Baca Juga :

Apakah Anda merupakan salah satu penggemar kopi? Jika iya Anda pastinya mengenal bagaimana proses biji kopi hingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas dan unik. Namun selain biji kopi berkualitas, yang tidak kalah berpengaruh dalam menghasilkan kopi berkualitas yakni proses sangrai. Untuk mendapatkan hasil terbaik, mesin roasting kopi Maestro menjadi rekomendasi.

Mesin Roasting Kopi Maestro

Namun, ternyata tak hanya disitu saja. Dalam melakukan sangrai atau roasting kopi tersebut juga harus memahami karakteristik mesin roasting kopi Maestro yang berkualitas, namun juga yang tak kalah penting juga harus memahami karakteristik biji kopi yang akan disangrai hingga hasil yang diinginkan. Berikut ini ada beberapa tingkat roasting atau proses sangrai.

Light Roast (Coklat Muda)

Untuk light roast memiliki kekhasan cita rasa asam dan aroma sangrai kurang tercium. Light roast ini sendiri merupakan fase roasting dengan memiliki tingkat kematangan paling rendah. Penampilan fisik biji kopi memiliki warna coklat terang karena panas yang diserap tidak terlalu lama. Selain itu tidak ditemui minyak pada biji kopi dan bijinya juga cenderung kering.

Untuk mencapai fase Light roast, suhu biji kopi disangrai pada kisaran suhu 180°C – 205°C dimana pada suhu sekitar 205°C tersebut itulah terjadi first crack dan pada proses roasting dihentikan. Kopi yang di roasting pada tingkatan ini memiliki keasaman dan caffeine yang tinggi. Jenis roasting ini cocok untuk penggemar kopi dengan rasa mencolok dengan ciri khas citrus, earthy, dan buttery.

Medium Roast

Untuk Medium Roast atau sangrai menengah, biji kopi memiliki cita rasa terasa manis dan aroma asap penyangraian sangat tajam tercium karena biji kopi banyak mengeluarkan asap. Penampilan warna bijinya semakin hitam ada yang sampai berminyak. Rasa manis dari biji kopi muncul karena kandungan gula dalam biji kopi mulai berkarbonasi.

Jenis Medium Roasting ini sendiri merupakan tingkatan roasting yang favorit paling banyak dipilih. Biji kopi hasil medium roast biji kopi tidak mengeluarkan minyak di permukaan kulitnya, sama seperti light roast. Suhu biji kopi pada medium roast berada pada kisaran suhu 210°C dan 220°C. Pada suhu tersebut first crack sudah terjadi, namun biji kopi belum mengalami second crack.

 Kelebihan dari medium roasting ini adalah kandungan caffeine yang lebih rendah, aroma dan keasaman kopi yang cenderung sedang, namun dapat menghasilkan banyak rasa.

Dark Roast

Dark roast merupakan tingkatan sangrai paling matang pada proses roasting kopi. Hanya saja kita perlu berhati-hati karena apabila melebihi tingkatan ini justru sangrai kopi gagal dan rasanya menjadi tidak enak. Pada tingkatan dark roast, seperti namanya, warna biji kopi akan lebih gelap bila dibandingkan dengan level roasting lainnya.

Ciri khas lainnya yang ada pada biji hasil dark roast biji adalah bijinya mengeluarkan minyak pada permukaannya. Untuk rasanya juga akan cenderung pahit dan seringkali menutupi rasa khas dari asal biji kopi. Proses roasting Dark roast selesai setelah second crack terjadi terjadi pada suhu sekitar 240°C. Jenis roasting ini cocok untuk pecinta kopi kental kekentalan.

kursus roasting kopi

Untuk hasil terbaik, pastinya mesin sangrai kopi seperti merk Maestro menjadi pilihan wajib. Mesin sangrai Maestro dirancang khusus untuk para roaster modern yang membutuhkan ketepatan, keamanan serta kemudahan dalam proses sangrai. Tersedia dalam skala kecil dan juga besar dengan standar industri yang menghasilkan cita rasa yang presisi dan berkualitas untuk bahan dasarnya.

Dengan memanfaatkan Maestro, proses roasting kopi di atas, akan semakin dimudahkan. Mesin Maestro dapat Anda dapatkan di coday.id. Untuk mendukung skill pengoperasian alatnya, Anda bisa menambah pemahaman mengenai karakteristik kopi termasuk mesin sangrai kopi modern Maestro yang digunakan melalui kursus kopi yang diberikan oleh coday.id.

Coday.id tidak berpengalaman dalam proses roasting kopi saja, Anda juga bisa memilih untuk mendapatkan pengalaman mengenai cita rasa kopi, manual brew sehingga dapat menjadikan diri Anda sebagai Barista Kopi. Untuk Anda yang ingin berkecimpung dalam dunia bisnis, coday.id juga memberikan kesempatan untuk belajar manajemen operasional coffee shop. Tertarik?

Coday lab & Roastery

0821-3414-5359

Jl. Ahmad Wahid, Mantup, Baturetno,
Kec. Banguntapan, Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55197

Baca Juga :