Baca Juga :

Peluang Bisnis Jasa – Perkembangan teknologi dan perkembangan internet turut mengubah laku perkembangan bisnis, yakni dalam hal mempromosikan produk dan jasa. Penggunaan website sebagai halaman informasi, katalog dan promosi banyak digunakan. Hal tersebut jadi peluang baru yakni bisnis jasa pembuatan website profesional hingga secara khusus jasa pembuatan landing page.

Jasa pembuatan website memiliki peluang besar untuk berkembang, namun tentu tidak mudah untuk memulainya. Anda dituntut memiliki keahlian di bidang pembuatan website juga dalam strategi pemasaran di internet. Beberapa bisnis jasa pembuatan website gagal mempromosikan jasanya sendiri dengan website, tentu hal ini sangat buruk.

Tahap Mempersiapkan Bisnis

Sama halnya dengan bisnis lain pada umunya, memulai bisnis jasa pembuatan website juga jasa pembuatan landing page membutuhkan persiapan. Persiapan ini berkaitan dengan strategi bisnis. Beberapa hal perlu Anda pastikan sebelum memulai bisnis ini. Apa saja yang perlu disiapkan, berikut di antaranya:

  1. Menguasai bidang

Karena Anda akan membuat jasa pembuatan website dan landing page, pastikan Anda menguasai hal tersebut. Lakukan survei untuk melihat perkembangan bisnis ini, temukan review web hosting dan landing page. Pelajari pula calon pesaing Anda yang telah lebih dulu terjun dalam bisnis ini, mulai dari kecepatan page load, downtime hingga ke pelayanan konsumen.

Tampillah lebih baik  dari kompetitor Anda, cari kelemahan mereka dan jadikan kekuatan bagi bisnis Anda. Sebagian kompetitor menonjolkan informasi harga dan page load time.

  1. Memilih Jenis Jasa

Dalam bidang jasa pembuatan website, ada beberapa jenis layanan yang dapat ditawarkan. Hal ini dapat disesuaikan dengan ditentukan sesuai kemampuan yang dimiliki dan strategi bisnis. Jenis layanan tersebit bisa membuat website secara manual, pengembangan hingga membangun website. Atau bisa secara khusus pada jasa desain situs web agar tampil menarik

  1. Buat Nama atau Merek sendiri

Nama atau merek bisnis menjadi pengenal untuk konsumen. Pentingnya pemberian nama atau branding agar terlihat profesional dengan memiliki identitas saat dipasarkan  pada konsumen. Karena nama ini akan melekat, pastikan membuat nama yang baik, unik dan mudah diingat.

  1. Menentukan Target Pasar

Pada semua bidang bisnis usaha, menentukan target pasar sangat penting dilakukan. Hal tersebut untuk membantu Anda fokus pada pemasaran produk sesuai target demi pengembangan usaha. Pasar jasa pembuatan landing page cukup luas meliputi perorangan, perusahaan, instansi pemerintah dan non pemerintah dan lain sebagainya.

Tidak memiliki target pasar akan membuat Anda kesulitan membuat strategi bisnis. Jika pun sudah memiliki strategi, Anda akan mengalami kesulitan menghadapinya. Dalam menentukan pasar, penting bagi Anda mendapatkan informasi seputar pasar  yang ada di lingkungan sekitar

  1. Buat Situs Web lengkap dengan Profil Perusahaan

Sebagai bisnis pembuatan situs web tentu Anda harus memiliki situs web untuk bisnis Anda. Buat sebaik mungkin sebab hal tersebut bisa menjadi portofolio kemampuan bisnis Anda  membuat web. Selain itu buatlah profil bisnis untuk memperkenalkan usaha Anda. Pastikan isi dari profil dibuat semenarik mungkin.

Profil dapat memperlihatkan bisnis Anda dikerjakan secara profesional, boleh Anda sertakan nama-nama tim Anda serta track record mereka dalam dunia web hosting. Sertakan portofolio  karya terbaik yang sudah dikerjakan. Jangan lupa sertakan kontak person yang dapat dihubungi jika ingin bekerja sama.

  1. Buat Akun Sosial Media

Perluas jangkauan bisnis Anda dengan mempromosikannya di sosial media. Buat akun khusus bisnis pada platform sosial media dengan melihat target pasar Anda. Bisa pula membuat di beberapa platform sekaligus. Buat menggunakan nama bisnis usaha agar terlihat profesional.

  1. Harga

Selain demi mengamankan keuntungan, menetapkan harga juga bagian dari strategi bisnis. Jika harganya terlalu mahal bisa kalah saing dengan kompetitor sebaliknya jika terlalu murah, Anda bisa rugi. Sebelum menentukan harga sebaiknya Anda melakukan riset pada kompetitor terkait harga yang mereka tawarkan.

Selian kompetitor akan lebih baik Anda melakukan riset pula pada daya beli calon konsumen. Anda bisa mendapatkan gambaran dengan mudah di platform jasa freelance baik riset kompetitor maupun konsumen.

Tahap Pengembangan Bisnis

Selanjutnya jika bisnis jasa pembuatan situs web Anda sudah dimulai, saatnya berpikir untuk meningkatkan pemasukan bisnis. Tahap pengembangan ini berupa strategi meningkatkan pendapatan, pelayanan konsumen hingga strategi pengenalan produk jasa Anda. Selengkapnya tahap pengembangan bisnis pembuatan web sebagai berikut:

  1. Upselling

Dalam bisnis kepuasan konsumen amat penting, terutama bagi bisnis di bidang jasa. Strategi upselling ini merupakan strategi memberikan kepuasan pada konsumen. Caranya bisa dengan menawarkan produk secara khusus. Misalkan dalam bisnis  pembuatan situs web, Anda dapat memberikan penawaran fitur tambahan atau sesuai permintaan konsumen.

Memberikan penawaran khusus ini tentu diikuti dengan harga yang sedikit lebih mahal. Jangan khawatir karena harganya naik, sebab demi kepuasan banyak konsumen rela mengeluarkan banyak uang. Apalagi untuk mendapat fitur ekslusif..

  1. Membangun Tim

Jika berniat membangun bisnis jasa pembuatan situs web secara serius, sudah selayaknya Ansa memiliki tim. Membuat tim yang kompeten dan profesional, memiliki kemampuan di bidang web dan mampu bekerja dalam tim. Tim yang solid dan kompeten dapat membantu pekerjaan selesai tepat waktu serta hasil kerja yang memuaskan.

Rekrutlah beberapa orang kompeten untuk masuk dalam tim. Beri mereka ruang berkreasi dan menyampaikan ide-idenya. Selain tim ini, Anda perlu memikirkan pekerjaan lain yang perlu orang-orang kompeten. Pengelola administrasi, keuangan dan posisi lain juga perlu diperhatikan.

  1. Membangun Kemitraan

Guna mengembangkan peluang bisnis jasa ini. Anda harus menjalin kerja sama yang menguntungkan dengan pihak ketiga. Dalam bisnis hosting  kerja sama paling tepat adalah dengan  perusahaan hosting, web desain freelance dan lain sebagainya. Hal ini untuk mendukung bisnis meningkatkan pendapatan.

Pentingnya menjalin kemitraan ini agar dapat mengembangkan diri dalam bidang web desain dan sebagainya. Meningkatkan layanan dan kredibilitas bisnis udara Anda.

  1. Perluasan Jangkauan Pasar

Pada tahap pengembangan, usaha Anda perlu melakukan perluasan jangkauan pasar. Hal ini terkait ruang-ruang promosi yang Anda gunakan. Jangan khawatir jika mengeluarkan uang Anda akan rugi jika memasang iklan berbayar. Pastilah hal tersebut akan membantu Anda dalam meningkatkan pembeli.

Strategi iklan selalu berhasil menghasilkan keuntungan sebab usaha dapat menjangkau lebih banyak orang.

Jadi apakah Anda sudah siap  terjun dalam bisnis jasa pembuatan situs web dan jasa pembuatan landing page. Secara Khusus Membuat Landing Page, landing page adalah halaman penting dalam situs web, halaman pendaratan khusus untuk mendapat calon pembeli. Landing page harus dibuat sebaik mungkin agar konsumen tertarik mengambil jasa usaha Anda.

Butuh bantuan mengembangkan bisnis? Siap Bisnis jawabannya. Siap Bisnis merupakan media online yang siap membantu pelaku bisnis baik besar maupun UMKM. Dapatkan tips dan trik dunia bisnis dan pengembangan internet marketing. Siap bisnis melayani pengembangan jasa dan produk pemasaran digital mulai dari Web developer, web maintenance, SEO dan SMO hingga siap memberi edukasi.

Baca Juga :