Sekolah Barista Terbaik – Seperti yang kita ketahui bahwa belakangan ini berbinsis menjadi salah satu tren baru di masyarakat kita. Tidak sedikit yang akhirnya berpindah dari bekerja kemudian memutuskan untuk berbisnis. Ada banyak juga alasan yang disampaikan. Mulai dari kejenuhan bekerja, hingga anggapan bahwa bekerja kini tak lagi dapat mencukupi kebutuhan, sehingga banyak yang beralih ke berbisnis atau membuka bisnis.

Membuka bisnis seringkali dijadikan opsi karena anggapan bahwa dengan berbisnis kita bisa mendapatkan banyak keuntungan yang bisa membantu kita mencapai kebebasan finansial.

Berbicara soal berbisnis sebagai jalan mencapai kebebasan finansial, beberapa tahun belakangan ini ada satu bisnis yang cukup “ramai” dicoba. Bisnis ini merupakan salah satu cabang dari bisnis kuliner.

Bisnis yang terlihat mudah namun sebenarnya tidak sebegitu mudah. Ya, bisnis coffee shop. Anda tentu masih ingat bukan bahwa semenjak ada buku dan film tentang kopi, banyak anak muda yang kemudian tertarik untuk membuka usaha coffee shop atau magang menjadi barista di kedai-kedai kopi yang ada.

Sebenarnya, berbicara soal kopi, minuman yang dapat dibilang menjadi favorit kita semua ini memang sudah lama menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat kita. Namun frekuensi kemunculan usaha dalam bidang ini baru muncul beberapa tahun belakangan ini.

Ngopi apalagi di coffee shop  memang seringkali dipilih bukanhanya karena bisa mengobati rasa kantuk, namun juga sebagai sarana bersosialisasi. Kalau ada kata “nongkrong yuk”, tempat pertama yang terlintas di pikiran kita tentu coffee shop bukan? Nah.

Berbicara soal coffee shop, ada banyak coffee shop-coffee shop berkarakter yang kini banyak tersebar. Ada beberapa hal yang membuat sebuah coffee shop dapat dengan mudah dikenali. Yang pertama, tempatnya. Soal tempat, kita sebagai konsumen tentu suka coffee shop yang cozy dengan dekorasi interior yang menarik bukan? Tapi tentunya kenyamanan yang paling utama, biasanya. Selain tempat, faktor rasa biasanya cukup berpengaruh juga.

Tempatnya nyaman,tapi sajiannya kurang enak, atau kopinya terlalu hambar, orang tentu akan malas untuk kembali lagi, bukan? Nah berbicara soal kopi yang enak, peran barista sangat penting disini. Untuk mendapatkan secangkir kopi nikmat tidak dapat dibuat dengan sembarangan ya.

Mungkin bagi Anda yang tidak tertarik di dunia perkopian akan bertanya, apa sih susahnya bikin kopi? Nah ini. Jika kita membuat kopi sachetan, tentu akan dengan mudah membuatnya. Tinggal masukkan kopi, gula, air panas, aduk. Namun dengan rasa yang biasa-biasa saja.

Di cofee shop, biasanya Anda akan ditangani oleh barista-barista profesional yang memang sudah mengerti tentang ilmunya. Jadi kopi jenis ini akan sangat cocok jika dibuat dengan mesin yang mana, suhu berapa derajat dan berapa lama agar rasanya tetap terkunci dan tentunya menghasilkan kopi yang enak.

Tidak sembarangan, para barista ini biasanya sudah “pergi ke sekolah” barista terlebih dahulu, atau telah mengikuti training atau pelatihan barista yang membuat mereka certified untuk menjadi barista.

Related Post

Rata-rata barista sudah melewati proses pelatihan ini sebelum akhirnya terjun langsung ke coffee shop, namun tidak sedikit pula yang belum melakukan hal ini, sehingga kemampuan yang ad abelum maksimal.

Nah bagi anda yang tertarik dengan dunia perkopian, sudah menjadi barista namun belum pernah mengikuti pelatihan/training sebelumnya, atau bagi Anda yang tertarik untuk menjadi barista, tidak ada salahnya untuk mengikuti sekolah barista atau training atau pelatihan barista terlebih dahulu.

Seperti layaknya investasi, mengikuti program di sekolah barista akan memberikan kita investasi jangka panjang yang bisa kita manfaatkan seumur hidup. Sekali bayar, manfaatnya seumur hidup, mantap bukan? Nah di sekolah barista, ada banyak hal yang akan kita dapatkan.

Selain pengetahuan, hal penting yang akan kita dapatkan adalah pengalaman. Mengikuti program di sekolah barista atau mengikuti pelatihan dan training seputar dunia perkopian memang penting hukumnya bagi kita yang tertarik di dunia perkopian dan ingin bergabung menjadi barista.

Jika anda masih belum memiliki gambaran dimana kiranya bisa mengikuti program di sekolah barista terbaik, ada satu sekolah barista terbaik di daerah Jogja yang sudah banyak meluluskan trainee-trainee bagus yakni di Coday Coffee Lab and Roastery. Di Coday Coffee Lab and Roastery ini kita bisa memilih program-program training di sekolah barista terbaik dengan harga yang cukup bersaing.

Ada cukup banyak pilihan pelatihan barista yang ditawarkan oleh Coday bagi Anda yang tertarik di bidang perkopian, seperti :

  1. Materi dasar kopi
  2. Manual Brewing
  3. Espresso dan Latte art
  4. Manajemen Kedai.

Nah lalu berapa biaya yang harus kita keluarkan? Sangat terjangkau yakni mulai dari satu jutaan saja.

Dengan satu jutaan saja, kita sudah bisa mendapatkan materi sekolah barista terbaik dengan :

  1. Pendampingan oleh trainer berpengalaman baik sebelum maupun setelah trainign
  2. Sertifikat
  3. Alat tulis
  4. Ebook
  5. Makan + coffee break

Dan menariknya, ada bonus juga yang bisa kita dapatkanjika kita mengikuti program training barista di sekolah barista terbaik Coday ini yakni: T-shirt, alat manual brewing, sharing dengan trainer-trainer berpengalaman dan masih banyak lagi. Itu yang akan anda dapatkan jika mengambil program training materi dasar pengetahuan tentang kopi dan manual brewing.

Nah pada saat materi espresso dan latte art, di sekolah barista terbaik ini kita akan mempelajari bagaimana membuat latte art dengan menggunakan alat-alat yang ada. Lalu jika anda mengambil materi manajemen kedai,kita akan diajari bagaimana mengelola kedai kopi yang kita miliki dengan benar. Materi yang ada melingkupi foodcost, pemilihan menu, bussiness plan, manajemen kedai, dan banyak lainnya.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa dengan mengikuti program ini, kita sama saja seperti sedang berinvestasi jangka panjang. Sekali saja kita mengikuti program di sekolah barista terbaik ini kita akan mendapatkan manfaatnya seumur hidup.

Kita bisa gunakan pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki untuk mengembangkan coffee shop yang kita miliki, atau mendaftar sebagai barista di kedai kopi idaman Anda dengan percaya diri karena kita sudah memiliki sertifikat pelatihan yang berarti kita sudah layak untuk bekerja sebagai barista.

Jika Anda mencari sekolah barista terbaik namun belum menemukan dimana kiranya, silahkan cek bagian bawah dari halaman ini karena disana Anda bisa menemukan alamat dan contact untuk mengikuti program training barista di sekolah barista terbaik.

Bagi Anda yang berdomisili di Jogjakarta dan sekitarnya, langsung saja datang atau hubungi nomor yang tertera di bagian bawah halaman ini, atau silahkan langsung saja cek lokasi di Coday Coffee Lab and Roastery yang terletak di jalan Ahmad Wahid, Mantup, Bantul, Yogyakarta.

Jangan ragu untuk datang langsung karena Anda bisa menyaksikan sendiri bagaimana dan apa saja yang Ada di Coday. Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit informasi mengenai sekolah barista terbaik ya!