Baca Juga :

Ketika anda memiliki sebuah produk yang ingin dipasarkan anda pasti menggunakan sebuah media untuk mempromosikan produk yang anda jual tersebut. Promosi produk di tiktok bisa anda lakukan ketika anda mencari sebuah platform yang mudah untuk menggaet eksposur dari produk yang anda perdagangkan.

Mencari eksposur untuk produk yang anda perdagangkan menggunakan tiktok saat ini bisa dibilang menjadi salah satu yang bisa membuat produk terkenal dengan singkat, atau bahkan singkat dikenal saja. Dua hal yang bertolak belakang ini bisa saja terjadi tergantung bagaimana anda membuat promosi anda.

Jika produk anda viral tentunya penjualan anda akan secara otomatis meningkat bukan. Berikut ini adalah bagaimana anda melakukan promosi produk di tiktok yang efektif dan membuat produk anda viral dengan cepat, bukan malah membuat produk anda dikenal dalam waktu yang singkat saja.

  • Bekerja sama Dengan Influencer

Bagi anda yang ingin mempopulerkan produk dengan cepat, kerja sama dengan influencer bisa menjadi salah satu metode promosi produk di tiktok yang paling efisien. Dengan memanfaatkan jumlah pengikut dari influencer tersebut anda bisa mendapatkan eksposur yang kuat dalam waktu singkat.

Jika anda memiliki budget terbatas atau bahkan anda seorang pebisnis yang baru memulai sebuah usaha, tentunya budget promosi tidak boleh sembarangan dibuang. Ada salah satu cara untuk memilih influencer atau model yang pas diajak bekerjasama dalam mempromosikan produk yang anda pasarkan.

Yang paling utama ketika mencari eksposur di tiktok dalam waktu singkat adalah memilih model dengan paras yang sedap dipandang. Tak perlu muluk-muluk anda memperdulikan jumlah pengikut dari model tersebut. Anda pasti melihat sebuah pattern yang khas dari video-video yang dimiliki oleh model dengan paras yang sedap di pandang.

Meskipun kadang followers mereka sedikit namun jumlah viewers dari video yang mereka buat bisa dibilang cukup tinggi. Hal inilah yang harus anda manfaatkan dengan baik. Orang membuka tiktok untuk mencari kegembiraan dan salah satu yang membuat gembira adalah melihat ciptaan tuhan dengan paras yang menawan.

  • Soft Selling

Metode promosi hard selling memang belum sepenuhnya mati, namun kini tingkat keefektifannya jauh di bawah metode soft selling. Ketika anda hendak membuat sebuah konten promosi dan anda ingin viewer anda  melihatnya dengan sukarela, maka anda harus melakukan metode soft selling untuk mempromosikan produk anda.

Salah satu cara promosi produk di tiktok dengan metode soft selling yang paling mudah adalah dengan konten unboxing. Konten seperti ini saat ini sangat banyak kita temui di tiktok dan meskipun temanya selalu sama, namun selalu sukses membuat penasaran banyak orang dan tetap menarik untuk ditonton.

  • Ikuti Yang Sedang Trending

Apapun yang sedang trending bisa menjadi bahan inspirasi untuk membuat promosi yang mudah dan efektif untuk produk yang ingin anda pasarkan. Anda bisa memanfaatkan challenge atau menggunakan hashtag yang sedang viral untuk membantu meningkatkan jumlah pemirsa dari video anda.

Hal ini masih berkaitan dengan metode soft selling, anda bisa melihat beberapa iklan dari toko online seperti shopee. Mereka sangat cerdas dalam memanfaatkan situasi untuk mencari pemirsa dari iklan mereka. Beberapa video yang terang-terangan iklan dari shopee jarang terasa kalau video tersebut adalah sebuah iklan, namun seperti video tiktok biasa.

Satu lagi yang sedang trending dan bisa anda tiru adalah metode penggunaan hashtag dari shopee seperti #shopeehaul. Hashtag ini berhasil meracuni banyak orang untuk melakukan belanja menggunakan shopee. Yang bisa anda tiru disini adalah penggunaan hashtag yang koheren dan juga tema video yang tidak seperti iklan.

  • Durasi Video Singkat

Pastikan video promosi anda dibuat sesingkat mungkin, jangan sampai video promosi anda melebihi 20 detik. Terlebih lagi ketika video anda sifatnya hard selling, dengan durasi yang lama maka kemungkinan pemirsa untuk melewatkan video anda sangat besar dan anda tidak berhasil menyampaikan pesan dari iklan yang anda buat.

Durasi paling ideal untuk membuat video promosi di tiktok bahkan untuk yang bersifat soft selling adalah 15 detik. Hal ini melihat bagaimana kebanyakan video yang di post di tiktok adalah video dengan durasi yang cukup pendek. Apabila video iklan anda lebih panjang dari video-video lucu di tiktok maka viewer anda tidak akan banyak.

  • Menggunakan Musik

Hal ini adalah akar dari kepopuleran tiktok sendiri yakni platform yang menyediakan video-video dengan background music yang unik dan menarik. Jangan sampai anda melewatkan elemen yang satu ini ketika anda membuat sebuah video promosi menggunakan tiktok sebagai platformnya.

Penggunaan musik juga akan berdampak pada demografi dari viewer iklan anda. Musik tertentu akan menggiring tipe viewer tertentu pada video anda, hal ini tentunya akan memudahkan anda untuk menyaring pangsa pasar dari produk yang anda jual. Sesuaikan tema musik di video anda maka anda akan dengan mudah menyaring viewer anda.

  • Gunakan Format Video Yang Tepat

Ketika anda membuat video iklan di tiktok jangan sampai anda membuat video dengan format landscape. Hal ini secara otomatis akan mematikan jumlah viewers video yang anda buat. Karena hal ini tidak umum dilakukan di tiktok dan akan sangat menyusahkan para pemirsa video yang anda posting.

Pada umumnya video yang diposting di tiktok menggunakan format portrait, atau video vertikal. Gunakan format ini untuk memudahkan pemirsa menikmati video yang anda buat, dan juga akan memberikan keuntungan bagi anda karena orang yang melihat video anda tidak langsung mengabaikan video yang anda buat.

  • Buat Video Yang Menyenangkan Orang

Untuk membuat viewer anda betah melihat iklan anda salah satunya adalah dengan membuat video lucu. Entah bagaimana jadinya sebuah promosi barang secara soft selling dengan video lucu. Promosi anda akan terlihat sangat terselubung dan membuat para viewer video tersebut tidak merasa bahwa yang mereka lihat adalah iklan.

Selain itu dengan anda membuat format video yang menyenangkan anda bisa memperluas pangsa pasar anda. Semua kalangan bisa melihat video yang anda buat tanpa terkecuali. Hal ini tentunya sangat menguntungkan anda karena anda bisa mendapatkan eksposur yang luas dengan menggunakan satu video saja.

Video lucu juga akan lebih mudah viral daripada video dengan genre yang lain secara otomatis hal ini bisa membuat promosi anda lebih cepat terkenal dan orang-orang akan dengan sukarela membagikan iklan yang anda buat karena mereka tidak melihat video yang anda buat sebagai sebuah iklan, melainkan hiburan.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa anda jadikan referensi ketika anda hendak memanfaatkan tiktok sebagai sebuah platform promosi dari produk yang akan anda pasarkan. Anda juga masih bisa memodifikasi dan menyesuaikan tips-tips yang telah dijelaskan tersebut sesuai dengan kebutuhan anda dan produk yang akan anda pasarkan, selamat mencoba.

Baca Juga :