Baca Juga :

Asuransi Mobil Terbaik – Memiliki kendaraan roda empat saat ini mungkin sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Pasalnya, di era modern saat ini mobilitas seseorang bisa saja sangat tinggi, mulai dari pergi bekerja, mengantar anak ke sekolah hingga berekreasi. Sama halnya kita yang juga membutuhkan perawatan, kendaraan kita juga membutuhkan perlindungan seperti asuransi mobil terbaik all risk dan TLO.

Kebutuhan kendaraan dalam keseharian Anda tersebut menjadi pertimbangan jika kendaraan roda empat Anda adalah aset yang sangat berharga dalam keluarga Anda atau dalam kehidupan sehari-hari Anda dalam hal akses transportasi yang mungkin akan sulit untuk dijangkau atau tidak memberikan kemudahan dalam keseharian Anda dan keluarga.

Oleh karena itulah, ketiadaan kendaraan Anda tersebut karena faktor kerusakan baik ringan maupun berat yang dapat mengganggu fungsionalitas kendaraan Anda mungkin sangat mengganggu mobilitas keseharian Anda.

Tak terkecuali mengingat dana yang cukup besar untuk melakukan service yang harus Anda keluarkan nantinya. Disinilah Anda membutuhkan asuransi kendaraan.

Lalu apa sebenarnya asuransi all risk itu? Asuransi all risk adalah jenis asuransi yang bisa diartikan menjadi asuransi ‘segala risiko’. Asuransi ini merupakan asuransi comprehensive atau keseluruhan yang berarti perlindungan asuransi ini akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan baik itu kerusakan ringan, rusak berat, juga termasuk kehilangan kendaraan Anda.

Itulah beberapa alasan utama mengapa kita lebih baik memilih asuransi all risk untuk kendaraan roda empat kita. Untuk Anda yang sedang mencari pilihan asuransi mobil terbaik all risk, berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan. Dalam memilih asuransi tak terkecuali asuransi kendaraan, Anda memang dituntut melakukan banyak pertimbangan sebelum memilih.

4 Rekomendasi Asuransi Mobil All Risk

  •  Asuransi Mobil Jasa Raharja Putera

Asuransi mobil terbarik all risk pertama yang direkomendasikan untuk Anda pertimbangkan adalah Asuransi Jasaraharja Putera. Jasaraharja Putera ini sendiri merupakan adalah perusahaan asuransi terpercaya yang sudah berdiri sejak tahun 1993 di Jakarta sehingga kredibilitasnya bisa Anda andalkan dengan produk unggulannya untuk asuransi mobil uakni JP-Astor.

JP-Astor sendiri bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk asuransi kendaraan Anda karena produk asuransi kendaraan ini memberi menjamin berbagai risiko kerugian mulai dari kerusakan hingga kehilangan dan juga jaminan tambahan seperti perlindungan dari bencana alam, terorisme, sabotase, dam lainnya serta jaminan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga.

Apabila Anda tertarik dengan produk asuransi yang ditawarkan oleh Jasaraharja Putera, Anda hanya perlu menyiapkan data seperti data tertanggung, lokasi dimana kendaraan Anda berada, okupasi atau penggunaan kendaraan, obyek pertanggungan, harga pertanggungan, hingga kondisi pertanggungan. Anda juga bisa melakukan pendaftaran secara online di situs resminya.

  • Asuransi Mobil Sinarmas

Rekomendasi selanjutnya untuk asuransi mobil terbaik all risk adalah asuransi mobil Sinarmas. Perusahaan yang juga memiliki kredibilitas baik ini merupakan produk asuransi yang menjamin perlindungan kerugian seperti dari kecelakaan, tindakan kriminal, sambaran petir, kebakaran, hingga kecelakaan dalam penyebrangan feri.

Tak hanya itu saja, apabila kerusakan tersebut terjadi membutuhkan pengangkutan atau penarikan ke bengkel akan diberikan biaya pergantian derek maksimum 0,5% dari jumlah pertanggungan yang ditetapkan.

Bila Anda tertarik untuk menggunakan asuransi mobil yang direkomendasikan tahun 2020 ini, Anda bisa mengajukan pembelian produk asuransinya secara online melalui laman resmi.

Namun apabila tidak memungkinkan, Anda juga bisa mengajukan pembelian polis dari bengkel-bengkel resmi yang telah bekerjasama dengan Asuransi Sinarmas. Ini juga yang menjadi salah satu keunggulan dari produk Asuransi Mobil Sinarmas yakni memiliki jaringan yang luas untuk bengkel-bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut.

  • Asuransi Mobil Allianz Utama Indonesia

Untuk rekomendasi asuransi mobil terbaik di tahun 2020-2021 berikutnya adalah Allianz Utama Indonesia. Perusahaan asuransi ini sudah memberikan jaminan untuk nasabahnya sejak tahun 1981 sehingga untuk kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Allianz sendiri menawarkan tiga jenis asuransi yakni Allianz Mobilku Grand, Allianz Mobilku Eco, dan Allianz Mobilku Non Paket.

Untuk produk asuransi Allianz Mobilku Grand sendiri memberikan jaminan perlindungan atas kerusakan atau kerugian yang terbatas karena kecelakaan, bencana alam, tindakan kriminal juga kebakaran. Biaya penggantiannya yang diberikan bisa sama atau bahkan lebih dari 75% dari harga kendaraan Anda.

Untuk produk asuransi mobil kedua yang ditawarkan oleh Allianz adalan Allianz Mobilku Eco. Produk ini memberikan jaminan perlindungan untuk nasabah dari kerugian karena faktor kecelakaan, bencana alam, mogok, yang mana termasuk juga pengobatan cidera badan untuk pengemudi sebesar 10% dari limit santunan kecelakaan diri.

Produk asuransi terakhir yang ditawarkan oleh Allianz adalan Allianz Mobilku Non Paket. Asuransi ini memberikan jaminan dari risiko berupa kerusakan atau kerugian baik akibat dari kecelakaan, bencana, mogok kendaraan, termasuk juga jaminan untuk pencurian yang mana bila ada harta benda yang terdapat dalam kendaraan akan diganti maksimal Rp 10 juta untuk setiap kendaraannya.

  • Asuransi Mobil Garda Oto

Rekomendasi selanjutnya untuk asuransi mobil terbaik All Risk di tahun 2020-2021 ini adalah Garda Oto. Garda Oto bisa dikatakan sebagai pilihan yang unggul karena memberikan kemudahan layanan yang diberikan.

Untuk produk unggulan dari Asuransi Astra ini sendiri ada dua tipe proteksi yaitu comprehensive dan total loss only yang akan melindungi kendaraan anda secara comprehensive.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa keunggulan dari Garda Oto adalah dalam kemudahan pelayanan seperti cara klaim mudah dari berbagai channel.

Anda bisa melakukan klaim mulai dari Garda Mobile Otocare, layanan 24 jam Garda Akses melalui nomor 1500112, melakukan klaim online di website resmi, hingga unit layanan strategis yanh ada di berbagai pusat perbelanjaan.

Tak hanya itu saja, Garda Oto juga memberikan layanan darurat yang bernama Garda Siaga untuk kondisi tak terduga seperti mogok, ban kempis dan bocor, pintu mobil terkunci dari dalam yang sangat cocok untuk pemilik kendaraan wanita. Tak hanya itu saja, Garda Siaga juga akan merespon layanan darurat karena kecelakaan fatal.

Garda Oto juga menyediakan Emergency Roadside Assistance (ERA) dengan 3 armada terbaik untuk standar pelayanannya mulai dari mobil derek, mobil gendong, dan sepeda motor. Dengan berbagai penawaran produk menarik dan layanan yang unggul tersebut, Anda bisa melakukan pembelian polis Garda Oto secara online melalui situs resminya.

Selain asuransi All Risk, ada pilihan lain untuk asuransi kendaraan roda empat Anda. Asuransi ini dianggap lebih murah ketimbang asuransi All Risk yang memang sepadan dengan ganti rugi yang diberikan kepada pemilik polis. Asuransi jenis lainnya itu disebut sebagai Asuransi TLO atau Total Lost Only. Ada beberapa perbedaan antara asuransi All Risk dan TLO yang harus Anda pahami.

Dari artinya dalam bahasa Indonesia saja, TLO sendiri berarti hanya kehilangan atau kerugian total yang artinya asuransi dapat diklaim jika kendaraan mengalami kehilangan atau mengalami kerusakan total yang diakinatkan oleh risiko yang tercantum dalam polis. Sedangkan kerugian total tersebut dipresentasikan apabila sama atau lebih besar dari 75 persen harga kendaraan.

Apabila kerusakan kendaraan yang dialami kurang dari presentasi tersebut maka Anda tidak bisa melakukan klaim. Namun bukan berarti Asuransi TLO tidak memiliki kelebihan sama sekali. Asuransi jenis TLO memiliki biaya premi yang lebih murah dan kendaraan yang bisa diasuransikan pun tidak terbatas pada kendaraan roda empat saja, melainkan juga kendaraan roda dua.

Selain harga premi yang mahal, asuransi All Risk juga sebenarnya tidak meng-cover seluruh kerugian yang kendaraan Anda alami. Hanya pada keadaan atau kondisi tertentu saja yang tercatat dalam polis. Oleh karena itulah, Anda perlu melakukan berbagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengambil asuransi yang ditawarkan.

Berikut ini ada beberapa asuransi mobil terbaik untuk asuransi berjenis TLO yang bisa Anda pertimbangkan. Beberapa dari perusahaan asuransi juga biasanya memiliki dua produk sekaligus yakni TLO dan juga All Risk. Hal itu akan memudahkan calon pemilik polis karena akan dengan mudah membandingkan antara produk yang satu dan lainnya.

4 Rekomendasi Asuransi Mobil TLO

  • Jasaraharja Putera

Jasaraharja Putera tidak hanya menawarkan asuransi berjenis All Risk saja, namun juga asuransi TLO yang mungkin Anda minati. Perusahaan yang sudah lama berdiri di Indonesia ini tentunya memiliki kredibilitas yang baik sehingga dapat dipercaya. Sama halnya asuransi All Risk yang ditawarkan, asuransi TLO Jasaraharja juga bisa didaftarkan dengan cara yang sama.

  • Adira

Nama Adira tentunya sudah tidak asing di telinga Anda. Salah satu perusahaan yang dikenal dengan penjualan spare part kendaraan bermotor ini juga menyediakan jenis asuransi TLO selain juga asuransi All Risk-nya. Berbagai penawaran bermanfaat yang ditawarkan adalah seperti  kamu; fasilitas mobil derek, kemudahan dalam proses klaim serta harga premi yang ekonomis.

  • Sinarmas

Selain menawarkan jenis asuransi All Risk, Sinarmas juga menawarkan asuransi jenis TLO meski memang asuransi TLO yang ditawarkan oleh Sinarmas sedikit berbeda karena TLO tersebut dikombninasikan dengan asuransi TPL. Meski demikian, biaya premi serta kredibilitas yang ditawarkan juga patut untuk Anda pertimbangkan.

  • Avrist

Selanjutnya untuk referensi lain asuransi dengan jenis TLO ini adalah Avrist. Avrist direkomendasikan oleh banyak pemilik polisnya. Avrist sendiri juga sebenarnya memiliki dua jenis asuransi yang ditawarkan yakni asuransi TLO dan juga satu lagi adalah asuransi dengan jenis All Risk. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, namun yang pasti adalah Anda perlu melakukan pertimbangkan sebelum pada akhirnya memutuskan salah satunya.

Lalu mana asuransi terbaik yang bisa Anda pilih? Asuransi TLO atau asuransi All Risk? Ada beberapa pertimbangan sebelum Anda memilih salah satunya termasuk pertimbangan sebelum Anda memilih jasa penyedia asuransi. Dan untuk membantu Anda dalam mempertimbangkannya, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih rekomendasi asuransi diatas.

  1. Kenali Lebih Dulu Kondisi, Lokasi dan Juga Penggunaan Mobil Anda

Sebelum memilih asuransi mobil yang tepat dan juga sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda terlebih dahulu harus memahami kondisi mobil Anda sendiri. Alasannya, untuk mobil keluaran terbaru dan mobil keluaran lama atau mobil yang sudah lama dipakai pastinya akan memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itulah layanan asuransi yang nantinya dipilih juga bisa berbeda.

Sebagai tips, jika harga mobil Anda tergolong tinggi yang mana akan membutuhkan biaya besar walaupun untuk kerusakan ringan, disarankan untuk memilih asuransi all risk. Sedangkan untuk pertimbangan lainnya adalah penggunaan mobil Anda. Ada baiknya jika Anda memilih Asuransi all risk bila penggunaan mobil Anda cukup padat seperti mobil rental yang rentan kerusakan ringan,

Tak hanya itu saja, lokasi dimana Anda dan mobil Anda juga berpengaruh dalam menentukan jenis asuransi apakah itu TLO maupun All Risk. Sebagai contoh, lokasi dimana Anda melakukan mobilitas sehari-harinya cukup lengang sehingha sangat jarang terjadi kecelakaan. Namun mungkin lingkungan Anda tersebut memiliki tingkat kriminalitas tinggi sehingga asuransi TLO lebih tepat.

  1. Pilihlah Asuransi Yang Sesuai Dengan Kebutuhan dan Juga Kemampuan

Poin kedua ini cukup jelas, karena tentunya Anda tidak ingin jika harus menunggak membayar premi. Akibat tunggakan tersebut, sudah pasti Anda tak akan mendapatkan manfaat asuransi secara maksimal. Oleh karena itu, pertimbangkan besar premi dengan pemasukkan Anda baik-baik.

Sebagai tips, rata-rata harga premi asuransi TLO berkisar antara 0,8 hingga 1 persen dari harga mobilnya sedangkan untuk All Risk berkisar antara 2 hingga 3 persen dari harga mobil. Selain mempertimbangkan pemasukkan Anda, ada baiknya jika Anda membandingkan besaran premi juga fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi diatas.

  1. Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Untuk tips melihat kredibilitas perusahaan asuransi dapat dilihat dari beberapa hal yakni yang pertama adalah rasio keluhan pelanggan, yang kedua adalah kualitas bengkel rekanan perusahaan, dan yang terakhir adalah bagaimana prosedur klaim asuransinya, apakah menyulitkan nasabah atau tidak.

Dan untuk mendapatkan informasi diatas tentu Anda tidak bisa mendapatkannya dari agen asuransi, namun Anda bisa mencarinya dari berbagai sumber, seperti dari Internet hingga bertanya langsung pada nasabah asuransi mobil yang ingin Anda beki dan satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah memilih perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  1. Perhatikan Layanan Yang Ditawarkan

Perusahaan asuransi pastinya akan menawarkan berbagai fasilitas, fitur dan juga layanan yang menarik lainnya. Oleh karena itulah, jadikan ini sebagai salah satu pertimbangan selain biaya premi yang harus dibayarkan. Akan sia-sia nantinya bila Anda membayar premi ringan namun sangat minim fasiltias, fitur dan juga layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Untuk apa saja layanan, fitur hingga fasilitas yang ditawarkan tentunya Anda bisa menanyakan langsung pada agen asuransinya karena sudah pasti jika agen tersebut menjelaskan secara mendetail keuntungan apabyang akan Anda dapatkan. Dari situ Anda hanya perlu membandingkannya dengan asuransi lainnya,

Sebagai tips, beberapa fitur layanan yang seringkali ditawarkan adalah fasilitas mobil derek, pengadaan mobil pengganti, mobil ambulans, hotline service, dan juga sebagainya.

  1. Cek Layanan Bengkel Rekanan

Salah satu yang tak boleh dilupakan dalam memilih asuransi yang memiliki fasilitas yang baik untuk kendaraan adalah keberadaan dari bengkel rekanan. Alasannya tentu saja jika terjadi sesuatu pada mobil Anda, nantinya bengkel rekananlah yang akan mengurus mobil Anda hingga kembali menjadi seperti semula.

Apabila bengkel rekanan tersebut baik dan memiliki reputasi yang baik pula, maka hasil dari  bengkel rekanan yang memiliki reputasi yang baik tersebut akan menghasilkan pekerjaan yang baik. Namun sebaliknya, jika reputasinya buruk maka Anda perlu berhati-hari dalam melakukan servisnya. Sebagai tips, pilih perusahaan asuransi yang bengkel rekanannya dekat lokasi Anda.

Besarnya biaya asuransi mobil tergantung dari jenis asuransi yang dipilih. Selain itu, tergantung juga pada perusahaan penyedia asuransi tersebut. Tentunya setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Namun, pada dasarnya, tarif premi yang dibayarkan berdasar pada ketentuan dari Surat Edaran OJK (Otoritas Jasa Keuangan) nomor 6/SEOJK.05/2017 mengenai Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017.

Berikut adalah detail rate biaya asuransi yang mesti dibayarkan untuk masing-masing jenis TLO (Total Loss Only) serta Comprehensive (All Risk).

Pertanggungan Comprehensive (All Risk)

Kategori Uang Pertanggungan Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Sumatera dan sekitarnya DKI Jakarta, Jabar, dan Banten Luar Wilayah 1 dan 2
Batas Bawah Batas atas Batas Bawah Batas Atas Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp 0 sampai Rp125 juta 3,82% 4,20% 3,60% 3,59% 2,53% 2,78%
Kategori 2 > Rp 125 juta sampai Rp 200 juta 2,67% 2,94% 2,47% 2,72% 2,69% 2,96%
Kategori 3 > Rp 200 juta sampai Rp 400 juta 2,18% 2,40% 2,08% 2,29% 1,79% 1,97%
Kategori 4 > Rp 400 juta sampai Rp 800 juta 1,20% 1,32% 1,20% 1,32% 1,14% 1,25%
Kategori 5 > Rp 800 juta 1,05% 1,16% 1,05% 1,16% 1,05% 1,16%

Pertanggungan TLO

Kategori Uang Pertanggungan Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Sumatera dan sekitarnya DKI Jakarta, Jabar, dan Banten Luar Wilayah 1 dan 2
Batas Bawah Batas atas Batas Bawah Batas Atas Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp 0 sampai Rp125 juta 0,47% 0,56% 0,65% 0,78% 0,51% 0,56%
Kategori 2 > Rp 125 juta sampai Rp 200 juta 0,63% 0,69% 0,44% 0,53% 0,44% 0,48%
Kategori 3 > Rp 200 juta sampai Rp 400 juta 0,41% 0,46% 0,38% 0,42% 0,29% 0,35%
Kategori 4 > Rp 400 juta sampai Rp 800 juta 0,25% 0,30% 0,25% 0,30% 0,23% 0,27%
Kategori 5 > Rp 800 juta 10,20% 0,24% 0,20% 0,24% 0,20% 0,24%

Jadi, besarnya biaya yang harus Anda bayarkan untuk premi asuransi adalah sejumlah harga dari kendaraan Anda, lalu dikalikan dengan rate asuransi yang ditetapkan oleh perusahaan.

Itulah beberapa asuransi mobil terbaik all risk yang bisa Anda pertimbangkan. Namun, untuk lebih lengkapnya ada baiknya jika Anda mengunjungi agen asuransi dari perusahaan asuransi yang direkomendasikan diatas untuk mendapatkan informasi secara lengkap tak terkecuali yang paling penting adalah biaya dari polis asuransi tersebut.

Setelah itu, baru Anda bisa membandingkan kembali mana asuransi yang paling tepat untuk kendaraan Anda dan juga mana yang memberikan kemudahan untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memberikan informasi seputar asuransi kendaraan Anda. Tetap aman dalam berkendara dan tetap terlindungi dengan asuransi mobil all risk dan TLO yang tepat.

Note: Update harga dan biaya premi mungkin dilakukan perusahaan asuransi secara berkala, jika anda menemukan data yang sudah tidak relevan silahkan hubungi kami via contact untuk meng edit artikel diatas. Terima kasih.

Baca Juga :