan yang tidak terlalu lebar. Tarif sewanya sendiri lebih besar ketimbang mini bus. Namun, akan lebih nyaman digunakan untuk mengangkut rombongan sekitar 30 orang lebih.

  1. Big Bus

Bus ini memiliki ukuran yang paling besar diantara dua sebelumnya. Ukurannya kira-kira 1211,4 cm x 246 cm x 287,7 cm. Kapasitas penumpangnya bisa mencapai 50 orang. Pastinya cocok untuk digunakan oleh rombongan yang besar.

Kekurangan dari jenis bis ini adalah sulit mengakses destinasi yang memiliki jalan cukup sempit seperti Gunung purba Nganggeran dan Kebun Buah Mangunan di Yogyakarta.

Tipe Bus Berdasarkan Fasilitasnya

Nah, jika Anda sudah bisa menentukan akan menggunakan bus dengan ukuran besar, sedang, atau kecil (setelah disesuaikan dengan jumlah rombongan). Sekarang, Anda bisa memilih jenis bus sesuai dengan fasilitas yang ada di dalamnya. Langsung saja, sila Anda simak tipe bus berdasar fasilitasnya di bawah ini:

  1. Bus Ekonomi

Pada bus dengan kelas ekonomi ini, tidak terdapat fasilitas seperti footrest, reclining, AC, dan sebagainya. Namun, biaya yang dikeluarkan untuk menyewa bus ini sangat terjangkau.

  1. Bus AC Ekonomi

Sebetulnya, jenis bus ini memiliki fasilitas yang tidak jauh beda dengan bus ekonomi. Akan tetapi, terdapat tambahan fasilitas berupa AC.

  1. Bus Bisnis RS

Pada jenis bus ini, Anda dapat menikmati fasilitas RS (Reclining Seat) atau kursi bus yang dapat dimaju-mundurkan. Namun, tidak dilengkapi dengan fasilitas AC.

  1. Bus Bisnis AC

Jenis bis yang satu ini dilengkapi dengan reclining seat dan AC. Perusahaan Otobus yang berbeda memiliki kebijakan mengenai konfigurasinya. Ada yang memasang seat 2-2 atau 3-2.

  1. Bus VIP Class

Pada jenis bus VIP Class

, Anda akan mendapatkan fasilitas tambahan berupa selimut serta makan prasmanan. Jumlah seat-nya sendiri sekitar 32 hingga 40 seat.
  1. Executive Class

Bus Executive Class memiliki layanan yang lebih lengkap lagi yakni leg rest atau footrest atau sandaran kaki, snack, dan WI-Fi.

  1. Super Executive Class

Pada kelas ini, konfigurasi seat-nya adalah 2-1 dengan kursi yang empuk dan nyaman. Jenis bus ini memang banyak diaplikasikan untuk bus pariwisata. Selain itu, ada fasilitas yang istimewa yakni seat yang menempel pada dinding pada samping bus serta di bagian tengah lebih lapang sebagai tempat untuk berdiri.

Mana fasilitas yang ingin Anda nikmati selama perjalanan? Pastinya fasilitas terbaik akan ditawarkan jika Anda sewa bus Yogyakarta untuk mengantarkan ke destinasi dengan lebih nyaman.

Baca Juga :