Baca Juga :

Modal Buka Usaha Jualan Es krim – Berbeda dengan negara-negara di eropa, Indonesia adalah negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa sehingga memiliki udara yang panas dan lembab. Kondisi ini sering membuat kita merasa haus dan ingin makan atau minum yang dingin-dingin. Inilah yang menyebabkan pedagang es krim selalu ramai oleh pembeli. Membuka usaha jualan es krim menjadi salah satu bisnis yang paling menguntungkan.

Lalu berapakah modal awal untuk membuka usaha jualan es krim? Untuk membuka usaha jualan es krim anda perlu menyiapkan modal awal sebesar Rp 5.795.000, dana ini akan kita gunakan untuk membeli freezer 200 liter seharga Rp. 4.000.000, mixer Rp 500.000, sekop es krim 35.000, bahan baku es krim Rp 800.000 dan lain sebagainya.

Berapa modal buka usaha jualan es krim?

Es krim adalah salah satu makanan yang memiliki penggemar fanatik di masyarakat. Banyak anak-anak maupun orang tua yang mengkonsumsi es krim setiap hari. Teksturnya yang lembut dan creamy serta rasanya yang dingin di lidah membuat es krim sangat cocok dijadikan pelepas dahaga. Dengan membuka usaha jualan es krim anda tidak akan sulit mendapatkan pelanggan setia.

Untuk membuka usaha jualan es krim dipelukan modal yang lumayan besar untuk membeli beberapa peralatan dengan rincian sebagai berikut:

Nama barang Harga Total
1 unit freezer kapasitas 200 L Rp 4.000.000  
Sebuah mixer berukuran sedang Rp 500.000  
Baskom ukuran besar Rp 40.000  
Sekop es krim Rp 35.000  
Plastik tempat es krim 10 box Rp 60.000  
Total semua   Rp 4.635.000

Biaya variable:

  • Bahan baku berupa 10 kg serbuk es krim aneka rasa dengan harga sebesar Rp 800.000
  • Cup dan sendoknya sebanyak 1000 buah seharga Rp 360.000
  • Total biaya variable Rp 1.160.000

Dimanakah lokasi strategis buka usaha jualan es krim?

Ketika anda berencana membuka sebuah usaha, pilihlah lokasi yang benar-benar strategis. Pemilihan lokasi yang strategis sangat penting agar calon pelanggan bisa melihat bisnis anda dengan mudah. Lokasi strategis untuk usaha jualan es krim adalah di pusat pertokoan dan pusat perbelanjaan seperti pasar atau mall serta di pinggir jalan yang ramai.

Seperti yang kita tahu di kota-kota besar sudah banyak kedai yang secara khusus menjual es krim beraneka rasa. Namun kedai es krim seperti ini masih jarang di temui di kota-kota kecil.

Membuka usaha kedai es krim di kota kecil bisa menjadi peluang bisnis yang sangat prospektif. Harap diingat penggemar es krim buka hanya di kota besar saja tetapi juga sampai di kota kecil di daerah.

Bagi pengusaha yang kreatif membuka usaha jualan es krim bukan saja menantang tetapi juga sangat menyenangkan. Untuk menarik minat konsumen, anda harus bisa menciptakan es krim dengan kualitas prima. Improvisasi rasa dan topping harus selalu dilakukan agar konsumen tidak merasa bosan.

Jika anda memperkenalkan varian baru. Lakukan promosi secara besar-besaran. Gunakan  segala macam media untuk memasarkan bisnis anda. Pemasangan spanduk dan penyebaran brosur harus dilakukan secara berkala. Anda juga bisa memasarkan usaha es krim melalui media social seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lain lain.

Jualan es krim merupakan usaha kuliner yang cocok dilakukan di daerah dengan udara panas. Bila dikelola dengan baik, usaha jualan es krim ini bisa menjadi sumber penghasilan utama anda.

Baca Juga :