6 Jenis Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Memiliki Potensi Besar

0
521
6 Jenis Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Memiliki Potensi Besar
6 Jenis Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Memiliki Potensi Besar

Bisnis ibu rumah tangga – Bagi banyak wanita bekerja di kantor kerap menjadi buah simalakama. Kewajiban kodrati untuk merawat anak dan mendampingi suami kerap menjadi pertimbangan terberat ketika harus memutuskan keluar dari rumah.

Oleh karenanya sering kali pilihan favorit mereka adalah menjalankan bisnis ibu rumah tangga. Harapannya dengan menjalankan bisnis dari rumah ini, para wanita tetap bisa mencari nafkah sembari merawat anak-anak dan menjalankan tugas rumah tangga mereka.

Sayangnya, ide super ini mereka pandang dengan cara sempit. Mereka melihat bisnis ibu rumah tangga hanya memiliki potensi kecil dengan kemampuan menghasilkan yang ala kadarnya. Padahal sebenarnya Anda bisa mendulang hasil besar dari bisnis ini, meski tanpa meninggalkan rumah Anda.

Ketika Anda memandang bisnis ibu rumah tangga adalah sumber penghasilan ala kadarnya, maka sudah bisa Anda pastikan, hasilnya memang akan ala kadarnya, tetapi ketika Anda yakin Anda bisa sukses dengan bisnis Anda, Anda bahkan bisa melampaui pemikiran Anda sendiri. Setidaknya ada beberapa bisnis rumahan yang layak Anda lirik dan memang memiliki potensi super.

Menariknya terdapat dua penggolongan bisnis dari rumah, yakni bisnis online dan bisnis offline. Khusus untuk kali ini saya akan mencoba membahas mengenai bisnis rumahan offline yang cocok untuk ibu rumah tangga. Anda bisa mendapatkan informasi lain mengenai bisnis rumahan ala online pada kesempatan yang lain.

Bisnis dari rumah yang bersifat offline biasanya menjadi pilihan terbanyak bagi para wanita karena biasanya mereka mengandalkan kemampuan dan hobi yang dekat dengan wanita. Sedang bisnis online setidaknya memaksa mereka untuk belajar mengenai dunia publisher.

Lalu apa sajakah bisnis ibu rumah tangga yang memiliki potensi besar?

  1. Usaha catering
    Khusus untuk Anda yang memiliki hobi memasak dan penggemar kuliner, ide semacam ini sangat cocok dengan kegemaran Anda. Anda bisa mengawali dari sajian andalan Anda dengan melayani konsumen dari lingkungan Anda.
    Secara bertahap bukan mustahil Anda bisa mengembangkan usaha Anda dengan meluaskan konsumen dengan menjalin kerjasama dengan usaha Wedding dan Event Organiser atau dengan promosi ke instansi dengan melayani catering makan siang kantor dan sekolah. Tidak sedikit catering ternama yang bermula dari dapur kecil.
  2. Usaha Bimbel
    Salah satu bisnis rumahan yang layak pula Anda jajal adalah bisnis bimbel. Kebutuhan bisnis ini sangat besar dengan ragam jenis materi yang bisa Anda pilih. Mulai dari bahasa asing, matematika, kursus menjelang ujian hingga calistung.
    Modal bisnis ini sangat ringan karena hampir sebagian besar modal bisa Anda tanggungkan pada konsumen Anda. Soal potensi sebenarnya sangat besar, semua bergantung pada kesiapan Anda menampung siswa dan kemampuan Anda dalam menyampaikan materi. Standar kepuasan konsumen adalah ketika siswa Anda menunjukan progress dalam memahami materi dengan cepat.
  3. Usaha butik dan modiste
    Rata-rata wanita menyukai dunia fashion, jadi bila Anda memiliki ketertarikan dengan dunia ini sekaligus memiliki keahlian dengan dunia jahit menjahit ide ini bisa menjadi brillian untuk Anda jalankan. Anda bisa mengawali usaha jahit Anda denga  melayani kebutuhan dari lingkungan sekitar Anda dulu.
    Untuk bisa mengembangkan usaha dengan baik, Anda tidak hanya harus jago menjahit tetapi juga memiliki pemahaman yang baik dengan dunia fashion. Anda harus bisa memberi konsultasi model dan gaya kepada konsumen Anda sesuai kebutuhan dan persoalan mereka. Jangan bosan untuk terus belajar fashion terutama mengenai trend terbaru.
  4. Usaha persewaan
    Untuk usaha satu ini harus saya akui modalnya memang lebih besar. Anda harus menyiapkan barang sewaan dengan kualitas baik untuk memulai usaha. Ada beragam usaha persewaan yang bisa Anda coba, seperti persewaan peralatan bayi, persewaan mainan anak, persewaan kendaraan sampai persewaan buku.
    Untuk mengembangkan usaha Anda harus tekun untuk terus menambah koleksi serta tetap menjaga kualitas barang sewaan dalam keadaan prima. Usaha macam ini cenderung tidak terlalu memakan waktu, tetapi membutuhkan ruang simpan yang luas.
  5. Usaha laundry
    Siapa sangka urusan bersih-bersih macam ini juga memiliki potensi menjadi bisnis besar. Tidak sedikit usaha laundry yang bisa menjadi besar meski berawal dari garasi. Jangan ragu untuk terus berpromosi di kawasan sekitar hunian Anda.
    Biasanya pelanggan laundry lebih suka memilih jasa pencucian di sekitar kawasan tinggal mereka. Anda bisa menemukan beberapa tips sederhana dalam menjalankan dan mensukseskan usaha laundry di sini.
  6. Usaha Kelontong
    Ini dia si usaha seribu umat yang sudah menjadi salah satu pilihan bisnis rumahan sejak jaman dulu. Anda menyediakan aneka kebutuhan sehari-hari sampai jajanan anak. Usaha satu ini tidak boleh tertinggal dalam daftar bisnis dari rumah. Karena selain bisnis ini memang sangat mudah Anda jalankan di rumah, modal juga bisa bertahap, usaha ini juga memiliki potensi besar. Apalagi kalau hunian Anda berada di kawasan ramai.

Anda bisa lihat bukan? Kebanyakan bisnis rumahan selalu bergerak pada industri domestik atau sesuatu yang ala rumahan, terutama hal-hal yang berbau kebutuhan rumah tangga. Karena industri domestik memang menjadi salah satu hal yang pada umumnya sangat dikuasai para wanita. Dari banyak bisnis ibu rumah tangga di atas adakah yang cocok dengan Anda? -Tim Siap Bisnis-

 

LEAVE A REPLY