Modal Buka Usaha Jualan Nasi Kuning – Agar kesehatan dan stamina tubuh tetap terjaga semua orang diharuskan sarapan pagi sebelum melakukan aktivitasnya. Namun kesibukan di pagi hari membuat orang malas memasak dan lebih suka membeli sarapan di warung makan. Nasi kuning atau nasi uduk adalah salah satu menu sarapan yang paling banyak digemari. Hal inilah yang membuat usaha jualan nasi uduk tidak pernah sepi konsumen.

Berapakah modal awal untuk membuka usaha jualan nasi kuning? Untuk membuka usaha jualan nasi kuning diperlukan modal awal sebesar Rp 13.300.000. Ketersedian modal awal ini sangat penting karena akan dipakai untuk menyewa tempat dan renovasi sebesar Rp 5.000.000, peralatan memasak dan peralatan makan sebesar Rp 1.800.000, membeli gerobak Rp 1.000.000 dll.

Berapa modal buka usaha jualan nasi kuning?

Jualan nasi kuning biasanya dilakukan di pagi hari karena nasi kuning merupakan menu sarapan favorit bagi banyak orang. Menu nasi kuning yang sangat beragam dengan harga yang terjangkau membuat orang lebih suka memilih sarapan dengan nasi kuning. Sarapan nasi kuning jauh lebih sehat karena semua bahan untuk membuat nasi kuning adalah bahan-bahan alami tanpa pengawet.

Untuk membuka usaha nasi kuning, anda harus harus menyiapkan berbagai macam peralatan yang kami rincikan sebagai berikut:

Nama item Harga Total
Sewa dan renovasi tempat Rp 5.000.000  
Peralatan memasak Rp 1.000.000  
Peralatan untuk makan Rp 800.000  
Gerobak Rp 1.000.000  
Total   Rp 7.800.000

Selain biaya yang sudah disebutkan di atas, modal awal juga diperlukan untuk menutup biaya operasional dalam jangka waktu sebulan. Biaya operasional rutin meliputi:

  • Biaya untuk belanja bahan baku lengkap sebesar Rp 3.500.000
  • Biaya untuk air dan listrik sebesar Rp. 500.000
  • Biaya perlengkapan seperti kertas minyak, karet, kantong plastik sebesar Rp 500.000
  • Gaji karyawan Rp 1.000.000
  • Total biaya rutin dalam sebulan sebesar Rp 2.000.000

Dimanakah lokasi membuka usaha jualan nasi kuning?

Jualan nasi kuning adalah usaha kuliner yang memerlukan modal yang tidak terlalu besar. Dengan modal yang terbilang minim, anda sudah bisa mendapatkan pemasukan rutin dari berjualan nasi kuning.

Jika modal anda terbatas, anda bisa membuka usaha ini di rumah. Anda bisa melayani tetangga yang ada di sekitar rumah anda.

Seiring berjalannya waktu omzet dan keuntungan berjualan anda akan terus meningkat. Jika modal semakin bertambah, anda bisa mulai memikirkan menyewa tempat usaha yang lebih baik dan lebih strategis. Pemilihan lokasi yang lebih strategis ini akan memudahkan konsumen mengakses usaha anda.

Dengan berpindah ke lokasi yang lebih strategis anda akan banyak mendapatkan konsumen baru. Lokasi paling strategis untuk usaha jualan nasi kuning adalah di dekat perkantoran, pasar dan pusat perbelanjaan, dekat pabrik dan di dekat pemukiman yang padat penduduk.  Dengan berjualan di lokasi-lokasi di atas, bisa dipastikan usaha jualan nasi kuning anda akan selalu ramai pelanggan.

Anda tidak usah khawatir dengan banyaknya penjual nasi kuning yang sudah ada, karena biasanya konsumen akan memilih warung nasi kuning sesuai dengan seleranya. Agar bisa menarik konsumen, anda harus bisa menjual nasi kuning dengan kualitas rasa terbaik. Untuk warung nasi kuning baru disarankan tidak menjual dagangannya dengan harga yang terlalu mahal.

Usaha jualan nasi kuning merupakan salah satu bisnis yang mudah di jalankan. Selain tidak memerlukan keterampilan khusus, membuka usaha warung nasi kuning juga tidak memerlukan modal awal yang tidak terlalu besar.