Modal Buka Usaha Laundry – Selalu ingin memakai pakaian yang rapi dan bersih adalah salah satu karakteristik masyarakat yang hidup di jaman modern sekarang. Mereka biasanya juga sangat sibuk sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci baju sendiri. Bagi seorang entrepreneur hal ini dilihat sebagai peluang usaha yang sangat prospektif. Dengan memiliki usaha laundry, anda bisa mendapatkan income streaming yang stabil.

Lalu berapa modal buka usaha laundry? Modal awal untuk membuka  usaha laundry adalah Rp. 8.300.000. Modal sebesar itu diperlukan untuk membeli 2 unit mesin cuci Rp, 5.000.000, dua unit setrika Rp.500.000, satu unit mesin pengering pakaian Rp.1.500.000.

Selain itu anda juga harus membeli beberapa peralatan penunjang lainnya. Untuk lebih detailnya silahkan lihat table di bawah ini.

Modal buka usaha laundry

Usaha laundry merupakan salah satu bisnis rumahan yang sangat menguntungkan. Menjalankan usaha yang masuk dalam kategori jasa ini tidaklah terlalu sulit. Dengan bermodalkan peralatan yang sederhana anda sudah bisa membuka jasa laundry di rumah atau di tempat lain yang diinginkan. Usaha laundry adalah salah satu jenis usaha yang mudah dan bisa di operasikan oleh siapa saja.

Baca Juga : Modal buka usaha warung sembako

Banyak motivator bisnis yang menyatakan bahwa uang bukanlah modal penting dalam membangun sebuah usaha. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena pada kenyataannya kita tidak bisa memulai usaha apapun bila tidak memiliki modal uang yang cukup.

Untuk membuka usaha laundry misalnya, anda memerlukan uang untuk membeli mesin cuci, setrika dan peralatan pendukung. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel:

Related Post

.

Nama Barang Harga Total
1 unit pengering pakaian Rp. 1.500.000
2 unit mesin cuci Rp. 5.000.000
2 unit setrika Rp. 500.000
1 unit timbangan Rp. 500.000
Tempat pakaian kotor Rp. 300.000
Papan nama Rp. 500.000 Rp. 8.300.000

Perlu diketahui bahwa angka Rp. 8.300.000 tersebut hanyalah estimasi modal awal saja. Selanjutnya anda masih memerlukan biaya operasional dengan rincian sebagai berikut:

  • Gaji karyawan 2 orang Rp 2.000.000
  • Listrik dan air Rp. 500.000
  • Pewangi, detergen softener 400.000
  • Plastik Rp.100.000
  • Total biaya operasional dalam sebulan adalah Rp 3.000.000

Semua angka-angka di atas hanyalah perkiraan semata dan bisa berubah sesuai dengan keadaan. Jika anda ingin membuka usaha laundry dengan skala besar misalnya, biaya untuk modal awal dan operasional tentunya akan meningkat. Bagi mereka yang baru pertama membuka usaha laundry di sarankan untuk memulai dengan skala kecil terlebih dahulu.

Menjalankan usaha laundry memerlukan kesabaran dan ketelitian. Anda juga harus mengenali keinginan setiap konsumen. Bila usaha anda sudah semakin ramai dan mendatangkan banyak keuntungan, ada baiknya anda investasikan untuk membeli peralatan dan menambah jumlah karyawan.

Lokasi strategis usaha laundry

Ketika ingin membuka sebuah usaha, anda harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Selain harus menyediakan alat dan persiapan teknis lainnya, anda juga harus memilih lokasi usaha yang tepat. Dalam dunia bisnis, pemilihan lokasi yang strategis sudah menjadi keharusan. Dengan memiliki tempat usaha yang strategis, anda berada selangkah di depan dengan para kompetitor.

Dimanakah lokasi strategis usaha laundry? Lokasi terbaik untuk usaha laundry adalah perkampungan padat penduduk, dekat kampus dan tempat kost, dekat perkantoran, dan jalan raya. Pemilihan lokasi yang strategis sangat penting karena hal ini akan berpengaruh terhadap kesuksesan jasa laundry yang anda jalani.

Usaha laundry adalah salah satu jenis usaha yang bisa di jalankan di rumah. Siapa saja bisa membuka usaha laundry karena untuk menjalankan usaha ini tidak memerlukan keterampilan khusus. Jasa laundry adalah salah satu jenis usaha yang cepat mendatangkan keuntungan.