Baca Juga :

Promosi online merupakan usaha untuk memasarkan merek memakai media digital sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih relevan dan tepat waktu. Tipe dari jenis pemasaran yang satu ini mencakup berbagai cara promosi online yang menggabungkan berbagai elemen seperti brosur digital, email, dan sebagainya.

Cara Promosi Online

Secara umum, cara promosi online ini juga menggabungkan beberapa faktor yang meliputi humanis, psikologis, antropologi, serta teknologi yang menjadi media baru yang memiliki kapasitas yang besar, multimedia, serta interaktif. Sehingga, pemasaran digital ini mampu memperluas pelayanan perusahaan serta keterlibatan dari para konsumen.

Nah, kali ini akan dibahas mengenai cara promosi online yang bisa Anda lakukan. Beberapa teknik ini dibedakan berdasarkan cara pengiriman dan tools yang digunakannya. Berikut ulasan selengkapnya!

Cara Promosi Online Berdasarkan Cara Pengiriman

Ada dua cara promosi digital berdasarkan pada cara pengirimannya. Diantaranya :

Teknik Tarik

Teknik promosi digital yang pertama ini melibatkan konsumen untuk melihat, mencari, serta mengambil informasi langsung melalui mesin pencari maupun situs. Di sini, konsumen berperan secara aktif untuk mencari informasi yang dibutuhkannya. Teknik ini ada pada situs, blog, audio streaming, dan sebagainya.

Kelebihan dari teknik tarik ini adalah tidak membutuhkan teknologi yang canggih untuk membuat konten. Anda hanya perlu menyimpan serta menampilkannya. Tidak terdapat batasan, baik pada konten maupun ukuran berkasnya. Sebab, semuanya ditentukan konsumen. Selain itu, kebebasan media adalah perusahaan bebas untuk menggunakan metode mana saja agar konsumen bisa tertarik.

Untuk kekurangan dari teknik ini adalah tidak terdapat personalisasi untuk menjaga pengunjung agar datang lagi. Pun, bersifat pasir sebab hanya mengandalkan search engine. Selain itu, teknik tarik ini akan membuat pelaku usaha memiliki kemampuan yang terbatas dalam mengukur hasil untuk konsumen.

Teknik Dorong

Teknik promosi online yang satu ini memberi informasi pada konsumen dengan cara melihat dan menerima iklan digital secara lebih aktif. Informasi yang dimaksud bisa datang melalui panggilan ponsel, SMS, e-mail, RSS, dan sebagainya.

Kelebihan dari teknik ini adalah bisa memilih sasaran konsumen secara khusus. Selain itu, pesan bisa sesuai dengan kriteria calon konsumen. Pun, dapat melakukan pelacakan secara rinci mengenai pilihan dari konsumen.

Sedangkan kekurangannya ada pada perlunya mekanisme untuk mengirim pesan. Juga, pesan bisa dicegah konsumen. Ada juga isu privasi karena konsumen yang tidak tertarik dengan email yang dikirim.

Teknik Promosi Digital Berdasarkan Tools

Agar produk bisa dilirik oleh konsumen, maka Anda perlu melakukan teknik khusus. Dimana ada banyak sekali teknik yang dapat Anda lakukan berdasarkan pada tools yang dipakai. Diantaranya :

  • Bookmark

Untuk mendorong konsumen agar mengunjungi website Anda bisa dilakukan dengan cara meminta mereka menggunakan bookmark. Dimana bookmark sendiri artinya menandai situs yang akan dikunjungi pengguna. Bookmark akan memudahkan pengguna untuk menemukan website yang diinginkan tanpa mengingat URL-nya.

  • Survei

Teknik promosi digital yang selanjutnya adalah melakukan survei. Langkah ini akan membantu pelaku usaha untuk mengumpulkan data dari para pelanggan. Data ini nantinya bisa menjadi acuan untuk meningkatkan produk serta memperbaikinya di masa yang akan datang. Anda bisa memberikan promo dan hadiah tertentu supaya pelanggan mau mengisi survei yang Anda lakukan.

  • Feedback Forms

Teknik promosi digital yang paling baik adalah dengan cara merefleksi diri untuk mengetahui apa yang orang pikirkan mengenai produk Anda. Feedback ini akan berguna dalam meningkatkan kualitas dan memberikan pelayanan yang lebih baik.

Fitur feedback ini akan membuat pelanggan merasa Anda menghargainya. Sehingga, Anda juga tertarik dengan yang akan dikatakan serta bisa membangun hubungan lebih personal dengan para pelanggan.

Feedback juga memiliki kekurangan yakni pelanggan dapat mengajukan berbagai pertanyaan untuk Anda. Sehingga, Anda pun bisa jadi memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan perusahaan. Sehingga, nantinya, pelanggan tidak akan memakai fitur ini.

  • Promo

Website dengan beragam promo mulai dari kupon, potongan harga, serta giveaway sepertinya lebih menarik ketimbang yang promosinya lempeng-lempeng saja. Promo akan mendorong pelanggan agar mengunjungi website setiap hari. Sehingga, akan memunculkan kesempatan pamer produk serta jasa yang baru pada pelanggan.

  • Iklan Banner

Spanduk atau iklan banner ini bisa meningkatkan awareness pada merek yang Anda miliki. Banner online yang menarik dan unik sangat efektif dalam meningkatkan traffic website sampai pada calls to action.

  • Strategi Backlink

Selain melalui website sendiri, tentu saja calon konsumen akan mudah menemukan Anda apabila menempatkan link pada website orang lain yang relevan. Kuncinya adalah dengan menempatkan link yang targetnya serupa dengan target Anda. Akan tetapi, Anda juga harus menghindari menempatkan link pada website milik kompetitor.

  • Konten

Konten merupakan umpan yang tidak kalah baik agar pengunjung bisa datang berulang kali ke website Anda. Terlebih, apabila konten ini unik dan segar. Serta mengandung aspek yang dibutuhkan pengunjung maupun calon pelanggan.

  • Chat Online

Chat online memiliki cara kerja seperti forum yang mana pelanggan bisa berbagi pengalaman dan berkumpul dan membahas tentang bagaimana berbelanja di situs Anda. Tools ini akan memungkinkan bagi Anda dalam mengakses opini para pelanggan langsung serta melihat apa pandangan mereka.

  • Posting Artikel

Anda juga harus memaksimalkan postingan artikel supaya bisa mencapai target potensial yang terjauh. Apabila ada orang yang melihat artikel ini serta menganggapnya berguna, maka mereka pun akan mengunjungi website milik Anda.

  • News Group

Dalam promosi digital, Anda juga sangat penting dalam membangun reputasi. Anda juga bisa mengidentifikasi trend baru di industri dengan cara bergabung dengan newsgroup. Selain itu, Anda juga dapat mengevaluasi kebutuhan para pelanggan. Cari lah kelompok yang sekiranya  bisa membantu memperoleh pelanggan yang potensial.

Cara Agar Teknik Promosi Digital Bisa Berhasil

Dalam pemasaran digital, ada istilah AIDA yang merupakan akronim dari awareness, interest, desire, dan action. Terlebih, untuk proses memperkenalkan produk maupun jasa pada konsumen. Nah, mari membahas tentang AIDA supaya teknik promosi digital bisa berhasil.

  1. Awareness atau kesadaran : Langkah pertama adalah membangun kesadaran akan merek milik Anda dengan cara memasang iklan di berbagai media online seperti Detik.com, dan sebagainya.
  2. Interest atau ketertarikan : Ketertarikan biasanya muncul sesudah membangun kesadaran kepada konsumen. Diantaranya bisa dilakukan dengan sistem offline dan online. Sistem offline memungkinkan pengusaha langsung cari info di pasar. Sedangkan melalui online, konsumen mencari tahu terkait produk melalui search engine dan sosial media.
  3. Desire atau keinginan : Adanya keyakinan makan memunculkan keinginan untuk mencoba produk maupun jasa. Sistem online ditandai dengan cara mencari keterangan secara lengkap mengenai produk via situs web.
  4. Action atau tindakan : Tahapan yang terakhir akan menentukan apa yang dilakukan konsumen pada produk tersebut. Apakah akan membelinya atau mengabaikannya.

Demikian pembahasan tentang cara promosi online shop yang menarik dan efektif, semoga bisa menjadikan langkah Anda menjajaki dunia online menjadi semakin mulus.

Baca Juga :