Baca Juga :

Asuransi Perjalanan Zurich Online – Saat melakukan perjalanan, tentu banyak hal yang bisa terjadi apalagi jika tujuannya adalah negara lain. Tentunya hal-hal di luar dugaan sering terjadi sehingga akan lebih baik jika orang tersebut menggunakan asuransi perjalanan.

Dan saat liburan tiba, sebagian besar orang memilih untuk mengisi waktunya untuk berlibur. Oleh sebab itu, asuransi perjalanan Zurich online adalah salah satu solusi untuk melindungi perjalanan liburan seseorang.

Saat libur panjang tiba, tentu banyak orang yang menggunakan kesempatan ini untuk berlibur bersama keluarga. Namun, hal ini justru membuat banyak jalan dipadati oleh kendaraan dan tidak sedikit menyebabkan kecelakaan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Prasetyo di Mabes Polri Jakarta Selatan menjelaskan bahwa pada libur natal dan tahun 2019 kemarin, angka kecelakaan meningkat hingga 16% dari tahun sebelumnya.

Mengenal Asuransi Perjalanan Zurich

Asuransi perjalanan Zurich merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh Zurich Insurance Group. Perusahaan ini merupakan penyedia jasa asuransi yang melayani pasal lokal maupun global. Bukan hanya itu, Zurich memiliki lebih dari 55.000 karyawan yang siap untuk memberikan layanan terbaik untuk para nasabahnya.

Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1827 dengan kantor pusat di Zurich, Swiss. Sedangkan di Indonesia, perusahaan ini berdiri sejak tahun 1991 sebagai asuransi umum patungan. Di Indonesia, perusahaan ini mendaftarkan ke pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Indonesia dengan nama PT Zurich Insurance Indonesia.

Untuk itu, semakin banyaknya orang yang percaya untuk menggunakan layanan Zurich Insurance, membuat perusahaan ini terus bermotivasi untuk memberikan pelayanan terbaik. Salah satunya adalah pelayanan asuransi perjalanan Zurich online yang bisa diakses oleh nasabahnya hanya melalui laptop atau handphone saja.

Tentunya pelayanan secara online ini akan sangat membantu para nasabahnya jika ingin mengajukan klaim atas masalah yang dialaminya di perjalanan. Dengan begitu, nasabah hanya perlu mengajukan klaim secara online yakni melalui email resmi PT Zurich Insurance Indonesia.

Produk Asuransi Perjalanan Zurich

Asuransi perjalanan Zurich ini memiliki beberapa produk yang ditawarkan untuk nasabahnya. Hal ini dibuat berdasarkan kepentingan setiap nasabah berbeda satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa produk asuransi perjalanan yang dimiliki oleh Zurich.

1. Zurich Domestic Travel

Produk asuransi perjalanan Zurich online pertama yang dimiliki oleh Zurich adalah domestic travel. Produk ini akan memberikan layanan perlindungan saat bepergian di dalam negeri untuk nasabah dan keluarganya secara lengkap. Perlindungan yang diberikan oleh produk ini adalah mulai dari perlindungan bagasi, evakuasi medis, pembatalan perjalanan, dan juga pengobatan sakit dan kecelakaan.

2. Zurich Passport

Asuransi perjalanan ini juga memiliki produk perlindungan passport. Tentunya produk ini dapat memberikan perlindungan untuk nasabahnya saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Perlindungan tersebut berupa pemulangan medisdarurat, biaya pengobatan di luar negeri sebesar 100.000 USD, dan juga santunan tunai harian untuk rawat inap di luar negeri.

3. Zurich Umroh dan Haji

Produk selanjutnya dari asuransi perjalanan Zurich online adalah umroh dan haji. Tentunya produk ini hanya diperuntukan untuk nasabahnya yang melakukan ibadah haji atau umroh saja. Berbeda dengan produk lainnya, Zurich umroh dan haji ini merupakan asuransi perjalanan kelompok dengan batasan usia 1 hingga 80 tahun dan maksimal 10 orang.

4. Zurich Holy Land

Produk terakhir yang dimiliki oleh asuransi perjalanan Zurich adalah Holy Land. Jenis asuransi ini akan memberikan perlindungan perjalanan kepada para nasabahnya pada saat berada di Holy Land. Sama seperti umroh dan haji, produk ini juga diperuntukkan untuk kelompok dengan jumlah maksimal 10 orang.

Syarat Pembelian Asuransi Perjalanan Zurich

Untuk membeli asuransi perjalanan Zurich ini, tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah. Syarat tersebut berupa dokumen-dokumen penting dan juga formulir pendaftaran. Untuk dokumennya, calon nasabah harus menyertakan pas foto 3 x 4, fotokopi KTP/KITAS/SIM, dan dokumen lain yang dibutuhkan oleh perusahaan Zurich.

Sedangkan untuk formulir pendaftarannya berupa data pribadi, negara yang dituju, jenis perjalanan yang dilakukan, dan negara asal. Selain itu, ada juga nasabah harus mencantumkan tanggal keberangkatan dan memilih pengajuan asuransi apakah untuk kelompok atau pribadi.

Cara Klaim Asuransi Perjalanan Zurich

Untuk mendapatkan pelayanan asuransi perjalanan Zurich online, tentu nasabah harus melakukan pendaftaran. Setelah itu, nasabah bisa mengajukan klaim atas masalah yang nasabah tersebut temui. Namun, pelaporan ini tidak boleh lebih dari 150 jam atau 3 hari setelah terjadinya masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengajukan klaim asuransi perjalanan Zurich.

1. Klaim Biaya Pengobatan Lanjutan Santunan Tunai Harian

Untuk klaim secara online, bisa nasabah lakukan dengan mengirimkan email ke alamat Zurich Insurance. Selain itu, nasabah bisa mengajukan klaim yang sama mealui fax tau telepon. Namun, saat melakukan klaim secara online ini jangan lupa untuk menyertakan dokumen seperti fotokopi tiket penerbangan. Selain itu sertakan juga dokumen fotokopi paspor, dan formulir klaim yang telah ditandatangani.

2. Klaim Santunan Tunai Kematian Kunjungan Kematian

Pengajuan klaim untuk masalah ini membutuhkan dokumen tambahan yang berbeda dari sebelumnya. Dokumen tersebut diantaranya kwitansi asli tagihan hotel, visum et repertum, tiket penerbangan asli, asumsi kematian oleh pengadilan. Selain itu keterangan medis dari dokter yang merawat, akta kematian dan masih banyak lagi.

3. Klaim Kehilangan Bagasi Pribadi

Cara klaim asuransi perjalanan Zurich online untuk masalah ini juga tidak berbeda dengan cara sebelumnya. Hanya saja dokumen yang dibutuhkan sangat berbeda. Yakni laporan polisi jika hilangnya di tempat umum, PIR dari perusahaan penerbangan, bukti penggantian dari perusahaan penerbangan, dan kwitansi asli dari barang yang hilang.

4. Klaim Keterlambatan Bagasi

Untuk masalah keterlambatan bagasi, nasabah harus mengajukan klaim online melalui fax atau email. Selain itu, sertakan juga dokumen seperti PIR dari perusahaan penerbangan atau laporan penundaan. Kemudian sertakan juga surat pernyataan resmi keterlambatan atau penundaan dari perusahaan penerbanga, kwitansi dan juga tanda terima.

5. Klaim Tanggung Gugat Pribadi

Klaim atas tanggung gugat pribadi, bisa nasabah ajukan juga secara online. Dalam email atau fax yang dikirimkan, nasabah harus menyertakan surat tuntutan dari pihak ketiga dan foto kerusakan. Selain itu sertakan juga kronologisnya secara lengkap dan dokumen lain yang berkaitan dengan kejadian.

6. Klaim Biaya Pengobatan Darurat Untuk Pihak Ketiga

Untuk mengajukan klaim biaya pengobatan darurat untuk pihak ketiga, nasabah harus menyertakan dokumen kronologis kejadian lengkap. Kemudian sertakan juga kwitansi pengobatan asli yang berkaitan dengan kejadian pada saat mengirimkan email pengajuan klaim.

Itulah beberapa informasi mengenai asuransi perjalanan Zurich online yang menjadi pilihan banyak orang. Saat melakukan perjalanan baik di dalam negeri maupun luar negeri, tentu siapapun tidak bisa menduga apa yang akan terjadi. Dan dengan menggunakan asuransi perjalanan, tentu orang tersebut akan terlindungi jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Rerefensi:

Baca Juga :