Baca Juga :

Pabrik Kopi House Blend Terbesar – Mungkin diantara Kamu ada yang belum akrab dengan kata kopi house blend atau kopi blend. Biasanya kalau datang ke suatu kedai kopi, yang Kamu lihat hanya sejejer toples kaca bening yang berisikan biji-biji kopi matang.

Toples dengan tambahan tulisan seperti arabica atau robusta diikuti dengan nama daerah asal kopi dipanen. Sedangkan kopi house blend biasanya tidak dipajang secara terang-terangan. Tapi memang ada yang memajangnya secara terang-terangan dan mempromosikannya kepada konsumen.

Mengenal Kopi Single Origin Dan Kopi House Blend

Istilah yang paling sering muncul dalam dunia perkopian tidak lain single origin. Sebenarnya apa sih yang disebut dengan single origin? Single origin ini sebenaranya adalah istilah untuk kopi. Istilah ini digunakan untuk penamaan kopi sesuai dengan asal kopi di tanam.

Ada juga yang mengatakan bahwa kopi single origin merupakan kopi yang ditanam berdasarkan letak geografisnya. Pada umumnya kopi berasal dari perkebunan yang sama. Bisa juga kopi secara spesifik dikumpulkan dari satu daerah.

Sebenarnya sama, hanya saja terdapat tambahan dibelakangnya. Jadi kita tidak hanya menyebutkan arabika, robusta atau liberika saja. Namun kini ada tambahan seperti arabika gayo, robusta merapi, dan lain-lain. Jika ditanya dari mana asal mula pemberian nama tersebut, ya ini hanya untuk mempermudah orang mengingat nama dan rasa dari kopi.

Setelah mengetahui sedikit sejarah mengenai kopi single origin. Kini kita beralih pada kopi house blend. Mungkin Kamu sedikit kurang familiar dengan istilah house blend. Kopi house blend memang jarang dengar oleh orang.

Kopi house blend merupakan kombinasi dari kopi single origin. Maksudnya kopi house blend terbuat dari beberapa jenis kopi single. Kopi house blend ini diciptakan untuk mendapatkan rasa yang lebih kompleks.

Misalnya tidak cukup dengan rasa yang dihasilkan oleh salah satu kopi single origin, maka dibuatlah kopi house blend untuk menambahkan rasa.

Kopi house blend biasanya diciptakan dari dua sampai empat jenis kopi single origin. Membuat single origin bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal yang paling basic dalam membuat kopi jenis ini adalah  pengetahuan dasar tentang kopi.

Jadi, sebelum meracik kopi, Kamu harus paham betul bagaimana cara mengolah kopi masing-masing jenis. Selain itu kamujuga hasru paham betul akan rasa dan aroma (karakteristik) yang dimiliki masing-masing kopi.

Jika kopi single origin biasanya diseduh dengan metode manual brewing dan disajikan begitu saja. Kopi house blend banyak digunakan untuk membuat minuman turunan dari espresso based. Miuman tersebut seperti capuccino, americano, cafe latte, dan lain lain.

Kopi house blend ini juga banyak di digunakan di kedai-kedai kopi sebagai minuman signature mereka. Kamu bisa menemuinnya di kedai kopi kekinian yang sering Kamu kunjungi.

Itulah tadi perbedaan mengenai kopi single origin dengan kopi house blend. Kopi house blend ini bisa Kamu dapatkan hanya di Coday Coffee Lab & Roastery yakni sebuah pabrik kopi house blend terbesar di Yogyakarta.

Coday Coffee Lab & Roastery Pabriknya Kopi House Blend

Untuk Kamu yang penasaran dengan kopi house blend, Kamu bisa datang ke Coday Cofee Lab & Roastery. Ini merupakan tempat yang pas untuk Kamu yang sedang mencari kenikmatan kopi house blend. Kamu dapat langsung berkunjung ke pabriknya.

Pabrik kopi house blend terbesar di Jogja adalah Coday Coffee. Setiap harinya mereka mampu memasok hinggal 1 ton. Coday Coffee sudah berdiri selama berathun-tahun dan sudah dipercaya oleh para kedai kopi untuk menjadi supplier kedai kopi milik mereka.

Coday Coffee Lab & Roastery berada di Yogyakarta yang tepatnya di Jalan Ahmad Wahid 53 Sampangan, Mantup, Banguntapan, Bantul. Lokasinya sangat strategis. Hanya sekitar 100 meter utara perempatan Wiyoro Lor.

Kopi house blend yang dibuat oleh Coday Coffee diracik dengan sangat pas dan ramah di lidah para penikmat kopi. baik itu yang baru-baru maupun yang sudah menyandang kopi addict sekalipun. Kopi ini diracik oleh seorang profesor kopi.

Profesor kopi di Coday Coffee adalah beliau Agus Prasetio. Pria kelahiran Kota Bumi provinsi Lampung Utara. Beliau telah mempelajari kopi selama bertahun-tahun. Agus Prasetio telah belajar kopi hingga ke manca negara.

Coday Coffee Lab & Roastery tidak hanya menjadi pabrik kopi house blend terbesar, namun juga menyediakan sekolah barista. Sekolah barista di Coday Coffee ini terbagi dari beberapa kelas.

Ada kelas barista dan coffee shop management. Kelas ini terbagi menjadi kelas materi dasar pengetahuan tentang kopi, materi manual brewing, materi espresso based & latte art, dan materi manajemen coffee shop.

Jadi, jika Kamu ada keinginan untuk membuka usaha, Coday Coffee Lab & Roastery ini sangat pas untuk jadi teman pendamping. Karena mereka menyediakan fasilitas untuk orang-orang seperti Kamu yang ingin membuka usaha kedai kopi.

Mulai dari pelatihan barista, manajemen kedaikopi, hingga pemasok kopi semua bisa dilakukan oleh Coday Coffee.

Kamu jadi tak perlu repot-repot belajar menejemen secara otodidak yang belum tau kebenarannya. Kamu juga tidak perlu pusing mencari supplier kopi hose blend atau kopi single origin. Harga yang ditawakna  mereka pun cenderung murah. Kualitas kopi dan pelatih-pelatihnya juga tak perlu diragukan lagi.

Percayakan Kopimu pada Pabrik Kopi House Blend Terbesar

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kedai kopi adalah mencari supplier atau pemasok kopi. Pemasok kopi menjadi hal yang penting karena mereka menyediakan bahan utama yang Kamu jual.

Pemasok kopi nantinya akan menentukan branding rasa dan harga kedai kopi Kamu. Maksudnya, apabila Kamu salah pilih supplier, jelas nanti akan berpengaruh besar pada perkembangan kedai kopimu.

Memilih supplier kopi harus memperhatikan beberapa hal seperti harga, kualitas barang, pelayanan yang baik dan ketepatan pengiriman. Kesemua itu ada pada Coday Coffee Lab & Roastery .

Coday memiliki stok kopi house blend yang banyak, harganyapun sudah terkenal murah. Pelayanan yang ramah dan pengiriman yang tepat waktu juga menjadi keunggulan Coday Coffee sendiri.

Jika Kamu penasaran dan ingin bertanya-tanya. Langsung saja buka website Coday Coffee di www.Coday.id. Di sana terdapat informasi lengkap mengenai product mereka. Tidak Hanya itu, dalam website mereka juga terdapat informasi umum tentang kopi.

Jadi, sedikit demi sedikit dapat menambah wawasan Kamu tentang dunia kopi. Yuk segera datang ke Coday Coffee. Mari sama-sama belajar kopi agar tidak hanya sebagai penikmat saja tapi juga bisa lebih produktif.

Demikianlah artikel pengenai pabrik kopi house blend terbesar yang ada di Jogja. Semoga artikel ini bisa membantu Kamu yang sedang ingin menyelami dunia perkopian. Jangan malu untuk bertanya-tanya. Selamat belajar!

Baca Juga :