Baca Juga :

Tiktok saat ini merupakan salah satu media sosial yang tidak bisa lagi di sepelekan. Dengan jumlah pengguna yang mencapai jutaan orang maka potensi pasar dari media ini sangatlah besar. Melakukan marketing di Tiktok juga merupakan sebuah langkah yang saat ini bisa anda lakukan untuk memperluas cakupan konsumen produk anda.

Pada awalnya masih banyak orang yang meragukan strategi marketing di Tiktok namun seiring dengan semakin melonjaknya pengguna tiktok maka promosi menggunakan media ini akhirnya dilirik oleh sebagian pemilik bisnis. Bagaimana tidak, media sosial yang satu ini bisa menggaet pengguna dengan beragam latar belakang mulai muda hingga tua.

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan manuver marketing di Tiktok ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal yang akan dibahas pada artikel ini. Karena jika anda melakukan promosi dengan asal-asalan maka bukan pelanggan yang akan anda dapatkan namun pengeluaran yang sia-sia untuk iklan.

  • Durasi

Perhatikan durasi video yang akan anda buat untuk melakukan promosi. Pastikan video anda tidak pernah lebih dari 20 detik. Hal ini untuk meminimalisir para viewer untuk melakukan scroll down pada video yang anda buat karena durasi yang terlalu lama. Mempertahankan viewer untuk tetap melihat iklan sangatlah sulit.

Ketika anda membuat iklan dengan durasi yang pendek ini anda juga bisa meminimalisir pengeluaran budget untuk iklan anda. Dengan durasi iklan yang pendek, pesan promosi anda tersampaikan dengan singkat dan tetap memiliki potensi menarik konsumen yang sama dengan iklan dengan durasi di atas 30 detik.

  • Gunakan Musik

Video tiktok tak pernah lengkap tanpa adanya musik yang sedang trending. Anda tak boleh melupakan unsur musik dalam iklan anda, jangan sampai anda membuat format iklan yang jauh dari apa yang membesarkan platform tiktok yaitu musik. Dengan memberikan musik pada iklan yang anda buat maka mengontrol atmosfer video juga akan lebih mudah.

Memilih musik yang tepat juga akan mempermudah anda untuk menggiring video anda pada pangsa pasar yang tepat. Tak bisa dipungkiri ketika musik yang anda gunakan tidak tepat pada telinga viewer maka video anda akan langsung di skip oleh banyak pengguna media sosial yang satu ini, dan jika cocok mereka akan melihat video anda.

  • Tiru Video Yang Sedang Viral

Tiktok memang terkenal sangat mudah dalam membuat segala sesuatu menjadi viral. Hal ini jangan sampai luput dari pengamatan anda, karena dengan membuat video tiktok yang sama dengan yang sedang trending bisa berpotensi sangat tinggi untuk menaikkan jumlah pemirsa dari video promosi anda.

Tak hanya mengikuti, samakan video anda dengan video-video yang sedang trending pada saat itu. Tiktok memang terkenal dengan pengguna yang saling meniru video satu dan lainnya, hal ini akan mempermudah anda dalam membuat sebuah promosi karena anda bisa meniru video-video lain yang sedang viral.

Dengan meniru maka anda tidak terlalu sulit untuk mendapatkan inspirasi video. Anda bisa saja meniru video promosi kompetitor anda tanpa harus repot-repot mempekerjakan pencari ide yang berbakat untuk membuat video promosi

. Disinilah pisau bermata dua dari penggunaan tiktok sebagai media promosi.
  • Ikuti Apa Yang Sedang Trending

Anda bisa mengikuti segala hal yang sedang trending dalam tiktok untuk mempromosikan produk anda. Challenge dan juga hashtag yang bertebaran di tiktok tentunya memudahkan anda untuk mengikuti apa saja yang sedang trending pada saat itu. Anda juga bisa memilih musik yang sedang trending untuk mengerek viewers anda.

Jika video promosi yang sudah anda buat sudah tidak lagi koheren dengan apa yang trending di tiktok pada saat ini, anda bisa bermain dengan hashtag. Ada banyak sekali hashtag yang tidak koheren dan tetap bisa membuat video tersebut dikategorikan dalam hashtag tersebut, hal ini bisa menjadi celah untuk membuat video lama tetap muncul.

Salah satu hashtag yang seringkali tidak koheren dengan konten yang dibuat adalah #FYP, seringkali hashtag ini digunakan untuk memancing video muncul di beranda dari pengguna tiktok. Entah ini kesalahan algoritma dari tiktok atau memang sengaja dibuat seperti ini, namun video dengan hashtag ini sangat sering muncul di beranda.

  • Berkolaborasi Dengan Influencer

Anda tak perlu memiliki akun tiktok untuk bisa melakukan promosi menggunakan media ini. Disinilah salah satu kemudahan yang bisa anda dapatkan menggunakan tiktok. Anda bisa bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk anda. Cara seperti ini sangat lumrah dilakukan oleh banyak orang.

Berkolaborasi dengan influencer dianggap sebagai salah satu cara promosi produk di tiktok yang paling mudah, cepat, dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Anda cukup menyediakan uang saja untuk membayar influencer yang anda inginkan untuk mempromosikan barang milik anda.

Tak perlu anda menggunakan yang sudah terkenal dan memiliki jutaan followers seperti di instagram. Di tiktok anda lebih mengedepankan daerah dari orang yang akan anda ajak bekerja sama. Karena dengan memilih influencer dari daerah a misalnya, anda berpotensi untuk memaksimalkan iklan produk anda di daerah a tersebut.

Tiktok memang masih memiliki kecacatan algoritma disana-sini, hal ini bisa menguntungkan,bisa saja merugikan bagi anda. Ketika anda satu celah algoritma seperti penentuan daerah dan juga hashtag anda bisa memanfaatkannya untuk kepentingan anda. Namun kadang anda bisa saja dirugikan dengan kecacatan algoritma ini.

Kembali lagi membahas influencer, ketika anda mendengar kata influencer di tiktok anda jangan langsung mengarah pada orang yang memiliki banyak viewer per video. Jika anda ingin menghemat budget anda, ada satu rahasia dari promosi video untuk mendapatkan banyak viewer dengan seketika.

Rahasianya adalah menggunakan model yang memiliki paras yang sedap di pandang. Hal ini adalah salah satu metode paling ampuh dalam menggaet viewers di tiktok. Terlebih lagi jika model tersebut bisa mengenakan outfit yang sopan namun tetap sedap dipandang. Dijamin dalam waktu singkat video promosi anda akan banyak yang melirik.

Strategi ini memang sangat primitif sekali, meski begitu anda tidak bisa meremehkan strategi seperti ini. Memang benar viewer anda bukanlah orang yang berniat membeli produk anda. Namun setidaknya dengan anda memaksimalkan jumlah viewers dari video promosi anda, maka anda bisa memaksimalkan jumlah viewers potensial.

Melakukan strategi marketing di Tiktok tak melulu anda harus mendapatkan banyak pembeli. Terutama untuk produk kecil, yang penting anda viral dulu, jumlah konsumen pasti akan datang di kemudian hari. Meski begitu, promosi menggunakan tiktok saat ini jauh lebih efisien daripada menggunakan media sosial lainnya.

Kunci dari keberhasilan dalam melakukan promosi di tiktok adalah viral, entah apa yang anda lakukan yang penting video anda viral di tiktok. Apapun bisa anda lakukan untuk menjadi viral di tiktok, terlebih lagi jika anda bisa memanfaatkan kontroversi untuk menarik simpati dari para viewers anda.

Itulah tadi beberapa tips untuk memaksimalkan promosi anda menggunakan media sosial yang saat ini sedang booming yaitu tiktok. Cara-cara yang telah dibahas di atas bisa anda jadikan referensi untuk anda yang berminat melakukan promosi menggunakan tiktok sebagai platform pilihan anda, selamat mencoba.

Baca Juga :