Baca Juga :

Cara Daftar Asuransi Mobil – Asuransi mobil adalah layanan perlindungan yang diberikan oleh sebuah perusahaan terhadap sebuah mobil. Resiko dari yang akan terjadi pada mobil tersebut akan dialihkan ke perusahaan asuransi dengan melakukan pembayaran sebuah premi.

Bagaimana cara daftar asuransi mobil? Cara daftar asuransi mobil adalah: pahami kebutuhan, pelajari fungsi asuransi mobil, cari asuransi terbaik dan bandingkan, isi formulir, pahami kontrak, buat polis dan bayar premi.

Cara daftar asuransi mobil pun sangat mudah dan prosesnya pun tidak sulit. Namun, sebelum memutuskan untuk mendaftar, ada beberapa hal perlu diketahui dan dipertimbangkan.

Saat ini terdapat banyak perusahaan dan produk asuransi untuk mobil, namun belum tentu semuanya cocok. Sebelum memilih produk asuransi, pastikan untuk mengetahui pentingnya dan fungsi dari asuransi. Jangan sampai salah memilih yang salah hingga menyebabkan kerugian.

Selanjutnya, cek beberapa opsi perusahaan yang ada di pasar atau wilayah sekitar. Bandingkan beberapa pilihan sebelum mendfatar. Bandingkan harga serta fasilitas yang didapatkan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, ada banyak proses yang harus dilalui sebelum mendaftar sebuah asuransi mobil yang tepat.

Pentingnya Asuransi Mobil

Sebagian besar orang masih menganggap bahwa asuransi mobil masih kurang penting dan terlalu mahal. Hal ini dikarenakan adanya pembayaran premi setiap bulan atau tahun yang jumlahnya tidak sedikit. Jika tidak terjadi apa pun terhadap mobilnya, maka uang premi itu akan hangus.

Namun jika dilihat, angka kecelakaan maupun kejahatan di berbagai sektor di Indonesia sangatlah tinggi. Di Jakarta saja, setiap harinya ada kurang lebih 9 kasus pencurian dan pada tahun 2019 jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 107.500 kasus. Jadi dengan tingkat kriminalitas yang cukup tinggi, asuransi mobil akan sangat membantu.

Namun, perlu diketahui bahwa memiliki asuransi mobil bukan hanya sekedar alat ganti rugi. Namun jika digunakan dengan baik, maka asuransi mobil dapat dijadikan investasi perawatan.

Untuk setiap kerugian yang terjadi pada mobil, pemilik tidak perlu mengeluarkan uang karena akan diganti oleh asuransi. Bayangkan saja, jumlah yang harus dikeluarkan jika tidak menggunakan asuransi mobil.

Langkah-langkah untuk Mendaftar Asuransi

Cara daftar asuransi mobil tidaklah susah, karena pada dasarnya pendaftar hanya perlu mengisi formulir lalu membayar premi. Namun, untuk memastikan asuransi yang didapatkan dan sesuai yang diinginkan, maka berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Ketahui Kebutuhan

Sebelum mendaftar asuransi mobil, ada pentinya untuk mengetahui kebutuhan kendaraan yang dimiliki. Hal ini dapat dilihat dari jenis mobil, usia mobil serta lingkungan sekitar. Jika tidak memiliki resiko yang tinggi, maka tidak perlu mengambil asuransi yang all-risk. Namun sebaliknya, jika tinggal di area yang rawan, ada baiknya untuk memilih asuransi all-risk.

2. Pahami Fungsi Asuransi Mobil, Jenis, dan Lingkupnya

Fungsi utama dari asuransi mobil adalah untuk mengganti kerugian yang telah terjadi pada kendaraan. Namun, jumlah yang diganti akan sesuai dengan pembayaran premi.

Oleh karena itu, ketika memilih sebuah paket asuransi, pastikan untuk mengetahui jenis dan lingkup penggantiannya. Pastikan mengetahui sebesar besar penggantiannya, cara klaimnya serta apa saja yang dapat diklaimkan ke perusahaan.

3. Cari Pilihan Asuransi Terbaik dan Bandingkan

Setelah mengetahui kebutuhan, carilah beberapa opsi dari perusahaan asuransi. Saat ini banyak perusahaan yang menyediakan asuransi mobil dengan berbagai kelebihannya. Namun satu perusahaan dengan perusahaan bisa jadi memberikan fasilitas yang sama, namun dengan harga yang berbeda.

Oleh karena itu, kumpulkan penawaran dari beberapa perusahaan dan bandingkan mana yang terbaik. Jadi, jangan terburu-buru untuk mendaftar ke satu perusahaan.

4. Mengisi Formulir Pendaftaran

Ketika sudah memutuskan perusahaan mana yang memberikan penawaran terbaik, saatnya mendaftar. Biasanya, pendaftar akan mengisi sebuah formulir pendaftaran dan harus melengkapi dokumen yang ditentukan.

Sebagian besar perusahaan memiliki persyaratan yang kurang lebih sama, sehingga pendaftar dapat menyiapkan dokumennya terlebih dahulu.

Beberapa dokumen yang pasti akan dibutuhkan adalah STNK, kartu identitas/ KTP, SIM, KITAS/ KITAP bagi warga asing. Namun jika ingin mendaftar mobil perusahaan, maka dibutuhkan Salinan NPWP/ SIUP untuk mendaftar. Usahakan untuk menyediakan kopian dari dokumen tersebut, karena biasanya akan dilampirkan ketika pendaftaran.

5. Memahami Isi Kontrak

Sebelum melakukan tanda tangan pada kontrak, pastikan untuk membaca dan memahami isi kontrak. Pastikan untuk mengetahui jenis-jenis resiko yang akan ditanggung oleh perusahaan dan bagaimana cara untuk klaim kerugian. Jadi, pastikan untuk mebaca kontrak dengan baik.

6. Melakukan Survei

Setelah melakukan pendaftaran dan melengkapi seluruh berkas yang ada, akan ada petugas yang melakukan survei terhadap kendaraan pendaftar. Survei ini biasanya akan menentukan biaya premi serta dimasukkan ke dalam laporan survei. Namun jika mobil masih dalam kondisi baru, biasanya proses ini tidak diperlukan.

7. Pembuatan Polis dan Pembayraran Premi

Jika semua sudah sesuai dan dokumen yang dibutuhkan telah lengkap, maka polis asuransi akan dicetak. Pendaftar dapat mengambil polis di kantor perusahaan atau dikirim ke alamat rumah. Namun saat ini juga sudah banyak yang mengirimkan polis dengan surat elektronik.

Langkah terkahir untuk bisa mendapatkan asuransi adalah melakukan pembayaran premi. Pembayaran dapat dilakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan jumlah yang telah disepakati. Jadi pastikan tidak sampai terlambar untuk membayar premi.

Jadi banyak hal yang harus dilakukan dan dipertimbangkan sebelum mendaftar sebuah asuransi mobil. Pada dasarnya, cara daftar asuransi mobil sangat mudah dan cepat, namun proses sampai selesai mebutuhkan waktu. Untuk mempercepat proses pendaftaran ada baiknya untuk menyiapkan segala dokumen terlebih dahulu.

Apabila mobil yang diasuransikan baru, berikan bukti pembelian dan dokumen mobil. Hal ini akan mempersingkat dan memotong salah satu step dalam cara daftar asuransi mobil. Siilahkan mencoba langkah-langkah diatas ketika ingin daftar asuransi mobil.

Baca Juga :