Baca Juga :

Kebanyakan dari anda memang menggunakan tiktok tapi tidak semua dari anda mengetahui cara iklan di tiktok ads. Sejauh ini di indonesia beriklan melalui platform tiktok memang belum banyak dilakukan dan masih terbatas perusahaan tertentu saja yang menggunakan tiktok sebagai platform advertising.

Pada faktanya siapa saja bisa dengan mudah mempromosikan bisnis mereka menggunakan tiktok sebagai platformnya. Tiktok ads memberikan anda kemudahan dalam memanajemen iklan dari produk yang anda pasarkan. Dengan bantuan tiktok ads diharapkan anda bisa mendapatkan traffic lebih tinggi pada bisnis yang anda miliki.

Cara Iklan Di Tiktok Step by Step

Menggunakan tiktok ads memang membutuhkan sedikit ketelatenan dan modal untuk membuat iklan anda tampil di beranda tiktok. Yang utama harus anda siapkan adalah modal yang cukup karena beriklan melalui tiktok tidaklah murah. Berikut ini adalah runtutan yang harus anda ikuti ketika anda ingin membuat tiktok ads untuk akun anda.

  1. Buat Akun Tiktok Ads

Yang pertama anda harus lakukan tentunya membuat akun tiktok bisnis. Anda bisa melakukannya dengan melakukan login di tiktok.com/bussiness. Anda cukup mendaftar dan juga mengisi form seperti anda mengisi pendaftaran aplikasi pada umumnya. Langkah ini sangat mudah dan cepat.

  1. Buat Tiktok Ad Campaign

Cara iklan di tiktok berikutnya ketika anda sudah sukses mendaftar di tiktok business adalah dengan mengatur ad campaign anda. Anda bisa mengaturnya pada menu campaign di bagian kiri atas halaman. Kemudian anda memilih iklan baru dan anda bisa mengatur sendiri pengaturan iklan anda.

  1. Pengaturan Lanjutan

Setelah anda membuat tiktok campaign anda bisa melakukan pengaturan lanjutan seperti pengaturan peletakan iklan, detail iklan anda, dan juga target dari pasar yang anda inginkan. Semuanya bisa anda lakukan dengan mudah pada panel pengaturan, jika anda ingin menambahkan detail lain anda bisa mencarinya di pengaturan iklan anda.

Cara Beriklan Di Tiktok Ads Dengan Efektif

Kini anda sudah memiliki akun tiktok ads untuk mempromosikan bisnis anda. Lalu bagaimana anda harus membuat sebuah iklan. Iklan di tiktok bisa anda buat sendiri dengan menggunakan kreativitas anda, atau anda juga bisa membayar orang untuk membuatkan iklan untuk anda gunakan.

Jika anda ingin membuat sendiri iklan untuk produk bisnis anda, berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda lakukan, dan yang tak boleh anda lakukan ketika anda membuat iklan di tiktok. Tidak ada detail yang terlalu sulit, semuanya adalah hal dasar yang harus anda ketahui dan tak boleh anda lupakan.

  • Soft Selling

Yang paling penting cara iklan di tiktok ads yang tidak boleh anda lewatkan adalah pendekatan soft selling. Anda harus membuat video iklan anda se terselubung mungkin sehingga orang yang melihat tampilan iklan anda tidak sadar kalau yang sedang mereka lihat sebenarnya adalah sebuah iklan.

Dengan menggunakan pendekatan soft selling ini anda bisa mempertahankan para viewer dari video tiktok yang anda posting. Mereka tidak akan langsung menskip video anda karena mereka tidak sadar bahwa sebenarnya yang mereka lihat pada saat itu adalah sebuah iklan dari bisnis yang sedang anda jalankan.

  • Ikuti Trend

Mengikuti trend adalah hal yang terbilang paling sulit di tiktok karena mungkin pada minggu ini tema dari video anda masih sesuatu yang hangat, namun belum tentu di minggu berikutnya tema video anda masih relevan dengan apa yang ada di tiktok. Hal ini yang tentunya menuntut kreativitas anda untuk membuat sebuah video.

Pergeseran trend yang cepat ini mengharuskan anda memiliki team advertising tersendiri yang khusus memikirkan tentang ide dan eksekusi dari iklan produk bisnis anda. Sebenarnya bisa saja anda mengerjakan tema iklan sendiri namun sudah pasti hal tersebut akan sangat menguras otak anda.

  • Buat Sebuah Trend

Ketika anda kesulitan mengikuti sebuah trend, kenapa anda tidak membuat trend tersendiri. Hal ini memang tergolong sangat menguras ide, namun ketika anda sudah bisa membuat sebuah trend maka anda akan masuk dalam sebuah lingkaran pembuat trend di tiktok dan bisa mengeluarkan sebuah trend semau anda.

Terlebih lagi jika anda memanfaatkan akun personal dan bukan menggunakan akun bisnis. Menjadi pembuat trend akan lebih mudah karena anda tidak terikat dengan nama korporasi apapun. Hal ini juga akan membuat follower anda lebih merasa dekat karena mereka bukanlah pihak korporasi.

Untuk membuat sebuah trend memang membutuhkan waktu lama, anda harus mampu menjadi sosok yang memiliki pengaruh di platform tiktok dalam arti lain anda harus punya sangat banyak pengikut di akun personal anda. Ketika anda sudah memiliki banyak pengikut maka membuat sebuah trend bisa anda lakukan.

Memang tahapan ini sangat sulit dan tidak rekomended sama sekali untuk anda yang pure bisnis oriented. Namun yang anda mungkin tidak pikirkan adalah ketika anda sudah memegang kendali dari audiens anda, maka anda juga bisa mengendalikan mereka untuk kepentingan anda, dalam hal ini untuk menjadi konsumen bisnis anda.

Bukankah sangat menyenangkan sekali ketika anda memiliki kerumunan orang yang bersedia melakukan apapun untuk keinginan anda. Inilah sisi positif dari menjadi pihak yang berpengaruh atau influencer di tiktok. Anda akan dengan mudah menjual apapun produk anda kepada para fanbase anda.

  • Bekerja Sama Dengan Influencer

Cara iklan di tiktok ads yang satu ini adalah cara yang paling mainstream, mudah dan cepat bagi anda yang ingin dengan instan menarik minat para pengguna platform video yang satu ini. Menggaet seorang influencer untuk mempromosikan bisnis anda tentunya akan sangat memudahkan anda untuk mengontrol opini publik.

Anda tidak perlu bersusah payah membangun sebuah ikon untuk produk anda karena ikon tersebut sudah ada yakni influencer yang anda sewa untuk mempromosikan produk bisnis anda. Selain menjadi sebuah ikon hal ini juga akan membantu anda memperluas pangsa pasar dari produk anda.

Dengan bekerja sama dengan influencer anda akan lebih mudah dalam membuat sebuah iklan dan tak lagi perlu dipusingkan dengan mengikuti segala kerumitan untuk bisa memviralkan video anda karena tentunya influencer yang anda ajak kerjasama pasti sudah memiliki banyak follower yang bersedia melihat iklan anda.

Yang perlu anda perhatikan adalah pemilihan dari influencer yang akan anda gunakan. Pastikan apakah karakter dari influencer tersebut bisa menjual dari produk bisnis anda, pastikan juga apakah fanbase dari influencer tersebut merupakan pangsa pasar yang cocok untuk barang yang akan anda promosikan.

Itulah tadi beberapa cara iklan di tiktok ads yang paling efektif dan paling mudah membawa keuntungan untuk bisnis anda. Anda bisa menyesuaikan referensi yang telah dijabarkan di atas sesuai dengan kemampuan dan juga kebutuhan anda. Pastikan strategi yang anda pakai adalah strategi yang pas untuk mendatangkan keuntungan pada anda.

Baca Juga :