Baca Juga :

Caption Promosi Makanan – 10 tahun yang lalu, media online mungkin belum banyak dipertimbangkan untuk menjadi suatu bisnis. Namun, siapa sangka jika internet adalah lahan yang sangat menjanjikan untuk menjual berbagai produk, termasuk makanan. Nah, saat ini, media sosial pun kerap dijadikan sebagai akun bisnis sehingga bisa mencakup target pasar yang lebih luas lagi.

Namun, tentu saja dengan bertambahnya peluang di sosial media, bertambah pula pesaing untuk produk makanan yang dijual. Untuk itu, Anda harus melakukan sesuatu yang unik agar produk terlihat berbeda. Salah satunya dengan menggunakan kalimat caption promosi makanan yang kreatif.

Bagi Anda yang baru saja berkecimpung di dunia penjualan online, tips berikut ini pastinya akan sangat membantu. Sebab, ulasan di bawah ini akan membahas tuntas tentang cara membuat caption promosi makanan kreatif. Bagaimana caranya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Tips Membikin Caption Promosi Makanan

Sebelum membuat kalimat caption yang tepat, perhatikan beberapa tipsnya agar promosi menjadi semakin mantap. Dengan begitu, orang yang membaca kalimat promosi akan tergiur dan memesannya segera.

  1. Menggunakan Kata yang dapat Memengaruhi

Kalimat promosi yang dibuat tentu saja bertujuan untuk bisa memengaruhi pembaca. Sehingga, mereka akan tertarik untuk memesan makanan atau minuman yang ditawarkan. Pastikan Anda menambahkan kata yang memengaruhi sehingga orang pun tidak berpikir panjang untuk membelinya.

Anda bisa membubuhkan kata gratis, bonus, diskon, free ongkir, dan sebagainya. Dengan tambahan layanan tersebut, orang-orang pun akan menganggap bahwa toko Anda memiliki nilai lebih.

  1. Menggunakan Kalimat Solusi

Keberadaan suatu produk diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan banyak orang. Nah, untuk makanan sendiri tentu saja dibuat agar calon pelanggan menjadi kenyang. Selain itu, biasanya, masalah harga, kebersihan, bahan yang digunakan pun kerap menjadi masalah bagi konsumen untuk menentukan makanan yang tepat.

Anda bisa menyusup ke celah-celah peluang dari masalah yang timbul. Berikan solusi, maka orang-orang pun akan berdatangan dan memesan makanan yang Anda jual.

  1. Memberikan Sapaan Langsung untuk Calon Pelanggan

Iklan dan promosi bisa dianalogikan menjadi jabat tangan yang pertama antara Anda dan calon pelanggan. Nah, tentu saja, kesan pertama harus lebih intens agar Anda bisa membentuk koneksi dengan target market. Sebaiknya, Anda mengedepankan target market ketimbang brand Anda sendiri.

Sehingga, Anda memberikan sentuhan personal. Anda bisa menggunakan kata sapaan langsung pada calon pelanggan dengan sebutan “Anda, kamu, lo, kalian, dan sebagainya.” Anda juga bisa menggunakan sapaan khusus sesuai dengan target market seperti “Hijabers, Hijab Lovers, Bunda, Moms, Dude, Gais, dan sebagainya.” Dari sudut pandang psikologis, sapaan langsung ini akan sangat membantu dalam membangun suatu koneksi.

  1. Mengarahkan Pengunjung

Caption promosi makanan yang kreatif juga menambahkan arahan secara spesifik mengenai apa yang harus pelanggan lakukan agar bisa berinteraksi pada halaman sosial media Anda. Jangan berikan perintah sederhana seperti “klik”. Hal ini tentu saja kurang jelas dan membingungkan.

Untuk itu, bisa juga diganti dengan menuliskan “klik tombol di bawah ini untuk mengetahui detail produk”, atau bisa juga dengan menambahkan “klik link pada profil kami untuk pemesanan”, “Swipe up for more information.”

Dengan begitu, orang-orang yang menjelajah bisa mengerti bagaimana cara mengetahui suatu produk atau memesan.

  1. Menawarkan Produk-Produk Baru

Selain dengan berbagai bonus dan promo, orang-orang juga sangat excited untuk produk baru. Sehingga, Anda perlu menambahkan jenis makanan yang baru untuk para pelanggan. Menegaskan kata baru atau terbaru pada caption promosi makanan, maka tentu saja akan sangat menarik perhatian bagi banyak pelanggan.

Contoh Caption Promosi Makanan yang Kreatif

Ada banyak ide untuk menulis caption makanan yang kreatif. Caranya, dengan menambahkan beberapa magic word. Apa saja magic word yang bisa digunakan? Yuk, simak langsung beberapa diantaranya dan juga contohnya di bawah ini!

#1 Asli

Makanan dari bahan asli selalu diburu. Sebab, beberapa produk memang banyak peminatnya, sehingga oleh oknum tertentu dimanfaatkan untuk membuat produk palsu. Contoh caption promosi makanan yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut:

  1. Madu asli dari sarangnya. Memiliki banyak khasiat. Yuk, segera order. Jaminan uang kembali jika madu yang Anda dapatkan palsu.
  2. Sari lemon asli, langsung dipetik dari kebunnya. Bisa untuk diet juga, ya. Cus, order! Jangan sampai kehabisan.

#2 Paket Lengkap

Menawarkan paket lengkap juga menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen. Semakin banyak layanan dalam paket lengkap makanan, serta harga murah yang ditawarkan, maka produk dijamin semakin laris manis. Kata ajaib ini bisa Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan dan produk yang ditawarkan.

Contohnya, bisa Anda lihat di bawah ini:

  1. Hanya dengan 20 ribu saja, kamu udah dapat paket lengkap nasi ayam, lalapan, kentang goreng, dan es teh manis. Paket makan siang ini bisa banget menemani jam istirahatmu yang singkat!
  2. Paket Herbal untuk diet lengkap. Mulai dari jamu kunyit asem, lemon, madu, dan masih banyak lagi. Paket ini bisa kamu konsumsi sampai seminggu. Yuk, beli paket lengkapnya untuk dapatkan harga lebih murah.

#3 Bahan Alami

Makanan yang menggunakan bahan alami saat ini lebih banyak dilirik karena kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin tinggi. Untuk itu, menambahkan kata “bahan alami” pada caption promosi makanan akan semakin meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda.

Bagaimana contoh captionnya? Yuk, simak di bawah ini:

  1. Nasi goreng dengan bumbu dan bahan alami lainnya. Tanpa MSG dijamin sehat. Yuk, order sekarang, kami antarkan sampai rumah.
  2. Saus tomat homemade dibuat dengan rempah dan bahan alami lain. Tidak mengandung pengawet dan bahan kimia lain. Butuh saus yang sehat dan enak? Segera chat WA 0876 666 ****.

#4 Hemat

Masalah harga adalah yang paling dititik beratkan oleh para konsumen ketika akan membeli suatu produk makanan. Sebab, tentu saja konsumen tidak ingin rugi. Kata hemat juga sebaiknya digunakan secara bijak. Jangan karena ingin mendapat banyak orderan, tetapi mengabaikan keuntungan yang didapatkan. Sehingga, pikirkan matang-matang dan pertimbangan dengan baik.

Contoh penggunaan kata hemat pada caption promosi makanan adalah sebagai berikut:

  1. “Beli 2 dada ayam goreng lebih hemat karena ada potongan harga 10%. Penawaran khusus untuk hari ini saja. So, gercep dan buat dompetmu tersenyum!”
  2. “Solusi akhir bulan yang super hemat. Hanya dengan 10 ribu saja, kamu sudah dapatkan sepaket nasi ayam dengan air mineral. Promo terbatas hanya di tanggal 30 sampai 31 saja, ya!”

Kata-kata adalah jurus ampuh untuk meningkatkan penjualan. Dengan berbagai tips dan trik di atas, diharapkan Anda semakin terinspirasi untuk membuat caption promosi makanan yang menarik. Semakin unik, nyeleneh, dan aneh, promosi Anda dijamin mendatangkan semakin banyak pengunjung. Jangan meremehkan kekuatan kata-kata, ya!

Baca Juga :