Jasa Roasting Kopi Jogja – Memulai aktifitas di pagi hari diawali dengan sarapan. Sarapan roti dan selai ditemani secangkir kopi hangat. Mencium aroma kopi membuat pikiran fresh dan mood menjadi lebih baik. Pikiran fresh dan mood menjadi modal untuk kamu mendapatkan hari yang menyenangkan. Pekerjaan akan terselesaikan tepat waktu dan sesuai harapan.

Taukah Kamu jika ada cerita panjang dibalik harumnya secangkir kopi yang Bung dan Nona seduh setiap pagi?

Cerita Dibalik Seduhan Kopi Nikmat

Mendapatkan secangkir kopi dipagi hari rasanya seperti hal yang biasa saja. Mungkin dalam benak Bung dan Nona ada yang masih perfikir bahwa ini hanya perkara seberapa banyak kopi, gula dan air yang dituang ke dalam sebuah cangkir.

Membuat sebuah kopi yang nikmat nyatanya tidaklah semudah yang dibayangkan. Ini bukan hanya perkara seberapa banyak perbandingan antara bubuk kopi, gula dan air. Dibalik nikmatnya aroma kopi dari secangkir kopi dipagi hari, terdapat alur yang cukup panjang.

Alur yang panjang ini dimulai dari biji kopi pilihan yang sudah melewati proses panen dan masih menjadi biji kopi mentah (green bean). Biji kopi mentah ini yang selanjutnya masuk ketahap paling penting.

Mengapa dikatakan penting, karena melalui tahap ini biji kopi dipanggang dengan kriteria tertentu sehingga mengeluarkan aroma yang khas. Tahap pemanggangan ini disebut dengan tahap roasting. Tahap roasting

ada dua jenis ada yang tradisional dan ada yang menggunakan mesin.

Roasting sudah ada semenjak zaman dahulu. Semenjak ada secangkir kopi didalam kehidupan manusia, sejaklah itu tahap roasting sudah ada. Hanya saja orang-orang jaman dahulu masih menggunakan cara tradisional (manual).

Penggunaan cara tradisional tidak lain menggunakan tungku dan wajan. Kompor tungku berbahan tanah liat, pengapian menggunakan kayu bakar, dan wajan besi super tebal adalah alat yang digunakan untuk melakukan proses pemanggangan biji kopi (green bean).

Green Bean dimasukan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Green Bean diaduk terus menerus agar matang merata. Proses aduk menggunakan sendok kayu berukuran besar.

Orang zaman dahulu menggunakan pengalaman dan insting mereka pada pengukuran tingkat kematangan biji kopi. Biji Kopi yang sudah matang selanjutnya dipindahkan ke sebuah lumbung untuk di tumbuk dengan menggunakan tongkat kayu berukuran panjang dan besar.

Proses menumbuk ini dilakukan untuk menghasilkan bubuk kopi yang halus. Jika sudah menjadi sebuah bubuk kopi, Kopi siap untuk diseduh.

Diera yang sudah semakin modern, tahap roasting hadir dengan cara yang lebih mudah dan efisien. Biasanya alat roasting kopi dapat ditemui di kedai kopi atau pabrik-pabrik kopi yang membutuhkan kecepatan dalam kegiatan produksi.

Selain itu, tempat-tempat penyedia jasa roasting kopi Jogja misalnya, juga turut menyediakan. Memanggang kopi menggunakan mesin Roasting, mempunyai beberapa keunggulan. Diantaranya seperti proses pemanggangan kopi jadi lebih terukur.

Suhu pemanggangan dapat diatur sesuai keinginan Bung dan Nona. Memanggang biji kopi dengan tingkat kematangan dark, medium, atau light. Karena terdapat pengaturan suhu, proses pemanggangan pada biji kopi jadi lebih merata.

Setelah proses pemanggangan (roasting) selesai, sebelum masuk ketahapan berikutnya, biji kopi didiamkan selama sekitar 10 hari. Tahap ini disebut dengan tahap Resting. Setelah melalui tahap resting, biji kopi masuk pada tahap grinding. Tahap ini merupakan tahap dimana memasukan biji kopi yang sudah melalui tahap roasting ke dalam mesin penggiling.

Mesin penggiling kopi ini akrab disebut dengan mesin Grinder. Melalui mesin Grinder, Kamu tak perlu capek-capek mengeluarkan tenaga untuk menumbuk. Hanya dengan memsukan biji kopi yang sudah matang ke dalam mesin, jadilah bubuk kopi.

Mesin Grinder ini juga ada dua jenis, ada mesin Grinder dengan mata pisau tajam dan mesin Grinder dengan mata pisau bergerigi. Mana yang lebih bagus? Ini tergantung kebutuhan.

Coday Coffee Lab Tempat Jasa Roasting Kopi Jogja

Kopi yang tiap pagi Kamu seduh adalah kopi yang sudah melalui tahap sangat panjang. Untuk mendapatkan kopi yang nikmat, dibutuhkan keahlian dalam menjadikan roasting-an kopi. Jika asal, meskipun kopi tersebut sudah diseduh oleh yang ahli, tetap saja rasanya kurang nikmat.

Untuk dapat merasakan kopi dari hasil roasting-an profesesional, Kamu dapat mendapatkannya di Coday Coffee Lab & Roastery. Coday Coffee Lab & Roastery merupakan tempat untuk belajar berbagai jenis ilmu dalam dunia perkopian.

Mulai dari belajar jenis-jenis kopi, meroasting kopi, memproduksi kopi, hingga menjadi seorang barista yang handal. Di dukung oleh tenaga ahli dalam dunia perkopian. Menggunakan alat-alat yang modern sehingga menciptakan hasil kopi yang berkualitas.

Coday Coffee Lab & Roastery berada di Jalan Ahmad Wahid, Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Letaknya berada persis di seberang Coday Skylight Resto.

Coday Coffee Lab & Roastery tidak hanya sebagai tempat jasa roasting kopi Jogja saja. Namun, juga menyediakan paket-paket lengkap untuk Kamu yang ingin belajar menjadi seorang barista atau bahkan ingin membangun sebuah kedai kopi.

Coday Coffee Lab & Roastery memiliki orang yang ahli di bidang perkopian. Beliau adalah Agus Prasetio, seorang profesor kopi di Coday Coffee Lab & Roastery. Pria kelahiran Kota Bumi, 26 Agustus 1978 ini menjabat sebagai Head Reasearch & Development.

Beliau sudah memiliki pengalaman di dalam hingga luar negeri. Profesor kopi ini nantinya yang akan langsung membagikan ilmunya kepada Kalian yang ingin belajar bersama.

Paket Belajar seru di Coday Coffee Lab & Roastery

Bagi Kamu yang penasaran dengan layanan dan biaya yang perlu disiapkan untuk belajar di Coday Coffe & Lab. Paket Training Barista dan Coffee Shop Managament adalah sebagai berikut:

  • Paket Materi Dasar Pengetahuan Tentang Kopi 1.800.000 / 2 hari
  • Paket Materi Manual Brewing 1.800.000 / 2 hari
  • Paket Materi Espresso Based & Latte Art 1.800.000 / 2 hari
  • Paket Materi Manajemen Coffee Shop 1.400.000 / 2 hari

Paket materi dasar pengetahuan tentang kopi ini berisikan materi mengenai sejarah kopi, pemahaman jenis-jenis kopi, pengenalan profil roasting, teknik uji cita rasa. Materi manual brewing merupakan paket materi yang berisikan pembelajaran mengenai bagaimana cara memilih kopi yang baik, penjelasan proses roasting dan proses roasting. Teori dan praktek proses menyeduh kopi dengan metode manual brewing.

Materi espresso based dan latte art adalah tentang pengenalan dan pengetahuan mengenai mesin espresso, teknik membuat espresso shot, teknik steaming dan froating foam susu, hingga praktek membuat turunan espresso based. Paket materi manajemen coffee shop merupakan paket yang memberikan materi yang diperuntukan bagi Kamu yang ingin membuka sebuah kedai kopi.

Demikianlah tempat jasa roasting kopi Jogja paling favorit dan lengkap. Yuk buruan gabung untuk belajar lebih dalam tentang dunia perkopian.  Untuk info lebih lanjut Kamu bisa cek lansung website Coday Coffee Lab & Roastery di www.coday.id atau juga bisa hubungi customer service mereka di nomor 0878 3978 8839.