6 Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa Yang Sangat Menguntungkan

0
2445

Peluang usaha sampingan mahasiswa – Kampus adalah tempat untuk mahasiswa menimba ilmu. Tetapi bagi mahasiswa yang cukup kreatif, selain sebagai suatu tempat menimba ilmu, kampus juga menjadi tempat belajar untuk membuka peluang usaha sampingan mahasiswa.

Bahkan bisa juga digunakan untuk merintis bisnis yang bahkan lebih serius, sebagai awal dari sebuah bisnis yang akan nantinya ditekuni setelah lulus kuliah. Sudah banyak sekali fakta yang membuktikan bahwa dalam kampus selain jadi tempat belajar materi perkuliahan, juga bisa menjadi titik awal para mahasiswa untuk bisa merintis bisnisnya dari nol.

Beragam peluang usaha sampingan mahasiswa untuk dicoba, baik itu bisnis yang membutuhkan suatu modal besar maupun bisnis yang tidak membutuhkan modal. Bisnis mahasiswa itu bisa berupa bisnis online ataupun bisnis yang dijalankan dengan secara nyata atau offline. Berikut ini merupakan beberapa peluang bisnis yang bisa dicoba oleh para mahasiswa:

  1. Bisnis Kursus Private

Peluang usaha sampingan mahasiswa kursus private adalah bisnis sampingan yang tidaklah memerlukan modal. Tetapi bisnis ini menuntut para mahasiswa yang menjalankannya memiliki keterampilan dan juga keahlian khusus.

Misalnya saja untuk bisnis kursus private matematika, sangat cocok bagi mahasiswa yang mengambil jurusan matematika. Kursus matematika ini banyak dicari oleh orang tua murid, dikarenakan matematika ini diajarkan sejak pendidikan dasar dan juga diujikan di ujian nasional. Ini adalah ladang emas yang baiknya dicoba para mahasiswa.

  1. Bisnis Jualan Barang Bekas

Peluang usaha sampingan mahasiswa dengan bisnis penjualan barang bekas yang merupakan bisnis sampingan yang memerlukan adanya modal. Bisnis ini sendiri memerlukan kecermatan dalam membaca peluang.

Karena barang-barang yang dijual adalah barang bekas yang seringkali disepelekan oleh banyak sekali orang, tetapi merupakan barang yang cukup berarti bagi sebagian orang yang membutuhkannya.

Seperti misalnya dalam membeli kipas angin pada pasar barang bekas, lalu dijual kembali kepada teman-temannya di kampus yang membutuhkan kipas di kamar kosnya. Semakin cermat kita membaca peluang, semakin kecil pula modal yang akan dibutuhkan dan akan semakin besar juga laba yang didapat.

  1. Bisnis Jasa Foto dan Video

Peluang usaha sampingan mahasiswa Bisnis jasa foto dan video ini juga adalah suatu bisnis sampingan mahasiswa yang erat berhubungan dengan hobi. Bisnis ini biasanya dilakukan mahasiswa jurusan fotografi, jadi mereka bisa berbisnis sekaligus mengaplikasikan materi yang mereka dapat di kampus.

Meskipun awalnya hanya sebagai suatu bisnis sampingan waktu kuliah, tapi bisnis ini berpotensi besar bila dilakukan dengan baik dan mendapatkan manajemen yang bagus. Sehingga bisa jadi rintisan bisnis yang serius setelah nantinya lulus kuliah nantinya.

  1. Bisnis Hiburan Musik

Peluang usaha sampingan mahasiswa Bisnis hiburan musik adalah bisnis yang cocok bagi para mahasiswa yang memiliki hobi nge-band. Dalam bisnis ini sendiri mahasiswa dituntut untuk dapat menyanyi ataupun menguasai salah 1 dari alat musik, kemudian jadi penghibur di cafe yang memang menyediakan fasilitas yang full musik bagi para pengunjungnya.

Hal ini merupakan salah satu bisnis sampingan yang lumayan honornya. Bahkan jika kita bisa mengumpulkan personel band kita sendiri untuk jadi professional performer di kafe ke kafe.

  1. Bisnis Jasa Penulis

Peluang usaha sampingan mahasiswa dalam Bisnis jasa penulis adalah bisnis online mahasiswa yang mmpunyai hobi menulis. Selain jadi penulis online para mahasiswa juga dapat mencoba menjadi seorang kontributor sebuah situs online.

Bahkan jika dapat membuka jasa penulisan online sendiri, kemudian mempromosikannya pada media sosial dan juga dunia maya. Jika tulisan kita enak dibaca manusia dan mesin pencari google, pelanggan akan memberikan nilai plusnya untuk bisnis online kita.

  1. Bisnis Jasa Desain Grafis

Peluang usaha sampingan mahasiswa Bisnis jasa dalam desain grafis merupakan bisnis yang membutuhkan modal kecil. Tetapi bisnis ini sendiri menuntut ketrampilan dalam mengoperasikan software, misalnya saja software photoshop untuk membuat desain grafisnya.

Bisnis ini mempunyai prospek yang cerah, dikarenakan banyak orang yang butuh, seperti tugas membuat desain grafis dari teman, membuat desain kaos, dan jasa desain website, edit foto dan ada juga jasa desain lainnya, khususnya dari mereka yang suka desain atau seni.

Demikianlah 6 Peluang usaha sampingan mahasiswa yang bisa anda aplikasikan untuk dikembangkan, semoga bermanfaat.

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY