Buka Usaha Budidaya Ikan Gurame – Ikan gurame adalah satu jenis ikan konsumsi yang banyak digemari sebagian besar masyarakat. Dagingnya yang padat dengan rasa yang gurih membuat ikan ini banyak dicari orang. Harga ikan gurame cenderung mengalami kenaikan dan hal ini membuat prospek budidaya ikan gurami semakin cerah. Bahkan untuk budidaya ikan gurami tidak diperlukan modal yang terlalu besar.

Berapakah modal untuk usaha budidaya ikan gurami? Untuk budidaya ikan gurami modal awal sebesar Rp 13.500.000. Biaya tersebut diperlukan untuk biaya membuat kolam ikan Rp 3.500.000, membeli pompa air Rp 500.000, pembelian benih ikan gurame Rp 2.500.000 dan lain sebagainya. Untuk biaya operasional dalam sebulan bisa dilihat di bawah.

Berapakah modal usaha budidaya ikan gurame?

Usaha budidaya ikan gurame bisa dilakukan oleh siapa saya karena memelihara ikan gurame tidak memerlukan keahlian khusus. Budidaya ikan gurame bisa dilakukan dengan cara yang fleksibel, misal bila modal anda terbatas anda bisa memelihara ikan gurame dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Jika modal sudah mulai terkumpul anda bisa memperbanyak dan memperbesar kolam ikan sesuai yang dibutuhkan.

Untuk memulai budidaya ikan gurame, anda harus menyiapkan dana yang cukup sesuai dengan besar dan jumlah ikan gurame yang akan dipelihara. Untuk kolam ukuran sedang, anda akan membutuhkan modal awal dengan rincian sebagai berikut:

Related Post
Nama item Harga Total
Biaya pembuatan kolam ikan Rp 3.500.000
Pompa air Rp 500.000
Pembelian benih ikan gurame Rp 2.500.000
Perlengkapan kolam ikan Rp 1.000.000
Kebuituhan lain lain Ro 500.000
Jumlah Rp 8.000.000

Selain yang sudah disebutkan di atas, peternak juga harus mempersiapkan dana rutin untuk operasional bulanan dengan pengalokasian sebagai berikut:

  • Biaya pakan ikan dalam sebulan sebesar Rp 2.500.000
  • Biaya untuk untuk vitamin dan obat obatan 1.000.000
  • Biaya listrik dan air sebesar Rp 500.000
  • Pakan tambahan sebesar Rp 500.000
  • Gaji karyawan Rp 1.000.000
  • Total biaya operasional dalam sebulan Rp 5.500.000

Catatan biaya yang tertera di atas hanyalah estimasi kasar dan bisa berubah sesuai dengan keadaan yang anda hadapi di lapangan. Biaya yang tercantum belum termasuk biaya sewa lahan (asumsi diatas merupakan lahan milik sendiri).

Dimanakah lokasi strategis usaha budidaya ikan gurame?

Lokasi strategis usaha budidaya ikan gurame adalah di pedesaan dimana masih banyak lahan kosong dan pasokan air bersih yang memadai. Agar ikan gurame bisa tumbuh dan berkembang dengan pesat, kolam ikan gurame harus memenuhi beberapa persyaratan yang diantaranya sebagai berikut:

  • Suhu maksimal air kolam tidak boleh lebih dari 30 derajat celcius
  • Air harus bersih dan tidak tercemar oleh zat-zat beracun. Air kolam juga tidak boleh terlalu keruh.
  • Air kolam harus mengandung air sebesar 2 mg/liter
  • Derajat keasaman atau PH air kolam sekitar 7 sampai 8 ph standart
  • Lokasi kolam harus berada di ketinggian 50 sampai 400 mdpl

Ada berbagai jenis kolam ikan gurame yang bisa dipilih oleh para peternak. Anda bisa membuat kolam ikan dengan dinding tanah, dinding semen, atau dengan dinding terpal. Kolam dengan dinding terpal ada dua macam yaitu yang dibuat dengan tanah maupun denganbambu atau kayu. Dalam hal ini anda harus memilih kolam ikan yang sesuai dengan ketersediaan modal yang ada.

Budidaya ikan gurame merupakan salah satu usaha dengan prospek yang sangat cerah. Asalkan dilakukan dengan bersungguh sungguh, usaha budidaya ikan gurame bisa memberi keuntungan yang berlimpah.