Baca Juga :

Istilah franchise lebih dikenal dengan sebutan waralaba di Indonesia. Franchise atau waralaba ini adalah suatu hubungan yang salah satu pihaknya diberikan hak dari kekayaan intelektual (HAKI).

Hak tersebut dapat dimanfaatkan atau digunakan dengan persyaratan yang ditetapkan dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa. Menurut pengertian lain, franchise berarti sistem mengkomersilkan bisnis yang sudah memiliki brand yang sangat kuat. Lalu, seperti apa peluang usaha franchise itu?

Jika Anda ingin memulai suatu bisnis, tentu akan ada resikonya. Begitu pula dengan franchise. Namun, keuntungan dari membeli franchise adalah kemungkinan memperoleh sukses nya lebih besar dibanding membangun usaha sendiri dari nol. Karena, merek dagang atau brand yang digunakan sudah dikenal banyak orang.

Peluang usaha franchise saat ini menjadi hal yang banyak diminati karena memiliki prospek yang cerah. Bagaimana tidak, merek dagang atau brand yang digunakan sudah terkenal dan kita pun tidak perlu terlalu susah untuk mempromosikannya.

Selain itu, maraknya bisnis franchise ini disebabkan karena adanya keuntungan-keuntungan yang memudahkan setiap orang untuk mendapatkan hasil yang cepat dari usaha yang dilakukannya.

Berikut ini beberapa keuntungan yang diberikan oleh usaha franchise yang membuat banyak orang jatuh cinta pada model bisnis yang satu ini.

Keuntungan Bisnis Franchise

  1. Sistem usaha franchise memungkinkan membuat usaha Anda dapat tumbuh dengan cepat karena sudah terbukti usaha ini berjalan sukses juga di tempat lain. Anda hanya perlu cermat dalam memilih tempat atau lokasi untuk membuka usaha franchise ini. Karena lokasi juga memiliki peran penting dalam berkembangnya suatu usaha.
  2. Jika Anda adalah pemilik franchise atau waralaba, usaha ini sama saja dengan memperbesar usaha Anda namun dengan menggunakan modal orang lain.
  3. Karena membuka bisnis franchise, Anda tidak perlu pusing untuk membuat SOP bagi usaha itu karena sudah ditangani oleh perusahaan yang menawarkan franchise tersebut. SOP memang terkesan tidak penting, namun itu adalah kunci besar dalam menangani sebuah usaha, apakah berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan atau tidak. Memang tidak mudah membuat Sistem Operasional seperti itu, jadi dengan membeli franchise Anda tidak perlu lagi pusing dengan SOP ini.
  4. Saat usaha franchise Anda tak sesuai dengan target yang telah ditetapkan, Anda tak perlu pusing mencari dan membayar konsultan untuk menanganinya. Karena hal ini juga sudah ditangani oleh perusahaan yang menawarkan franchise tersebut sama dengan SOP.

Itulah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika membangun usaha franchise. Keuntungan-keuntungan ini membuat semua orang menjadi memiliki peluang yang lebih mudah untuk berwirausaha.

Namun, peluang usaha franchise ini tidak hanya menawarkan sederet keuntungan, tapi juga memiliki kelemahan untuk Anda yang menggunakan sistem ini. Berikut adalah kelemahan dari usaha franchise atau waralaba.

Kelemahan Bisnis Franchise

  1. Anda tidak bisa leluasa untuk mengembangkan kreatifitas pada usaha ini. Misalnya, seperti menciptakan varian baru atau bahkan merek baru. Hal ini disebabkan karena Anda telah meneken kontrak untuk menggunakan merek yang hak waralabanya Anda beli.
  2. Sebesar apapun usaha franchise atau waralaba yang Anda jalankan ini, yang akan Anda dapatkan hanya bagian yang sudah terukur karena semua sudah diatur oleh manajemen pusat atau perusahaan yang menawarkan franchise. Jika Anda ingin lebih sukses dengan membuat lompatan besar, Anda bisa mempelajari dengan detail usaha waralaba yang sedang Anda kelola ini, misalnya SOP atau sistem kerja, selera konsumen, dan lain sebagainya, sehingga Anda dapat menciptakan duplikasinya yang tentunya harus dalam bentuk yang berbeda. Lalu gunakanlah pengalaman dan pengetahuan yang telah Anda miliki tersebut untuk mengembangkan usaha milik Anda sendiri.
  3. Dalam sistem franchise ini, Anda hanyalah salah satu dari banyak orang. Keuntungan yang Anda dapatkan pun ditentukan oleh kapasitas modal yang Anda setorkan pada saat awal membuka usaha ini.

Setiap usaha pasti ada kelebihan dan kelemahan, dan itulah sederet kelebihan dan kelemahan dari peluang usaha franchise atau waralaba ini. Karena setiap kesuksesan yang diraih seseorang pasti orang tersebut juga pernah merasakan rintangan di setiap prosesnya. Selamat berbisnis!

Baca Juga :