Roastery Berkualitas di Jogja – Membuka coffee shop memang sedang menjadi tren saat ini tidak hanya bagi para pebisnis yang sudah lama bergelut di bidang ini namun juga bagi anak muda yang entah memang gemar kopi atau ikut-ikut latah membuka usaha kopi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam membuka bisnis yang satu ini kita membutuhkan modal yang tidak sedikit jumlahnya. Hal ini karena tidak hanya soal sewa tempat, namun juga peralatan yang memang banyak dibutuhkan untuk membuka satu cofee shop.

Selain tempat dan peralatan yang memang banyak membutuhkan biaya, ada satu hal lagi yang kini banyak diperhatikan karena memiliki andil penting dalam bisnis ini yakni interior atau konsep tempat.

Untuk bahan baku kopi sendiri, coffee shop ini biasanya bekerja sama dengan supplier kopi-kopi ternama nusantara untuk menggunakan produk kopi yang sudah diolah. Namun, tidak sedikit pula yang memiliki roastery sendiri.

Nah bagi Anda yang belum tahu apa itu roastery, seperti yang sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya, roastery merupakan sebuah tempat untuk me-roasted biji kopi agar dapat diolah kembali. Biji kopi hijau yang datang kemudian di roasted untuk kemudian di olah kembali menjadi sajian kopi dalam cangkir.

Nah berbicara soal roastery, ada tiga hasil kopi yang sudah di roasted yakni light, medium dan dark roast. Ketiganya memiliki karakteristik masing-masing yang tercermin pada aroma, kepekatan dan tentunya rasa.

Nah proses roasting ini terbilang cukup penting lho, mengapa? Karena proses roasting biji kopi ini, memiliki pengaruh yang cukup besar bagi si biji kopi yang nantinya akan dioleh. Hal-hal basic macam ‘level pemanggangan’ atau lama waktu biasanya akan berujung pada rasa kopi yang bervariasi dan berbeda-beda.

Mungkin belum banyak yang ngeh dengan proses roasting ini, mari kita bahas sedikit ya. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa roasting merupakan salah satu proses penting yang akan sedikit banyak berpengarh terhadap kualitas, aroma maupun rasa dari kopi. Jika kita prosentasekan, proses roasting sendiri dapat memiliki pengaruh hingga 30% pada aroma dan rasa.

Pada saat proses  proses roasting berlangsung, biji kopi mentah yang masih hijau biasanya memiliki karakteristik soft dan sedikit “grassy” smell. Nah biji kopi ini akan mengalami banyak perubahan seperti pengurangan kadar air, berat, ukuran dan perubahan warna tentunya. Ada tiga hasil roast yang kita kenal yakni:

  1. Light roast

Pada Light roast, raw green bean akan mengalami perubahan warna dari kehijauan menjadi kekuningan yang berakhir pada kecokelatan. Kemudian terjadi first crack atau pecah pertama.

Proses ini terjadi karena uap air pada biji kopi bertemu CO2 yang memiliki tekanan, kemudian panas dari biji kopi terlepas lalu terbentuklah glukosa diiringi bunyi meletup seperti popcorn / “popping sound”. Karakter dari biji kopi hasil light roast biasanya memiliki aroma dan rasa kopi yang cenderung ringan, dengan warna yang cenderung lebih coklat terang.

Related Post
  1. Medium roast

Yang kedua ada medium roast. Apa sih yang membedakan hasil roasting yang satu ini dengan hasil light roast? Pada medium roast, hal yang akan terjadi pada biji kopi adalah proses karamelisasi, sehingga cenderung menghasilkan rasa dan aroma yang sweet pada kopi.

Pada proses ini, roasted bean akan cenderung lebih seimbang dari segi keasaman,  rasa, serta memilki tingkat kafein yang lebih sedikit dengan tekstur yang lebih gelap dari yang sebelumnya.

  1. Dark roast

Setelahnya, ada dark roast. Pada fase ini, biji kopi sudah berubah warna menjadi sangat gelap atau dapat dibilang almost black dengan kandungan minyak mulai nampak di permukaan biji kopi. Jika pada mediumroast biji kopi mengalami yang namanya proses karamelisasi, di proses ini biji kopi akan mengalami proses karbonisasi sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang cenderung pahit, gosong namun rendah kafein.

Nah itu tadi beberapa hal tentang proses roasting. Proses roasting ini dilakukan di roastery, yang biasanya dimiliki kedai kopi tertentu untuk mengolah kopi-kopi sajiannya dari awal. Ada banyak sebenarnya coffee roastery yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, namun ada satu yang menarik, letaknya di Jogja, yakni Coday Coffee lab and roastery.

Tidak hanya memiliki roastery sendiri, Coday juga memiliki coffee lab dan tentunya coffee shop yang cihuy. Roastery yang berlokasi di Bantul, Yogyakarta ini dapat dibilang menjadi salah satu roastery berkualitas karena kelengkapan alat yang mereka miliki, dan hasil roasted yang berkualitas tentunya.

Hasil roasted kopi yang berkualitas tidak hanya bersumber dari biji kopi yang berkualitas, namun juga pada saat pemrosesan di roastery.

Roastery berkualitas biasanya memiliki beberapa alat pendukung yang lengkap seperti yang ada di Coday yakni:

  1. Coffee roaster atau Mesin penyangrai kopi tentnya
  2. Destoner yakni alat untuk membuang benda-benda asing selain biji kopi
  3. Scales atau timbangan tentunya
  4. Storage bin untuk menyimpan hasil roasted
  5. Safety equipment atau alat-alat keselamatan
  6. Brewing device dan atau moisture meter untuk mengetahui kualitas biji kopi kita, dll.

Dan masih banyak lagi alat lainnya yang bisa Anda cek sendiri di Coday Coffee lab and roastery. Saat ini kebanyakan coffee roastery biasanya masih belum begitu memperhatikan rasa dan keunikan masing-masing biji kopi sehingga kebanyakan, perlakuan yang sama akan diberikan kepada masing-masing bij kopi.

Padahal bisa jadi, tiap biji kopi dari daerah-daerah yang berbeda ini memiliki ciri khas atau karakter tersendiri yang bisa lebih “keluar” aslinya jika di light atau medium roast saja.

Nah Coday memperhatikan hal ini. Di Coday coffee lab and roastery, mereka mencoba menggambarkan image roastery berkualitas di jogja dengan mengedepankan rasa dan ciri khas serta keunikan masing-masing kopi nusantara.

Bagi Anda yang berdomisili di Jogjakarta dan sekitarnya kemudian tertarik dengan dunia perkopian atau tertarik ingin mengunjungi roastery berkualitas yang satu ini, silahkan saja langsung datang dan kunjungi Coday Coffee Lab and Roastery di kawasan Bantul, Jogja.

Atau bagi Anda yang ingin tahu atau melakukan reservasi terlebih dahulu dengan Coday Coffee lab and roastery, anda bisa hubungi contact person yang tertera di bagian bawah dari laman ini. Tidak sulit menemukan Coday Coffee lab and roastery ini karena letaknya yang cukup strategis dan mudah dicari.

Selain memiliki roastery berkualitas, coday juga seringkali mengadakan pelatihan barista dengan beragam materi menarik seperti Manual brewing, latte art dan espresso, serta banyak lainnya yang sayang sekali jika dilewatkan. Bagi Anda yang tertarik dengan dunia perkopian, bisa join program ini dan dapatkan promo menarik di bulan-bulan ini. Semoga artikel ini dapat membantu ya!