Baca Juga :

Manfaat Proposal Usaha – Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa proposal merupakan sebuah rancangan kegiatan yang disajikan dalam bentuk tulisan yang sistematis yang berguna untuk keperluan pengajuan permohonan seperti bantuan dana atau permohonan kerja sama antara pihak yang satu dengan pihak yang lain.

Manfaat Proposal Usaha

Proposal termasuk kedalam karangan ilmiah, karena bentuknya sangat identik dengan surat pengajuan permohonan. Selain dalam bidang usaha, proposal juga bisa dugunakan untuk menggalang dana dalam suatu kegiatan. Proposal – proposal tersebut biasanya ditujukan kepada para investor atau dinas – dinas terkait.

Dampak dari pertumbuhan dunia usaha yang semakin pesat, peran proposal begitu penting demi perkembangan sebuah bisnis. Dengan adanya proposal, para wirausaha bisa bekerja sama demi tercapainya keberhasilan. Untuk menjalin sebuah kerja sama antar pihak yang bersangkutan, tentu dibutuhkan adanya kepercayaan dan keyakinan.

Untuk menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan tersebutlah, maka dibutuhkan proposal. Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat proposal usaha. Namun, ada baiknya jika kita ketahui dulu apa saja jenis – jenis proposal itu.

Jenis Proposal Usaha

Sebelum lebih jauh mengenal manfaat proposal usaha, kita harus tahu dulu bentuk – bentuk dari proposal itu sendiri, karena membuat proposal tidak boleh asal jadi. Terdapat 3 bentuk proposal yaitu

  1. Proposal Usaha Formal

Proposal ini ditujukan untuk kegiatan – kegiatan yang bersifat resmi , biasanya dilaksanakan oleh sebuah instansi atau lembaga. Proposal ini memiliki sistematika penyusunan yang runtut dan telah dibuat secara detail. Untuk proposal usaha sendiri, biasanya menggunakan proposal yang bersifat formal karena biasanya berkaitan dengan suatu instansi dan perusahaan.

  1. Proposal Usaha Semi Formal

Proposal ini tidak selengkap dan detail seperti proposal formal, di dalamnya biasanya hanya terdapat seperti informasi mengenai masalah yang ada, saran, pemecahan, dan permohonan kepada pihak terkait.

  1. Proposal Usaha Non Formal

Proposal non formal bentuknya hampir sama dengan proposal semiformal dan penyampaiannya dalam bentuk memorandum atau permohonan.

Manfaat Proposal Usaha

Jika akan membuat proposal usaha, jika proposal yang tersebut berkaitan dengan perusahaan dan instansi besar maka digunakanlah proposal yang formal. Namun, apabila lingkup usaha kita masih kecil, kita bisa menggunakan proposal jenis semi-formal atau non-formal.

Ada beragam yang diperoleh jika kita menyusun proposal usaha. Berikut adalah rincian dari manfaat proposal usaha.

  1. Sebagai analisis aspek usaha

Di dalam membuat proposal usaha, ada beragam aspek yang harus dipertimbangkan antara lain

  1. Pasar dan pemasaran
  2. Keuangan
  3. Teknis/operasi
  4. Ekonomi sosial
  5. Dampak lingkungan

Analisis tersebut berfungsi untuk mengetahui apakah suatu bisnis layak untuk dijalan dan meraih profit maksimal ditinjau dari segala aspek.

  1. Sebagai acuan dalam Berbisnis

Sebelum membuat proposal usaha, tentu harus kita fokus lebih dulu dimana bisnis kita akan berkembang dan bersaing. Dengan fokus hanya pada satu bisnis untuk dituliskan ke proposal, maka proposal akan lebih tepat sasaran.

  1. Alat komunikasi dan meyakinkan

Proposal berfungsi sebagai keperluan pengajuan permohonan seperti bantuan dana atau permohonan kerja sama antara pihak yang satu dengan pihak yang lain. Tanpa adanya proposal, misalkan hanya melalui perbincangan antar mulut.

Hal ini tentu merepotkan karena lawan bicara mungkin saja tidak bisa menangkap secara detail tentang usaha yang dijalankan. Berbeda jika ada proposal, pihak yang diajukan proposal bisa mereview tulisan proposal dengan lebih rinci dengan membaca proposal tersebut. Maka dari itu, buatlah proposal yang meyakinkan.

  1. Media informasi dan komunikasi

Komunikasi merupakan hal paling penting dalam sebuah bisnis. Proposal juga bisa berfungsi sebagai sarana dalam berkomunikasi. Dengan menyusun proposal, kita harus berkomunikasi antar mitra bisnis kita, supaya proposal yang tersusun nanti bisa lebih meyakinkan dan terstruktur. Komunikasi antar mitra bisnis juga memiliki banyak manfaat , antara lain adalah

  1. Menghubungkan ide
  2. Menyusun kerangka proposal yang sistematis
  3. Kebebasan berpendapat
  4. Memberikan gambaran perencanaan
  5. Memberikan manfaat persuasif

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat proposal usaha disertai jenis – jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang mungkin mempunyai sebuah usaha dan sedang membutuhkan beberapa bantuan dana dari investor untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan.

Baca Juga :